4 Makanan Khas Baduy Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

wisata86 Views

4 Makanan Khas Baduy Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

majalahtren.com – 4 Makanan Khas Baduy Yang Jarang Diketahui Banyak Orang. Suku Baduy sering diperbincangkan karena dikenal masih memegang teguh adat. Beberapa aturan yang mengikat di suku ini membuatnya begitu istimewa. Budaya itu luas dan memiliki ciri khas tersendiri, salah satunya adalah makanan.

Padahal, Kuliner sudah menjadi salah satu simbol suku atau daerah. Mungkin Anda yang sering melakukan wisata kuliner di Indonesia.

Apakah Baduy salah satunya? Jika tidak, berikut adalah beberapa hidangan Baduy yang kurang dikenal tetapi patut dicoba, dikumpulkan dari banyak sumber:

1. Jojorong

Terkenal di Banten tapi hanya sedikit orang yang tahu bahwa itu berasal dari Baduy. Kue ini terbuat dari tepung kanji, tepung beras dan gula merah.

Teksturnya lembut dan jika ada gula merahnya, berarti Anda akan merasakan sensasi manis sejak gigitan pertama di mulut. Kue ini diletakkan di piring yang terbuat dari daun pisang dan masing-masing ujungnya diikat dengan bagian yang sama.

Aroma daun pisang yang membuat masakan ini begitu istimewa. Cocok sebagai pendamping kopi atau teh panas.

2. Pasung Merah

Selalu menyajikan rasa yang lezat. Hidangan ini sangat unik karena memadukan cita rasa Jawa dengan masakan Sunda. Roti Pasung Merah Pasung memiliki tekstur cair dan memiliki ciri khas berupa kantong berbentuk kerucut yang terbuat dari daun nangka atau pisang. Kue-kue ini dibungkus dengan kertas harum yang selalu harum.

3. Kue Blok Menes

Lembut saat disentuh namun kenyal di mulut juga membuat hidangan ini layak untuk dicoba. Bahan utamanya adalah kacang putih.

Itu dipotong dan dicuci dan dibentuk menjadi persegi panjang. Dagingnya dipotong-potong, dimasak hingga matang, lalu ditumbuk atau digiling.

Roti Balok Menes ini biasanya dibuat dengan serundeng dan bawang goreng. Rasa kue Balok Menes tidak terlalu kental karena rasa singkong berpadu dengan rasa gurih serundeng dan bawang goreng. Jadi kali ini Anda bisa mencoba yang gurih setelah disajikan yang manis.

4. Apem putih

Hidangan ini terbuat dari beras olahan yang terbuat dari tepung beras. Kemudian tepung beras dicampur dengan pita perekat yang telah difermentasi.

Kue tradisional ini memiliki bentuk yang kecil dengan tekstur yang lembut dan memiliki cita rasa yang nikmat jika diapresiasi dengan gula merah cair. Manisnya berasal dari pencampuran gula asli dengan adonan kue.

Tertarik mencoba keempatnya? Tak perlu khawatir, makanan Baduy bisa ditemukan di luar Baduy karena sudah umum di kalangan masyarakat luar Baduy, khususnya daerah Banten.