5 Fungsi Microsoft Word dan Penjelasannya, Yang Perlu Kalian Ketahui

Microsoft104 Views

5 Fungsi Microsoft Word dan Penjelasannya, Yang Perlu Kalian Ketahui

majalahtren.com – 5 Fungsi Microsoft Word dan Penjelasannya, Yang Perlu Kalian Ketahui. Bagi Anda yang memiliki banyak tugas atau pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk menulis dokumen, tentunya Anda sering menggunakan Microsoft Word. Aplikasi pengolah kata ini ternyata memiliki banyak fungsi yang perlu Anda ketahui. Salah satu bagian dari Microsoft Office sering digunakan karena tampilannya yang tidak rumit, penggunaan yang sederhana, dan banyak fitur yang dapat memudahkan Anda untuk menulis dokumen, surat, atau kebutuhan lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu Microsoft Word, beserta fungsi dan fitur yang disediakan, mari simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu Microsoft Word?

Microsoft Word atau biasa disebut Word adalah sebuah perangkat atau aplikasi yang merupakan bagian dari instalasi Microsoft Office. Kata itu sendiri berbeda dengan instalasi Microsoft Office lainnya, Word pada dasarnya adalah perangkat lunak pengolah kata yang mencakup pembuatan, pengeditan, dan penyimpanan dokumen.

Microsoft Word merupakan perangkat lunak pengolah kata yang banyak digunakan oleh orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat. Selain mudah digunakan, aplikasi ini juga dapat digunakan di berbagai perangkat seperti Windows, Mac OS, Android, dan iOS.

Dengan slogan WYSIWYG atau What You See Is What You Get, Microsoft Word dapat meyakinkan pengguna bahwa apa yang terlihat di layar monitor adalah apa yang akan ditampilkan di atas kertas saat dokumen dicetak.

Fungsi Microsoft Word berdasarkan kebutuhan mereka

Microsoft Word memiliki banyak fungsi sesuai dengan kebutuhan yang Anda butuhkan. Word memberikan berbagai manfaat atau kegunaan untuk Anda.

1. Buat dokumen penting untuk kantor

Microsoft Word banyak digunakan untuk membuat dokumen-dokumen penting dalam dunia perkantoran, salah satunya adalah pembuatan laporan keuangan. Untuk digunakan membuat laporan keuangan, biasanya sebuah bisnis atau kantor menggunakan Microsoft Word untuk membuat dokumen, karena terdapat berbagai fitur yang memudahkan dalam membuat dokumen laporan keuangan.

2. Buat tugas Makalah

Selain dunia perkantoran, Microsoft Word juga sangat berguna bagi para pelajar yang ingin membuat Makalah atau tugas lainnya. Dengan situasi saat ini, seorang siswa sangat membutuhkan Microsoft Word untuk membuat tugas dan mengirimkannya melalui email atau WhatsApp kepada guru.

3. Buat Skripsi / Laporan

Bagi anda yang sedang mengerjakan skripsi, skripsi, laporan PKL, dan tugas lainnya pasti sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word. Aplikasi ini juga dapat menyertakan tabel, grafik, gambar yang anda butuhkan dalam proses pengerjaan skripsi, skripsi, laporan PKL, dan lain sebagainya.

4. Buat CV

Dalam dunia kerja, ketika ingin melamar suatu perusahaan biasanya menggunakan CV (Curriculum Vitae) atau Curriculum Vitae. CVS kreatif juga bisa dibuat menggunakan Microsoft Word lho! Anda hanya perlu mengatur penempatan gambar, tabel, dan teks yang ingin Anda sertakan di CV Anda.

5. Membuat surat

Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh satu pihak kepada pihak lain dengan tujuan menginformasikan maksud pesan dari pengirimnya. Baik formal maupun informal, Anda dapat dengan mudah menulis surat di Microsoft Word, sehingga Anda tidak perlu lagi menulis dengan tangan atau mesin tik.