7 Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Saat Libur Sekolah

Edukasi, Lifestyle132 Views

7 Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Saat Libur Sekolah

majalahtren.com – 7 Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Saat Libur Sekolah. Masih bingung mencari aktivitas yang pas untuk dilakukan saat liburan sekolah? Tak perlu bingung karena di bawah ini ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan agar tetap produktif selama liburan sekolah.

Liburan sekolah biasanya berlangsung selama dua hingga tiga minggu. Hal ini bisa berbeda untuk setiap siswa, tergantung kebijakan masing-masing sekolah.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Saat Libur Sekolah

Pada dasarnya liburan sekolah dengan durasi yang cukup panjang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan aktivitas produktif lho. Hal ini berguna untuk menyegarkan pikiran, sehingga nantinya bisa lebih siap mengikuti proses pembelajaran di semester baru, apalagi jika sebentar lagi akan menghadapi ujian akhir sekolah.

Selain itu, melakukan kegiatan produktif selama liburan sekolah juga bermanfaat untuk memudahkanmu meraih cita-cita di masa depan, misalnya memudahkanmu mempersiapkan pertukaran pelajar. Beberapa pilihan kegiatan saat liburan sekolah yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Lakukan hobi

Melakukan hobi merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan namun tetap bermanfaat untuk membuatmu lebih produktif. Selain itu, melakukan hobi saat berlibur juga bermanfaat untuk menyegarkan pikiran dan menghilangkan stres yang mungkin sedang kamu rasakan. Jadi nanti kamu bisa masuk sekolah dengan lebih semangat.

2. Berpartisipasi dalam kegiatan sosial untuk menjadi relawan

Apakah kamu ingin memperluas jaringan pertemanan sambil melakukan kegiatan produktif? Jika demikian, mari bergabung dengan kegiatan sosial. Karena ketika mengikuti kegiatan sosial, kamu berkesempatan untuk bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga pekerja profesional yang ahli dalam suatu bidang.

Namun, untuk pelajar biasanya kegiatan ini hanya boleh diikuti oleh pelajar SMA. Sebelum mengikuti kegiatan sosial untuk menjadi relawan, jangan lupa untuk meminta izin terlebih dahulu kepada orang tua.

3. Belajar bahasa asing

Jika kamu memang suka belajar bahasa asing, saat liburan sekolah tidak ada salahnya jika dirimu memanfaatkan waktu untuk memperdalam bahasa asing. Karena belajar bahasa asing sangat bermanfaat untuk memudahkan kamu menjalani proses pembelajaran di sekolah, apalagi jika buku pelajaran sekolah yang akan kamu gunakan banyak tersedia dalam bahasa asing.

4. Mulai mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan untuk mengikuti pertukaran pelajar

Bagi sebagian orang, mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan untuk mengikuti program pertukaran pelajaran adalah salah satu kegiatan yang paling menyenangkan selama liburan sekolah. Karena saat liburan sekolah kamu memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan segala keperluan tanpa harus terburu-buru.

Namun, sebelumnya ada baiknya kamu mencari informasi di Google atau Youtube terkait persyaratan study exchange, mata kuliah apa yang dipelajari, berapa biaya yang dibutuhkan untuk student exchange, dan jika memungkinkan bagaimana cara mendapatkan beasiswa. Selain itu, Kamu juga bisa mencari testimoni dari sekolah di luar negeri dari pelajar Indonesia yang pernah belajar di luar negeri.

Karena selain berguna untuk memudahkan kamu mempersiapkan diri memenuhi persyaratan pertukaran pelajar, hal ini juga secara tidak langsung akan memotivasi kamu untuk bisa kuliah di luar negeri.

5. Mainkan beberapa jenis permainan

Bermain game tidak selalu buruk. Namun bukan sembarang permainan, ada beberapa jenis permainan yang sebenarnya dapat bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan kemampuan otak dalam berpikir dan memahami materi pelajaran yaitu teka-teki dan teka-teki silang.

Hal ini dikarenakan saat memainkan kedua game ini kamu dituntut untuk bisa mengasah penalaran dan daya ingat yang kuat. Selain itu, kedua game ini juga secara tidak langsung akan membuatmu lebih berkonsentrasi. Jadi, liburanmu tetap terasa menyenangkan dan produktif.

6. Bermain dengan teman

Liburan sekolah belum lengkap tanpa bermain bersama teman. Karena memang tidak dipungkiri bermain bersama teman bisa bermanfaat untuk membuat diri lebih bahagia dan pikiran lebih fresh, sehingga nantinya bisa memaksimalkan pemahaman terhadap materi pelajaran di sekolah.

7. Liburan bersama keluarga

Liburan bersama keluarga biasanya menjadi salah satu kegiatan yang biasanya sudah disiapkan oleh para orang tua. Beberapa destinasi wisata yang biasa dijadikan lokasi liburan oleh para orang tua adalah taman bermain, rumah kakek nenek, taman pendidikan, kebun binatang, dan masih banyak destinasi wisata lainnya.

Kemana pun orang tuamu membawa kamu liburan, cobalah untuk selalu menikmatinya, meskipun terkadang kamu tidak menyukai tujuan yang dituju. Karena bagaimanapun juga tujuan liburan adalah untuk membuat pikiran lebih fresh dan menghilangkan rasa bosan, sehingga nantinya bisa bersekolah dengan lebih semangat.

Saat berlibur bersama keluarga, jangan lupa tuliskan hal-hal menarik ya. Karena ini bisa bermanfaat sebagai bahan cerita untuk guru dan teman. Walaupun orang tuamu tidak mengajakmu berlibur ke suatu tempat, jangan bersedih. Karena pada dasarnya tujuan berlibur adalah untuk mengistirahatkan pikiran dan badan.

Nah itulah tadi beberapa kegiatan saat liburan sekolah yang bisa kamu lakukan. Jika beberapa hari sebelum berangkat sekolah ingin mulai belajar, jangan lupa untuk selalu belajar ya.