Arsip Kategori: Desain Rumah

Pada kategori ini kami akan membahas mengenai desain rumah, mulai dari rumah minimalis, modern dan rumah mewah.

Selain itu kami juga akan membahas mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan pembangunan rumah atau gedung

Upah Tukang Bangunan 2021 Standar Pamerintah

Upah Tukang Bangunan 2021 Standar Pamerintah

Ketika membangun rumah, upah tukang tentunya perlu diperhitungkan, lalu berapa sih upah tukang bangunan 2021 standar pamerintah ?.

Ada 2 macam jenis upah tukang, yaitu upah tukang borongan dan upah tukang harian.

Selain itu, biasanya upah tukang juga berbeda sesuai dengan jenis pekerjaannya, seperti tukang cat, tukang pasang keramik, tukang plaster atau tukang pasang batu bata.

Upah Tukang Bangunan 2021 Standar Pamerintah

Berbicara tentang upah tukang bangunan untuk membangun rumah tentunya hal yang pertama di pertimbangkan adalah latar belakang tukang tersebut.

Jangan sampai anda menggunakan tukang yang salah, karena ini akan berdampak buruk pada rumah impian anda sendiri.

Sebelum menggunakan jasa tukang, cari informasi terlebih dahulu mengenai latar belakang tukang tersebut.

Setelah mendapatkan informasi tentang latar belakang si tukang, jika latar belakangnya tidak bagus sebaiknya jangan di pakai, namun apabila bagus segeralah untuk melakukan negosiasi mengenai upah, agar tidak di dahulukan oleh orang lain.

Sebelum melakukan negosiasi mengenai upah, sebaiknya mencari informasi tentang upah tukang bangunan 2021 standar pamerintah sebagai referensi.

Tujuannya adalah agar upah untuk membangun rumah anda tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah.

Memberikan upah tukang yang rendah tentunya juga akan beresiko, bisa saja si tukang bermain pada material agar bisa menambah uang masuk untuk mereka.

Sebenarnya tidak ada upah tukang bangunan yang di tetapkan oleh pamerintah, namun upah tukang itu biasanya mahal atau murah dikarenakan faktor lokasi atau pengalaman dari tukang tersebut.

Upah Tukang Borongan

Dari pada menggunakan jasa tukang harian, lebih baik menggunakan jasa tukang borongan, karena kebanyakan tukang harian bekerja lebih santai dan bermalas-malasan, berbeda dengan tukang borongan, dimana tukang borongan menginginkan pekerjaan nya cepat selesai.

Sebagai patokan, biasanya upah tukang borongan sama dengan biaya untuk pembelian material rumah dan juga bisa dua kali lipatnya.

Misalnya perkiraan untuk membeli material rumah anda berkisar Rp. 50.000.000, maka upah tukang borongan tersebut sama yaitu Rp. 50.000.000 dan juga bisa lebih, jadi total keseluruhan untuk membangun rumah Rp. 100.000.000.

Upah tukang di atas belum termasuk biaya arsitek, apabila anda menggunakan jasa arsitek.

Kami rasa untuk membangun rumah dengan biaya dibawah Rp. 300.000.000 tidak memerlukan jasa arsitek.

Biasanya jasa arsitek diperlukan untuk membangun rumah mewah dan rumah bertingkat.

Upah Tukang Harian

Memiliki dana yang terbatas tentunya tidak bisa menggunakan jasa tukang borongan, solusinya adalah menggunakan jasa tukang harian.

Tukang harian juga dibedakan berdasarkan jenis pekerjaan dan tanggung jawab mereka masing-masing.

Tabel Umum Upah Tukang Harian

PekerjaanSatuanHarga
Upah TukangPer HariRp. 150.000 – Rp. 200.000
Tukang CatPer HariRp 80.000 – Rp. 100.000
Tukang UmumPer HariRp. 100.000 – Rp. 130.000

Tabel upah tukang harian adalah harga yang umum, tapi tergantung juga dengan kota dan propinsi anda berada, tapi kami rasa tidak akan jauh berbeda.

Desain Rumah Tingkat Samping Kiri

Desain Rumah Tingkat Samping Kiri

Model desain rumah tingkat samping kiri kini sudah banyak di bangun di indonesia, mungkin karena model rumah seperti ini lebih enak di pandang mata dan nyaman dihuni.

salah satu cara untuk memiliki rumah yang bertingkat namun dengan biaya yang sangat minim adalah dengan cara mebuat lantai dua hanya pada bagian kiri saja, tidak full seluas lantai satu.

Pada gambar rumah di atas dapat anda lihat bahwa pada bagian kiri ada lantai 2 yang berukuran kecil mungil.

Meskipun kecil, pada tingkat dua di atas bisa diberi satu kamar tidur untuk tidur anak-anak.

Rumah ini bisa dibuat dengan ukuran 8 x 6 Meter ataupun 8 x 8 Meter, tergantung dengan luas tanah dan biaya yang anda miliki.

Lebar lantai 2 yaitu sekitar 3 Meter dan panjang ke belakang bisa menyesuaikan.

3 Model Rumah Tingkat Minimalis Terbaru

Rumah Tingkat Minimalis Terbaru

Model rumah tingkat minimalis memang paling banyak diminati oleh penduduk di kota maupun di desa, karena model rumah ini bisa menekan biaya dalam pembuatannya.

Rumah minimalis yang bertingkat tentunya bisa menempatkan banyak kamar tidur sehingga sangat cocok untuk anda yang memiliki banyak anak ataupun memiliki keluarga besar.

Rumah Tingkat Minimalis Terbaru

Membangun rumah tentunya menyesuaikan dengan ukuran lahan tanah bangunan, bagi anda yang ingin memiliki banyak kamar tidur di dalam rumah, namun lahan untuk membangun rumah terbatas, maka solusinya adalah dengan membangun rumah tingkat minimalis.

Dibawah ini kami akan memberikan beberapa contoh model rumah minimalis yang bertingkat, mungkin saja bisa anda jadikan sebagain inspirasi ketika ingin membangun rumah.

Rumah Minimalis Tingkat Dua

Ini adalah rumah minimalis bertingkat dua model terbaru, khususnya untuk di negara indonesia, tangga untuk naik ke tingkat dua ada di belakang garasi mobil, jadi untuk naik ke lantai 2 tidak perlu masuk kedalam ruangan lantai satu lebih dulu.

Ketika anda menginginkan rumah yang seperti ini, pastikan bahwa di sekeliling rumah sudah di pagar, agar orang-orang tidak bisa sembarangan menuju ke lantai dua rumah anda.

Rumah ini dilengkapi 2 kamar tidur dan dua kamar mandi, yang masing-masing berada pada lantai satu dan lantai dua.

Rumah Tingkat Minimalis Terbaru

Rumah Tingkat Minimalis Terbaru

Berbeda dengan desain rumah lantai dua yang pertama, rumah yang satu ini memiliki tangga di dalam ruangan untuk naik ke lantai dua.

Tidak perlu pagar di bagian depan rumah, karena bagian depan rumah tidak memiliki taman yang dapat dirusak oleh hewan.

Pintu bagian depan rumah tepat berada di belakang garasi mobil, sehingga ketika anda keuar dari rumah bisa langsung naik ke mobil tanpa berjalan jauh.

Rumah Tingkat Minimalis Mewah

Rumah Tingkat Minimalis Mewah

Dari segi ukuran rumah ini sama dengan ukuran rumah yang nomor dua, namun yang membedakannya adalah pada bentuk desain di lantai dua.

Dapat anda lihat bahwa pada lantai 2 rumah ini memiliki tampilan depan full kaca, sehingga terlihat layaknya rumah yang sangat mewah.

Pastinya anda bertanya-tanya, dari 3 contoh desain rumah di atas, tidak satupun yang memiliki parkir motor, untuk inspirasi desain parkir motor silahkan kunjungin majalah desain parkir motor minimalis.

Dari 3 contoh desain rumah tingkat minimalis di atas, mudah-mudahan salah satunya dapat menjadi inspirasi dalam membangun rumah anda.

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan baca majalah tentang desain rumah yang lainnya.

Desain Parkir Motor Minimalis Untuk Lahan Parkir Kecil

Desain_parkir_motor_minimalis_dua_jalur

Membuat tempat parkir motor tentunya tidak boleh asal-asalan, oleh sebab itu kami disini akan memberikan inspirasi desain parkir motor minimalis kepada anda yang sedang ingin membuat tempat parkir di rumah ataupun di kantor milik anda.

Meski terlihat sepele, desain parkir motor berpengaruh besar pada suasana rumah atau tempat usaha anda.

Jangan sampai tempat parkir motor membuat rumah atau tempat usaha anda menjadi mengganggu pandangan mata.

Desain Parkir Motor Minimalis

Sebelum membuat tempat parkir, hal yang paling pertama kita persiapkan adalah desain parkir motor minimalis, dimana ukuran dan desainnya harus menyesuaikan lahan yang kita miliki.

Desain tempat parkir motor juga mempengaruhi jumlah motor yang bisa di parkir di tempat parkir tersebut.

Ada beberapa tempat parkir motor yang memiliki lahan besar namun hanya bisa menampung sedikit motor saja, karena kesalahan desainnya. Agar itu semua tidak terjadi kepada anda, sebaiknya anda melihat beberapa desain tempat parkir motor minimalis di bawah ini.

Desain Parkir Motor Satu Jalur

Desain Parkir Motor Satu Jalur

Pilihan pertama untuk membuat tempat parkir motor di lahan yang sempit adalah tempat parkir motor satu jalur.

Tempat parkir seperti ini bisa anda buat di depan rumah atau di bagian samping rumah anda.

Meski hanya satu jalur, namun tempat parkir ini mampu memarkirkan banyak motor sekaligus, karena tiang-tiang penahan atap hanya ada dibagian belakang area parkir.

Ketika anda ingin membuat tempat parkir seperti ini, pastikan bahwa tiang penyanggah atap hanya ada pada bagian belakang saja, apabila terdapat tiang di bagian depan atau di tengah tentunya akan mempersempit dan akan mengurangi jumlah motor yang bisa di parkir.

Desain Parkir Motor Dua Jalur

Desain_parkir_motor_minimalis_dua_jalur

Parkir motor dua jalur tentunya bisa lebih banyak memarkirkan motor sekaligus, karena kita bisa menyusun motor dari 2 arah.

Pada bagian tengah tempat parkir dua jalur ini pastikan memiliki ruang yang koong, agar memudahkan pengendara motor keluar dan masuk ke area parkir.

Tempat parkir motor dua jalur ini cocok di terapkan pada kantor-kantor yang memiliki banyak karyawan menggunakan sepeda motor untuk pergi ke kantor.

Semoga contoh desain parkir motor minimalis ini memberikan manfaat, terima kasih.

5 Model Rumah Sederhana Tapi Indah

Model Rumah Sederhana Berpagar

Bagi anda yang sedang mencari inspirasi model rumah sederhana tapi indah dan sangat menakjubkan, maka disinilah tempatnya dan anda akan menemukannya.

Memiliki rumah sendiri adalah impian semua orang, apalagi bagi pasangan yang baru saja menikah. Pasangan yang baru menikah 80% masih belum memiliki rumah sendiri atau masih tinggal sama orang tua.

Dari pada tinggal sama orang tua ataupun sama mertua, lebih baik anda tinggal dirumah sendiri meskipun hanya rumah sederhana.

Model Rumah Sederhana

Membangun rumah yang sederhana tentunya tidak begitu banyak membutuhkan biaya dan juga tidak membutuhkan waktu yang lama dalam pembuatannya.

Oleh karena itu, yuk mulai merencanakan untuk membangun rumah yang sederhana, sebagai inspirasi model rumah sederhana tapi indah, anda bisa melihat beberapa contoh rumah di bawah ini.

Rumah Sederhana Type 70

Rumah Sederhana Type 70

Memiliki sedikit biaya bukan berarti anda tidak bisa membangun rumah impian, apalagi anda sudah memiliki lahan untuk membangun rumah tersebut, anda bisa mencoba membuat rumah sederhana dengan type 70 dan hanya memiliki 1 lantai.

Bangunan rumah 70 meter persegi kami rasa sudah cukup untuk anda yang baru menikah atau sudah memiliki satu hingga 2 anak.

Rumah type 70 ini bisa memuat 2 kamar tidur, 1 Toilet, satu dapur dan juga satu ruangan tamu.

Rumah ini masih termasuk dalam kategori rumah minimalis yang sederhana.

Rumah Sederhana Berpagar

Model Rumah Sederhana Berpagar

Agar kawasan di area pekarangan rumah lebih aman, sebaiknya memberikan pagar di sekeliling rumah, seperti model rumah sederhana berpagar di atas.

Ukuran pagar tentunya juga harus menyesuaikan ukuran rumah, agar pagar terlhat serasi dengan rumah, karena selain membuat rumah lebih aman, pagar juga menambah keindahan rumah.

Rumah Sederhana Rendah Biaya

Rumah Sederhana Rendah Biaya

Kami menyadari bahwa tidak semua orang itu memiliki dana yang cukup untuk membuat rumah, bahkan sebagian dari kita rela meminjam uang untuk menambah dana agar rumah impian cepat selesai.

Membangun rumah dengan dana yang sedikit memang sedikit lebih sulit, karena semua harus diperhitungkan, mulai dari model, material, hingga upah tukang.

Model rumah di atas adalah model rumah yang dapat menghemat biaya dan dapat mempercepat proses pembuatannya, karena bentuk yang sederhana dan simple.

Rumah Sederhana Type 21

Rumah Sederhana Type 21

Rumah type 21 adalah rumah yang paling kecil dibandingkan rumah sederhana yang lainnya, meskipun begitu, rumah ini bisa di huni untuk anda yang baru memiliki satu anak atau maksimal 2 anak, asalkan anak anda belum berumur lebih dari 4 tahun.

Anak yang berumur lebih dari 4 tahun sebaiknya dibuatkan kamar khusus untuk mereka, itu berarti rumah type 21 ini tidak cocok untuk anda yang ingin mencari model rumah sederhana yang memiliki 2 kamar tidur.

Tapi untuk di awal tidak ada salahnya membangun rumah type 21, jika sudah memiliki dana yang cukup, anda bisa membuat rumah yang lebih mewah dan rumah type 21 ini bisa dijadikan rumah kos atau rumah kontrakan.

Rumah Sederhana Dinding Kalsiboard

Rumah Sederhana Dinding Kalsiboard

Pilihan terakhir untuk anda yang menginginkan rumah sederhana dengan biaya paling sedikit adalah rumah sederhana menggunakan dinding kalsiboard.

Selain dapat menghemat biaya, menggunakan kalsiboard untuk dinding rumah dapat mempercepat proses pembuatan rumah.

Jika di lihat kesat mata, rumah dengan dinding kalsiboard tampilannya sama dengan rumah beton apalagi pemasangannya rapi.

Hanya saja, rumah yang menggunakan kalsiboard kurang aman karena kalsiboard mudah pecah jika terkena benturan keras.

Semoga 5 model rumah sederhana di atas dapat menjadi inspirasi dan referensi, silahkan baca majalah lainnya seputar desain rumah.