9 Tips Jitu Mengatasi Malas Belajar

Edukasi, Lifestyle130 Views

9 Tips Jitu Mengatasi Malas Belajar

majalahtren.com – 9 Tips Jitu Mengatasi Malas Belajar. Kamu sering merasa malas belajar dan pada akhirnya menyebabkan banyak tugas sekolah yang terbengkalai? Jika iya, kamu wajib mengetahui beberapa tips mengatasi malas belajar di bawah ini.

Rasa malas saat belajar adalah hal yang sangat wajar dialami oleh setiap anak. Ini biasanya muncul karena kamu telah belajar dalam durasi yang lama. Selain itu, malas belajar juga biasanya dipicu oleh sulitnya materi pelajaran yang dipelajari. Namun, jangan sampai rasa malas belajar terus terjadi. Karena jika dibiarkan malas belajar justru dapat membawa beberapa dampak negatif, seperti menurunkan prestasi belajar dan menurunkan produktivitas belajar.

Tips Mengatasi Malas Belajar

Pada dasarnya, setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam menghadapi rasa malas. Namun ada beberapa cara mengatasi malas belajar yang cukup efektif, yaitu:

1. Tetapkan jadwal belajar

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengatasi malas belajar adalah menentukan jadwal dan lama belajar. Misalnya, pada hari Senin kamu akan belajar Bahasa Indonesia selama satu jam pada pukul 15.00-16.00 dan Matematika selama satu jam dari pukul 16.30-17.30. Jika perlu, tentukan juga materi yang akan dipelajari dalam satu waktu. Setelah itu, cobalah untuk tetap berpegang pada jadwal yang telah kamu buat. Jangan ragu untuk menentukan jadwal dan durasi belajar sesuai dengan kemampuanmu.

2. Kenali gaya belajar

Setiap orang memiliki gaya belajarnya masing-masing. Ada gaya belajar sambil mencoret-coret buku atau ada juga yang sambil mendengarkan musik. Menerapkan gaya belajar yang disukai akan membuat materi pelajaran lebih mudah dipahami dan meningkatkan semangat belajar. Sesekali kamu juga bisa mengkombinasikan beberapa gaya belajar agar tidak mudah bosan dan selalu bisa terhindar dari rasa malas belajar.

3. Beristirahatlah secara teratur

Pikiran dan tubuh membutuhkan istirahat yang teratur. Jadi, di sela-sela belajar, tidak ada salahnya untuk istirahat sejenak dengan membuka media sosial atau membaca komik favorit. Namun, batasi durasinya, jadi jangan sampai waktu istirahatmu lebih lama dari waktu belajarmu. Idealnya, istirahatlah selama 5-10 menit, setelah belajar kurang lebih 2-3 jam.

4. Rajin berolahraga

Sesibuk apapun aktivitasmu, usahakan untuk selalu rutin berolahraga. Tidak perlu olahraga yang mengeluarkan banyak keringat seperti renang atau basket. Karena berjalan, meditasi, atau lompat tali dengan durasi 5-10 menit sudah cukup untuk mengatasi malas belajar.

5. Hilangkan gangguan

Tak bisa dipungkiri terkadang gadget di meja belajar atau TV yang menyala bisa mengganggu konsentrasi saat belajar. Karena itu, saat belajar, usahakan untuk menghilangkan semua gangguan yang mungkin mengganggu. Misalnya dengan mematikan gadget, mematikan TV, dan tidak memasukkan hewan peliharaan ke dalam ruang belajar saat kamu sedang belajar.

6. Ciptakan suasana belajar yang nyaman

Meski terlihat sederhana, menciptakan suasana belajar juga sangat bermanfaat untuk mengatasi rasa malas belajar. Cara menciptakan suasana belajar yang nyaman bagi setiap anak bisa berbeda-beda. Namun secara umum, suasana belajar yang nyaman dapat diciptakan dengan membersihkan meja belajar dari segala hal yang tidak mendukung proses pembelajaran. Selain itu, bila perlu, Kamu juga bisa menggunakan pelembab udara atau air humidifier agar udara ruangan menjadi lebih segar. Namun hal ini hanya bisa kamu terapkan saat kamu berada di sekolah dari rumah.

7. Belajar dengan teman

Terkadang tidak ada salahnya belajar bersama teman. Karena terkadang saat belajar bersama teman, kamu bisa lebih mudah memahami materi pelajaran dan terhindar dari rasa malas untuk belajar. Saat school from home atau sekolah dari rumah seperti sekarang ini kamu tetap bisa belajar bersama teman, caranya dengan menggunakan Zoom atau Google Hangout. Agar belajar bersama teman terasa lebih optimal, batasi jumlah teman yang ingin diajak belajar maksimal lima orang. Karena belajar dengan jumlah orang yang banyak justru dapat mengganggu proses konsentrasi belajar.

8. Belajar di kafe atau perpustakaan

Terkadang, tidak ada salahnya jika kamu mencoba mengubah suasana belajar dengan belajar di kafe atau perpustakaan di sekitar rumah. Karena hal ini dapat bermanfaat untuk menghilangkan rasa malas dan membuat pikiran menjadi lebih segar, sehingga secara tidak langsung juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas belajar.

9. Kerjakan tugas yang paling mudah terlebih dahulu

Jika kamu malas belajar padahal banyak pekerjaan yang harus dilakukan, maka yang harus kamu lakukan adalah mengerjakan tugas yang paling mudah terlebih dahulu. Karena hal ini biasanya akan memicu munculnya semangat belajar untuk belajar dan mengerjakan tugas lainnya.

Ternyata mengatasi malas belajar tidak sesulit yang dibayangkan. Oleh karena itu, mari kita mulai sekarang, coba terapkan beberapa cara di atas.