Apa Itu Backlink, Dampak Menggunakan Backlink

Beberapa ahli SEO selalu memperbincangkan backlink, sebagai pemula, kami yakin bahwa anda masih belum begitu paham dengan backlink, apa itu backlink, serta manfaatnya untuk blog.

Baclink adalah semua link dari situs lain yang mengarah ke situs kita, baik ke homepage ataupun ke postingan.

Backlink juga merupakan salah satu contoh dari penerapan SEO pada blog, jadi tidak heran, ahli SEO selalu memburu backlink.

Backlink

Pada dasarnya, semua link yang mengarah dari blog lain ke blog kita memiliki manfaat yang baik di mata Google, asalkan pemberian link tersebut dilakukan dengan cara yang benar.

Lho, emang ada pemberian backlink dengan cara yang salah ?

Ada, misalnya anda menyebar link blog pada komentar-komentar di situs lain, menggunakan backlink generator atau anda sengaja membayar seseorang untuk menempatkan backlink pada situs mereka.

Teknik menyebar link pada komentar dilakukan oleh pemain SEO zaman dulu, karena dulu google menganggap semua backlink itu bermanfaat.

Jika begitu, kenapa ada orang yang menawarkan jasa backlink ?

Selama Google tidak mengetahui bahwa link yang mengarah kesitus anda adalah hasil dari membeli jasa, maka backlink tersebut akan berdampak baik kepada situs anda.

Namun apabila Google sudah mengetahuinya, situs anda akan dipandang jelek oleh Google atau bahkan situs tidak akan ditampilkan lagi di search enggine google.

Backlink Checker

Kita dapat memeriksa berapa banyak situs kita mendapatkan backlink dari situs lain melalui backlink checker.

Ada banyak tools yang dapat digunakan untuk mengecek backlink, salah satunya bisa menggunakan situs https://websiteseochecker.com.

Cara Mendapatkan Backlink Untuk Pemula

Kami sedikit berbagi kepada pemula yang ingin mendapatkan backlink yang baik, yaitu dengan membuat backlink profile.

Banyak situs yang menyediakan backlik profile, misalnya di Github.

Anda bisa membuat akun Github kemudian menambahkan situs web di profile. Setelah menambahkan situs web di profile, akunnya juga di update ya, misalnya dengan memberikan source code gratis buatan anda sendiri di github.

Jika anda membangun situs untuk jangka panjang, kami sarankan patuhi aturan-aturan atau kebijakan dari Google, termasuk dengan cara penerapan backlink.

Biar sedikit mendapatkan backlink, asalahkan backlink tersebut berkualitas.