Cara Menjual barang di Shopee dengan benar dan lengkap dengan alasan dan manfaatnya. Apakah saat ini Anda baru saja mulai berjualan di Shopee? Kemudian, tidak tahu harus mulai langkah dari mana dan seperti apa? Di artikel ini Anda dapat menemukan berbagai cara terbaik yang bisa kamu terapkan.

Tentu saja, semua panduan yang kami share ini fokus untuk pemula yang ingin memulai karir dalam bidang penjualan. Terutama menjual barang di Shopee.

Seperti yang kami ketahui bahwa Marketplace Shopee sudah tidak asing lagi dengan warna orange yang khas. Bahkan platform ini mendukung banyak fitur penjualan yang sangat kompleks.

Kolaborasi Shopee dengan performer dari dalam dan luar negeri hingga menggelar konser adalah bentuk promosi mereka.

Ini merupakan bagian strategi promosi yang paling menarik saat ini mereka terapkan untuk membuat nama shopee semakin di kenal masyarakat.

Di tambah berbagai chanel TV dan jutaan website menampilkan banner Shopee yang membuat namanya semakin membumbung tinggi.

Ini adalah kesempatan anda untuk bergabung menjadi Seller Shopee dan menjual produk apapun secara gratis dengan fitur kontrol-nya.

Ciptakan benefit sebanyak-banyaknya, dan jangan menunda lagi, bahkan membiarkan orang lain sukses terlebih dahulu daripada Anda.

Sebelum kamu memulai berjualan barang di Shopee, ada beberapa poin penting yang harus kamu pertimbangkan.

Pertama, membuat akun sebagai seller. lalu bangun toko untuk menampung semua barang yang akan anda jual di Shopee.

Untuk cara berjualan di Shopee, silahkan simak instruksi yang sudah di susun oleh Majalahtren berikut ini.

Cara Menjual Barang di Shopee

Ada beberapa langkah cara menjual barang di Shopee yang harus kamu terapkan sendiri. Berikut adalah petunjuk lengkap yang harus Anda ikuti agar bisa menjual di Shopee.

  1. Membuat Akun Seller Shopee

    Langkah pertama adalah membuat akun di situs web Shopee. Anda tidak akan dapat membeli atau menjual apa pun sampai Anda memiliki akun sendiri sendiri. Akun yang saya maksud adalah bukan akun pembeli, melainkan akun seller yang merupakan akun khusus untuk penjual.

    Setelah itu, Anda dapat melompat ke langkah kedua jika Anda sudah memiliki akun seller Shoppe. Ingat! Anda harus memiliki email dan nomor ponsel yang aktif untuk membuat akun Seller Shopee.

    Cara membuat akun seller sangat mudah; Lengkapi semua formulir pendaftaran akun dengan kemampuan terbaik Anda. Setelah itu, Anda akan mendapatkan email aktivasi atau SMS dengan kode OTP. Untuk menyelesaikan pendaftaran, gunakan alamat email atau kode OTP yang sudah kamu terima.Cara menjual barang di Shopee

  2. Membuat Toko

    Anda dapat mulai mendirikan toko setelah Anda memiliki akun. cara membuat toko di shopee adalah:

    1. Di browser Anda, silahkan buka situs web Shopee.
    2. Di bilah kiri atas, klik menu “Jual”.
    3. Lengkapi informasi profil toko, termasuk nama Anda, deskripsi toko, unggah foto profil, dan buat spanduk toko.

    Anda telah berhasil membuat toko di Shopee pada saat ini. Setelah itu, Anda harus menentukan sendiri alamat toko serta apa saja layanan pengiriman yang akan kamu gunakan.

    Jangan lupa pula untuk membuka rekening bank sehingga Anda dapat menarik uang Anda dari hasil penjual sebagai benefit. Saran kami, daftarlah ke layanan internet banking untuk memudahkan anda bertransaksi keuangan dengan Shopee.Cara menjual barang di shopee

  3. Upload Produk Ke Toko

    Anda dapat mulai memposting produk atau komoditas untuk anda jual ke toko Shopee. Sebaiknya siapkan gambar dengan kualitas yang layak untuk di unggah dengan resolusi yang baik dan jernih.

    Pastikan pula bahwa foto produk tersebut mudah terlihat dan menarik bagi calon pembeli Anda. Isi semua informasi tentang produk yang Anda jual, seperti nama produk, jenis produk, deskripsi secara detail, ukuran, dan mereknya (Jika Ada).

    Dalam satu hari kerja, biasanya Shopee akan memeriksa barang yang Anda tawarkan. Setelah itu, Shopee akan menayangkan produk anda ke halaman utama dan masuk ke pencarian.Cara menjual barang di Shopee

  4. Membuat Promosi Produk

    Barang Anda akan ditampilkan di jendela toko setelah prosedur verifikasi Shopee selesai. Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mempromosikan produk sendiri.

    Tujuan dari promosi ini adalah untuk menarik calon pelanggan untuk melihat produk Anda. Shopee memberi fitur pedagang opsi untuk ‘mengupgrade’ item mereka setiap empat jam.

    Untuk meningkatkan penjualan produk anda, sebaiknya lakukan pula bentuk promosi dengan strategi sosial media marketing. Caranya adalah copy tautan produk Anda dan toko anda kemudian bagikan ke grub Facebook, Twitter, atau apapun jenis akun sosial media yang kamu punya.

    Jika kamu memiliki Website Sendiri, maka akan lebih bagus juga menyematkan tautan toko anda ke Website sendiri. Tindakan ini saya yakin akan menambah omset penjualan Anda selama di Shopee.Cara menjual barang di Shopee

Tips Berjualan di Shopee

Setiap bisnis perdangan, tentu saja membutuhkan teknik marketing yang handal. Selaian untuk meningkatkan omset penjualan, strategi marketing sangat penting, terutama untuk meningkatkan visibiltas branding.

Banyak metode yang bisa kamu gunakan di halaman ini untuk menunjang kesuksesan Anda bersama Shopee. Oleh karena itu, baca semua ulasan ini dan pelajari strategi marketing yang saya berikan.

Ingat! Kami memberikan semuanya gratis, jadi anda cukup mempelajari saja tanpa harus mengeluarkan modal sedikitpun.

Strategi berjualan di Shopee ini masuk dalam tahap cara menjual barang di Shopee. Akibatnya, mau tidak mau anda harus mempelajari semuanya.

Mari kita mulai ke Teknik marketing untuk Shopee

Strategi Jualan Online Pemula di Shopee

Cara berjualan di Shopee juga membutuhkan perencanaan yang tepat agar barang yang kamu tawarkan berhasil mengundang minat pelanggan. Kami sangat menyarankan agar Anda menggunakan semua teknik yang sudah kami uraikan di bawah ini

1. Aktifkan opsi Pengiriman Gratis

Gratis ongkos kirim tersedia di Shopee dengan minimum pembelian Rp30.000, Rp90.000, atau Rp200.000.

Salah satu fitur yang paling menarik bagi semua pembeli adalah pengiriman gratis. Sebagai seorang Digital Marketing, saya akan mendesak Anda untuk segera mengaktifkan fungsi tersebut.

Foto KTP dan foto selfie dengan memegang KTP adalah persyaratan-nya saja yang harus kamu penuhi.

Tidak perlu khawatir soal Boncos, Anda tidak perlu membayar ongkos kirim ke layanan delivery jika pelanggan menggunakan voucher pengiriman gratis.

2. Perbanyak Produk yang kamu Jual

Pendekatan kedua supaya sukses selama berjualan di Shopee adalah memperbanyak jumlah barang yang tersedia di toko Anda.

Semakin tinggi jumlah item di jendela toko, maka semakin besar kemungkinan untuk menarik minat para pelanggan.

Saya yakin, “Akan sulit untuk mendapatkan konsumen jika bisnis Anda saat ini memiliki kurang dari lima barang”. Oleh sebab itu, banyaknya jenis produk juga menentukan kesuksesan Anda di Shopee.

Karena saat ini Market Place Shopee memiliki kemampuan untuk unggah massal, maka Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menggungah banyak produk. Sebaiknya, manfaatkan fitur ini untuk menghemat tenaga dan waktu Anda selama mengembangkan toko Anda.

3. Perbanyak Followers

Seperti platform Instagram dan Twitter, ternyata Shopee juga memiliki fungsi pengikut. Tentu saja, hal ini sangat berpengaruh besar terhadap penjualan toko.

Ingat! Secara tidak langsung, “Semakin banyak penggemar atau pengikut yang Anda miliki di Shopee, maka semakin besar kemungkinan produk Anda akan sukses terjual“.

Anda harus memprioritaskan perluasan jumlah pengikut di awal pendirian toko Anda. Lakukan tindakan apapun yang kamu bisa. Jika perlu mengeluarkan biaya, lakukanlah!

4. Mendaftar untuk Program Spesial Shopee

Kamu harus tahu bahwa Shopee selalu menawarkan berbagai inisiatif khusus penjual. Flash sale adalah salah satunya.

Flash sale adalah penjualan produk yang berlangsung dalam waktu singkat dengan harga yang lebih murah dari biasanya.

Semua pengguna Shopee dapat melihat kampanye Flash Sale ini. Akibatnya, terlibat dalam program flash sale mungkin menjadi salah satu cara paling ampuh untuk menarik banyak pembeli.

5. Pilih Produk yang Paling Banyak di cari Pembeli

Teknik terakhir dan tergolong ampuh untuk berjualan barang di Shopee adalah mencari dan memilih barang dagangan yang saat ini banyak menjadi minat konsumen.

Yang harus kamu lakukan adalah “mengenali tren produk saat ini“. Jika Anda menjual produk yang sedang banyak mengundang minat, maka penjualan Anda akan cepat meroket.

Atau kalau tidak, berikan harga yang relatif lebih murah untuk bersaing dengan merchant lain yang memiliki barang sejenis.

Mengapa anda harus melakukan ini? Bukankah justru akan merugikan? Tenang! Anda tidak akan rugi. Percaya saja bahwa pelanggan akan lebih memilih barang dagangan toko Anda dalam hal ini.

6. Rekapitulasi penjualan

Meskipun Shopee merupakan marketplace online, sebaiknya Anda melakukan rekap penjualan. Hal ini berguna untuk memudahkan Anda dalam memeriksa hasil penjualan Anda dikemudian hari.

Anda dapat menggunakan aplikasi pencatat penjualan yang tersedia di berbagai platform online.

Alasan kuat Anda Menjual barang di Shopee

Jadi, sebelum Anda mulai menjual barang di Shopee, Anda harus mengetahui beberapa alasan mengapa kamu harus melakukannya.

  • Anda hanya bisa berjualan di Shopee jika Anda memiliki smartphone yang jelas sangat nyaman, sehingga menjual barang di Shopee bisa menjadi peluang bisnis pelajar, atau bahkan bisnis bagi semua ibu rumah tangga.
  • Ingatlah bahwa jumlah pelanggan di marketplace Shopee sekarang ini terus meningkat.
  • Layanan pengiriman paket sudah terintegrasi dengan sangat baik.
  • Banyak jenis promosi yang lebih menarik, untuk menarik lebih banyak pelanggan.
  • Tidak perlu membuat website sendiri yang membutuhkan server mahal dan belajar SEO.
  • Anda bisa menjual barang di Shopee meskipun tidak memiliki stok barang.
  • Nama Shopee sudah di kenal luas hingga ke berbagai negara di Asia.

Ini hanya beberapa alasan mengapa Anda harus berjualan di marketplace Shopee.

Tips Sukses Menjual Barang di Shopee

Jika anda ingin sukses berjualan di Shopee, maka kamu harus menjadi penjual yang ramah terhadap semua pelanggan. Meskipun banyak pembatalan, anda harus tetap konsisten menjadi penjual yang lebih baik daripada mereka.

Balas semua pertanyaan pelanggan melalui fitur Chat memngkinkan Toko anda semakin berperforma baik. Selain itu, tingkatkan kemampuan dasar marketing Anda.

Lakukan anasila produk yang paling banyak mengundang minat. Jika perlua, lakukan riset pasar menggunakan fasilitas Online yang saat ini bermunculan secara gratis di Internet.

Mungkin itu saja yang bisa saya tulis untuk Anda. Jika ada pertanyaan apapun, anda dapat mengajukan semuanya di kolom komentar.

FAQ

Kenapa Harus menjual barang di Shopee

Ada banyak faktor yang mempengaruhi Anda untuk berjualan di Shopee. Coba baca kembali di bab “Alasan kuat Anda Menjual barang di Shopee“. Anda akan segera menemukan jawaban-nya secara akurat.

Apa saja Syarat Menjual Barang di Shopee

Syarat utama adalah memiliki akun, membuka toko, memiliki rekening bank atau e-wallet dan bersedia melayani pertanyaan pelanggan dengan ramah.

Apakah Jualan di Shopee berbayar?

Tentu saja Gratis. Namun berlaku apabila anda tidak menggunakan fitur promosi berbayar di Shoppe. Jika kamu hanya mengandalkan promosi di sosial media, maka Menjual Barang di Shopee benar-benar gratis seumur hidup.

Gimana cara jualan di Shopee biar laris?

Supaya jualan anda laris, terapkan strategi marketing yang tetap. Terapkan semua teori yang sudah kami jabarkan di atas dan tunggu benefit Anda.

Bagaimana cara jualan di Shopee tanpa stok barang?

Anda bisa membuat toko dengan petunjuk di atas, kemudian berjualan produk dengan sistem pre-order. Temukan produk terlaris di Shopee sebagai target produk yang akan kamu jual ke toko Anda.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *