5 Tips Belajar Ala Mahasiswa Kedokteran

Edukasi58 Views

5 Tips Belajar Ala Mahasiswa Kedokteran

majalahtren.com – 5 Tips Belajar Ala Mahasiswa Kedokteran. Tentu bukan rahasia lagi bahwa jurusan kedokteran merupakan salah satu jurusan yang paling sulit. Menjadi mahasiswa kedokteran tentunya bukan hal yang mudah. Jadwal kuliah yang padat membuat mahasiswa kedokteran dituntut untuk dapat berkembang secepat dan sekuat mungkin, serta menemukan metode pembelajaran yang sesuai. Berikut beberapa tips belajar ala mahasiswa kedokteran yang bisa kamu coba terapkan.

1. Belajar sebelum Kuliah

Sebelum memulai perkuliahan, ada baiknya kamu memahami materi yang akan dipelajari. Catat dan tandei hal-hal yang tidak kamu pahami, lalu ajukan pertanyaan di kelas.

2. Diskusikan

Diskusi bisa menjadi salah satu cara untuk memperluas wawasan dan relasi. Diskusi juga akan membuat belajar lebih menyenangkan. Apalagi ada hal-hal di luar perkuliahan yang bisa kamu temukan dari pengalaman teman-teman di sekitarmu.

3. Ulangi, Rekam, dan Ilustrasikan

Mengulangi materi yang telah diperoleh, kemudian membuat rangkuman dan mengembangkannya menjadi peta pikiran agar lebih mudah diingat.

4. Berimprovisasi

Tentu akan membosankan jika gaya belajar kamu terlalu monoton. Oleh karena itu, kamu dapat mengimprovisasi gaya belajar kamu. Mulai dari membuat lagu dari bahan agar mudah dihafal, hingga membuat simbol-simbol tertentu untuk dirangkum

kamu juga disarankan untuk membaca jurnal dan buku pelajaran. Beberapa dosen tentunya suka memberikan referensi buku ajar untuk dipelajari.

5. Disiplin

Yang terpenting adalah komitmen kamu untuk disiplin dalam belajar. Buatlah jadwal rutin bagi kamu untuk belajar. Dengan begitu, kamu bisa konsisten.

Nah, itulah beberapa tips belajar ala mahasiswa kedokteran yang bisa kamu coba tiru. Ingat, untuk menjadi orang sukses butuh waktu, usaha, dan konsistensi. Oleh karena itu, kamu harus terus belajar dengan baik. Kemalasan hanya akan merusak masa depan kamu.