5 Cara Untuk Mempercepat Koneksi Wi-Fi Selama WFH

Info69 Views

5 cara untuk mempercepat koneksi Wi-Fi selama WFH

majalahtren.com – 5 cara untuk mempercepat koneksi Wi-Fi selama WFH. Bekerja dari rumah atau WFH membutuhkan banyak penyesuaian. Anda harus memilih kamar yang kondusif dan terhubung ke internet agar merasa nyaman bekerja untuk bekerja kapan saja. Tanpa ragu, seringkali Wi-Fi lambat adalah hambatan. Namun, sebenarnya ada cara mudah untuk mempercepat koneksi Wi-Fi selama WFH.

1. Temukan penyebab Wi-Fi lambat

Hal pertama yang harus dilakukan ketika Wi-Fi di rumah lambat adalah memverifikasi penyebabnya. Misalnya, verifikasi lokasi yang ditempatkan router Wi-Fi, baik diblokir oleh benda-benda fisik seperti dinding atau lemari yang dapat mempengaruhi sinyal atau tidak. Bahkan, jika Anda menempatkan router Wi-Fi di lantai, ini juga dapat mempengaruhi sinyal.

Jika demikian, Anda dapat mencoba memindahkan router ke suatu tempat tanpa penghalang dan lebih tinggi dari sebelumnya. Jika Anda masih tidak bisa, maka Anda dapat mencoba langkah selanjutnya.

2. Cobalah untuk restart kembali router

Jika restart router tidak berdampak, Anda dapat mencoba memulai kembali router Anda. Matikan selama beberapa menit, lalu nyalakan lagi. Ini dapat menyebabkan router mengulangi siklus dan umumnya dapat mengatasi masalah koneksi Wi-Fi yang lambat. Anda dapat melakukan ini sebulan sekali sehingga router Anda juga dapat diperbarui.

Jika masih tidak berhasil, cobalah untuk memulai kembali router Wi-Fi Anda, maka didirikan kembali untuk lebar saluran jaringan yang dapat diterima router. Anda dapat memilih saluran yang berkisar dari 20.40, hingga 160 MHz. Ini dapat membantu memperluas cakupan jaringan sehingga dapat mempercepat koneksi Wi-Fi di rumah.

3. Simpan router perangkat elektronik lainnya

Jangan letakkan router di dekat perangkat elektronik, seperti microwave atau telepon kabel, karena perangkat elektronik menggunakan sinyal elektromagnetik untuk mengaktifkan fungsi mereka sehingga dapat menyebabkan gangguan atau gangguan sinyal Wi-Fi. Anda juga harus menghapus router bahan logam elektronik, seperti lemari es atau televisi. Bahan logam dapat menyerap atau mencerminkan sinyal untuk memblokir ruang lingkup sinyal Wi-Fi.

4. Pastikan router selalu diperbarui dan bebas virus

Seperti perangkat digital, router juga memiliki perangkat lunak atau perangkat lunak yang harus selalu diperbarui. Pembaruan atau pembaruan diberikan untuk meningkatkan konfigurasi yang dapat mempercepat koneksi Wi-Fi Anda. Jika tidak diperbarui, konfigurasi yang ada akan kurang kompatibel sehingga dapat memperlambat jaringan.

Selain itu, perangkat lunak dalam router juga rentan terhadap virus. Virus ini dapat menyerang jaringan yang membuat koneksi Wi-Fi menjadi lambat. Oleh karena itu, eksplorasi virus di router dan laptop secara teratur karena virus ini mungkin juga telah menyerang laptopnya.

5. Batasi perangkat

Anda mungkin tidak menyadari, tetapi jaringan internet Wi-Fi akan lebih lambat jika banyak perangkat menggunakannya. Ini karena bandwidth internet yang dimiliki oleh masing -masing router berbeda. Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa Anda harus membatasi perangkat yang dapat mengakses jaringan Wi-Fi Anda.

Anda juga dapat mengatur kebutuhan sinyal prioritas. Misalnya, prioritaskan unduhan dan muat file dibandingkan dengan panggilan video. Oleh karena itu, ketika Anda memuat atau mengunduh data penting saat melakukan panggilan video, Anda masih dapat mengunduh atau memuat tanpa masalah karena aktivitas panggilan video akan terbatas pada koneksi. Tentu saja, ini juga tergantung pada router yang Anda gunakan. Beberapa router tidak memiliki opsi ini.