Pengertian Hewan Omnivora : Ciri-ciri dan Contohnya

Edukasi125 Views

Pengertian Hewan Omnivora : Ciri-ciri dan Contohnya

majalahtren.com – Pengertian Hewan Omnivora : Ciri-ciri dan Contohnya. Mengenai pengertian Hewan Omnivora, istilah hewan digolongkan ke dalam jenis makanannya, berikut beberapa contoh hewan omnivora yang beberapa di antaranya dapat kita temukan di lingkungan kita.

Di bumi ini terdapat banyak sekali jenis hewan yang hidup di berbagai tempat, mulai dari daratan, perairan hingga rawa-rawa. Setiap hewan digolongkan menjadi beberapa jenis, antara lain jenis makanannya, mulai dari pemakan daging yaitu karnivora, pemakan tumbuhan yaitu herbivora, pemakan serangga yaitu insektivora, dan hewan pemakan segala yaitu omnivora.

Pengertian Hewan Omnivora : Ciri-ciri dan Contohnya

Hewan Omnivora adalah jenis hewan yang memakan semua makanan, kata omnivora sendiri berasal dari bahasa latin “Omnis” yang berarti “Segalanya” dan kata “Vorare” yang berarti “Makan”. Jadi hewan omnivora bisa makan daging, rempah-rempah, biji-bijian, buah-buahan dan sebagainya untuk asupan makanannya.

Ominivora dalam rantai makanan dapat berupa predator tingkat pertama atau predator makanan tingkat ketiga. Jika kita amati bahwa di bumi terdapat banyak sekali jenis hewan omnivora, mulai dari yang hidup di darat, di air, hingga di darat dan di air.

Karena bisa memakan makanan apa saja, memakan hewan ini bisa bertahan dalam berbagai kondisi lingkungan selain herbivora dan karnivora. Meskipun asupan makanan adalah segalanya tetapi biasanya ada sesuatu yang menjadi makanan utama, misalnya biji-bijian.

Ciri-Ciri Hewan Omnivora

Adapun berikut ciri-ciri hewan omnivora yang harus kamu ketahui antara lainnya:

1. Mengkonsumsi berbagai jenis makanan

Omnivora memakan berbagai jenis makanan mulai dari daging, tumbuhan, biji-bijian, dan buah-buahan, sehingga inilah ciri utama yang membedakannya dengan jenis hewan lainnya.

2. Memiliki sistem pencernaan yang rumit

Sistem pencernaan omnivora tentu berbeda dengan karnivora dan herbivora, karena sistem pencernaan omnivora diperlukan untuk mencerna semua jenis makanan, dari daging hingga tumbuhan.

3. Struktur mulut dan gigi khusus

Biasanya hewan pemakan semua memiliki bentuk mulut seperti paruh yang dapat merobek berbagai makanan, atau ada juga yang memiliki gigi runcing di bagian depan dan gigi rata di bagian belakang untuk memudahkan mengunyah makanan.

4. Itu ada di berbagai spesies hewan

Hewan pemakan semua ada di berbagai spesies hewan, ada yang dari spesies mamalia, ada juga yang tidak. Demikian juga ada juga breed yang bertelur dan ada juga yang melahirkan.

5. Daya tahan yang kuat

Karena dapat memakan semua jenis makanan, omnivora juga berpotensi untuk bertahan hidup di berbagai kondisi lingkungan atau di berbagai kondisi habitat.

Contoh Hewan Omnivora

1. Ayam

Ayam merupakan burung pemakan segala yang berkembang biak dengan cara bertelur, dapat kita temukan di sekitar kita, dan termasuk hewan yang banyak dibudidayakan karena nilai ekonomisnya. Ayam termasuk unggas yang makanan utamanya adalah biji-bijian seperti nasi dan jagung, namun ayam juga terkadang suka memakan daun-daunan tumbuhan, hingga hewan kecil seperti serangga, dan cacing tanah.

2. Bebek

Sama seperti ayam, bebek termasuk dalam jenis unggas. Bebek bisa berenang di perairan karena kakinya berselaput dan bentuknya baru lebar. Bebek bisa memakan biji-bijian dan hewan kecil seperti serangga kecil hingga ikan kecil di dalam air. Bebek juga merupakan hewan yang memiliki nilai ekonomis, sehingga banyak masyarakat yang membudidayakannya.

3. Ikan Lele

Ikan lele merupakan salah satu contoh hewan omnivora yang memiliki nilai ekonomis dan sering dibudidayakan di Indonesia. Di perairan, lele bisa memakan apa saja, termasuk daun tanaman air, udang kecil, hingga hewan kecil seperti serangga air.

Ikan lele memiliki berbagai jenis mulai dari lele untuk konsumsi hingga jenis lele hias. Ikan ini memiliki daya tahan yang kuat untuk dapat hidup di berbagai kondisi perairan, sehingga ikan lele merupakan jenis ikan yang mudah untuk dibudidayakan.

4. Tupai

Tupai adalah mamalia yang lincah, hidup di pohon, dan bisa memakan segala jenis makanan. Tupai bisa memakan biji-bijian, buah-buahan, serangga kecil, telur burung, hingga kulit kayu. Tupai sulit ditangkap karena gerakannya yang lincah dan pemanjat pohon yang handal.

5. Kura-kura

Kura-kura dapat hidup di dua alam, yaitu di darat dan di air. Penyu adalah hewan pemakan segala yang dapat memakan tumbuhan air, hingga hewan kecil seperti ikan kecil atau udang kecil. Jika di darat kura-kura berjalan sangat lambat, tetapi di air menjadi perenang yang handal. Penyu memiliki cangkang atau tempurung yang keras sebagai tempat tinggal atau berteduh.

6. Burung Jalak

Jalak adalah burung yang termasuk dalam kelompok hewan omnivora. Burung ini bisa memakan apa saja mulai dari biji hingga serangga kecil. Jalak berukuran sedang, dengan paruh kokoh, kaki panjang, dan bisa bernyanyi.

7. Beruang Hitam

Beruang hitam adalah hewan omnivora, berukuran besar, memiliki cakar yang tajam Hewan ini liar dan berbahaya, tergolong agresif terhadap manusia. Habitat beruang hitam adalah di hutan dan bisa memakan apa saja termasuk tumbuhan dan hewan lain seperti ikan.

Jadi hewan omnivora adalah jenis hewan yang mampu memakan segala jenis makanan, mulai dari tumbuhan, biji-bijian, hingga daging. Semoga pembahasan ini bisa berguna dalam menambah wawasan, jika ada kesalahan saya mohon maaf, dan terima kasih.