Kelebihan dan Kekurangan Setrika Uap Yang Perlu Kalian Ketahui Sebelum Membeli

Lifestyle88 Views

Kelebihan dan Kekurangan Setrika Uap Yang Perlu Kalian Ketahui Sebelum Membeli

majalahtren.com – Kelebihan dan Kekurangan Setrika Uap Yang Perlu Kalian Ketahui Sebelum Membeli. Menyetrika pakaian terbagi menjadi dua jenis yaitu biasa dan steam. Tentu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun dari berbagai kelebihannya, menyetrika dengan setrika uap justru bisa menghemat waktu kita.

Ya! Bagi kamu yang sering bepergian, setrika uap bisa menjadi barang yang paling membantu. Meski waktunya singkat, bukan berarti hasilnya mengecewakan. Namun, tentu saja kelebihan tersebut juga diimbangi dengan kekurangannya.

Kelebihan dan Kekurangan Setrika Uap

Nah, kali ini kita akan membahas satu persatu kelebihan dan kekurangan setrika uap.

Kelebihan dari Setrika Uap

Ada berbagai Kelebihan setrika uap yang bisa membantu kamu dalam merapikan pakaian, seperti berikut ini.

1. Hemat Waktu

Jika kamu tidak punya banyak waktu untuk menyetrika pakaian sebelum bepergian, maka menggunakan setrika uap adalah pilihan yang baik.

Soalnya, uap air yang dihasilkan bisa menghaluskan kerutan paling membandel dalam waktu singkat.

2. Aman

Keunggulan setrika uap selanjutnya adalah dapat mati secara otomatis sehingga pemakaiannya lebih aman. Ini dapat meminimalkan cedera jika setrika terlalu panas.

3. Hasil Terbaik

Ingin pakaian yang rapi, halus, dan terlihat profesional? Kemudian, kamu perlu menggunakan setrika uap. Soalnya, uap panas yang dihasilkan mampu melembabkan serat-serat pakaian dan membuatnya lebih mudah untuk ditekan.

Selain itu, uap juga tidak merusak elemen serat kain. Alhasil, serat akan tetap kencang dan hasil menyetrika bisa tetap rapi meski dipakai seharian.

4. Perawatan Mudah

Cara perawatan yang mudah juga menjadi kelebihan setrika uap yang bisa kamu dapatkan. Soalnya, kamu hanya membutuhkan kain microfiber untuk menyeka bagian luar setrika dan mengosongkan tangki air setiap habis digunakan.

Kekurangan Setrika Uap

Selain kelebihan, ternyata setrika uap juga memiliki beberapa kekurangan, seperti berikut ini.

1. Butuh Air Isi Ulang

Setrika uap menggunakan uap untuk menghaluskan pakaian. Oleh karena itu, kita harus sering mengisi air di dalam tangki secara berkala. Soalnya, jika tangki kehabisan air, setrika tidak bisa menghasilkan uap.

Apalagi jika tangkinya cukup kecil, kamu perlu mengisinya dengan air beberapa kali dalam proses menyetrika pakaian.

Namun, hal ini dapat diatasi dengan menyimpan wadah besar berisi air bersih di dekat setrika uap sehingga kamu dapat mengisi ulang dengan mudah.

2. Hanya Tersedia untuk Beberapa Bahan

Tidak seperti setrika biasa, setrika uap tidak dapat digunakan untuk semua jenis kain, terutama bahan berat seperti campuran wol dan poliester. Soalnya, uap yang dihasilkan tidak cukup untuk menghilangkan kusut pada kain yang berat.

Namun, jika kamu memiliki berbagai jenis kain ringan, seperti linen dan katun, maka setrika uap dapat membuat pakaian kamu halus sempurna.

Rekomendasi Setrika Uap Terbaik

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan setrika uap yang perlu kamu ketahui. Jadi makin tertarik untuk membelinya, bukan?

Kami telah merangkum beberapa rekomendasi setrika uap terbaik yang bisa kamu gunakan di rumah, sebagai berikut.

1. Setrika Uap Philips

Setrika uap merek Philips hadir dengan fitur uap yang dapat disesuaikan dengan jenis bahan pakaian dan memiliki alas anti lengket. Lalu, ada bagian semprotan dari depan agar volume uap air bisa maksimal.

2. Setrika Uap Lipat Genggam Salav

Ingin penggunaan setrika uap yang lebih ringkas? kamu dapat menggunakan jenis lipat dan genggam berikut. Setrika ini memiliki kapasitas tangki air 90 ml dengan fitur mati otomatis sehingga aman dari tingkat panas berlebih dan kebocoran air.

3. Setrika Uap Styromatic Ariete

Ariete menghadirkan alat setrika pakaian dengan 2 fungsi sekaligus, sebagai setrika uap dengan kapasitas tangki 0,6 liter atau tanpa uap. Tentu saja alasnya anti lengket dengan ujung yang sangat tipis sehingga bisa menjangkau sudut-sudut pakaian.

4. Setrika Uap Portabel Ariete

Jika kamu suka travelling, maka kamu bisa memilih setrika uap merk Ariete dengan tipe portable. Soalnya, alat ini terbuat dari plastik seberat 2,5 kg yang tinggal dimasukkan ke dalam koper atau tas.

Demikian pembahasan kali ini tentang kelebihan dan kekurangan setrika uap, semoga bermanfaat!