7 Cara Efektif Mengatasi Bulu Kucing Rontok, Yang Perlu Catlover Ketahui

Kucing108 Views

7 Cara Efektif Mengatasi Bulu Kucing Rontok, Yang Perlu Catlover Ketahui

majalahtren.com – 7 Cara Efektif Mengatasi Bulu Kucing Rontok, Yang Perlu Catlover Ketahui. Apakah kucing Anda mengalami kerontokan bulu baru-baru ini? Kerontokan bulu kucing dapat terjadi karena berbagai alasan. Jadi sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan, ada baiknya untuk mengidentifikasi penyebab kerontokan bulu kucing.

7 Cara Efektif Mengatasi Bulu Kucing Rontok

bulu rontok kucing biasanya disebabkan oleh jamur dan parasit, seperti kurap, tungau, atau alergi kutu. Alergi makanan juga bisa menjadi penyebab kerontokan bulu kucing. Kondisi metabolik, seperti hipertiroidisme, masalah saluran kemih yang menyebabkan pusing terus-menerus, dan menjilati juga dapat memicu kerontokan rambut. Apa cara terbaik untuk mengatasi kerontokan bulu kucing?

1. Sikat Bulu Kucing Secara Teratur

Menyikat bulu kucing secara teratur dapat mengurangi kerontokan bulu kucing. Apalagi jika bulu kucing itu panjang. Bulu kucing yang panjang membutuhkan penyikatan agar bulu kucing lembut, terawat, dan mudah diatur. Dengan melakukan penyikatan secara teratur, Anda juga dapat memperbarui keadaan kesehatan bulu kucing Anda.

2. Memandikan Kucing Sebulan Sekali

Memandikan kucing sebulan sekali merupakan upaya menjaga kebersihan kucing. Kucing kotor, terinfeksi kutu, jamur, dan hama lainnya dapat memicu kerontokan rambut. Mengembalikan kebersihan kucing bisa menjadi cara untuk mengatasi kerontokan rambut.

3. Mengubah Pola Makan Kucing

Untuk bulu yang sehat, kucing peliharaan membutuhkan diet seimbang yang kaya omega. Pilih makanan kucing yang mengandung rasio seimbang asam lemak omega-6 dan omega-3 untuk membantu meningkatkan bulu yang sehat dan mencegah kerontokan.

4. Menjaga Kucing Terhidrasi

Kucing yang tidak minum cukup air dapat mengembangkan kulit dan bulu kering, yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Jadi, pastikan Anda selalu menjaga asupan minuman kucing Anda dengan mengisi mangkuk air minumnya dengan air bersih, segar, dan siap minum.

5. Hidup Nyaman

Sediakan tempat tidur yang nyaman untuk kucing agar kucing dapat beristirahat dengan nyaman dan tenang. Stres juga dapat memicu kerontokan rambut, sehingga menjaga mood kucing tetap positif juga bisa menjadi cara untuk mengatasi kerontokan bulu kucing.

6. Periksakan kucing Anda ke dokter hewan

Membawa kucing peliharaan untuk pemeriksaan rutin ke dokter hewan merupakan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kerontokan bulu kucing. Ada banyak penyakit yang bisa memicu kerontokan rambut yang berlebihan pada kucing. Anda tidak dapat mendiagnosis diri sendiri. Pemeriksaan langsung ke dokter hewan dapat membantu Anda mengetahui penyebab kerontokan bulu pada kucing peliharaan Anda.

7. Tangani sesuai dengan penyebabnya

Telah disebutkan sebelumnya bahwa cara terbaik untuk mengatasi kerontokan bulu kucing adalah dengan mengobati penyebabnya. Pengobatan penyakit kulit alergi bisa memakan waktu sedikit lebih lama, tetapi dengan bantuan dokter hewan, Anda bisa melakukan pengobatan yang tepat. Ini termasuk jika kucing Anda sedang stres. Perawatan berdasarkan penyebabnya akan membantu kucing Anda mendapatkan perawatan yang tepat sesuai dengan kebutuhannya.