Pengertian Matematika dan Kegunaannya dalam Kehidupan

Edukasi47 Views

Pengertian Matematika dan Kegunaannya dalam Kehidupan

majalahtren.com – Pengertian Matematika dan Kegunaannya dalam Kehidupan. Matematika adalah salah satu ilmu penting bagi kita. Padahal, hal tersebut sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa Matematika adalah pelajaran yang sulit.

Sejak SD bahkan sampai sekarang, Matematika merupakan mata pelajaran yang dibenci dan tidak disukai oleh banyak siswa karena harus menghitung angka, bahkan mencari hasil “X” sehingga mereka sudah pusing memikirkan hasilnya.

ternyata dengan Matematika kita sebenarnya bisa memecahkan misteri dunia, dan bisa mempelajari alam semesta beserta isinya. Matematika itu seperti kotak peralatan yang berisi seribu alat yang memiliki jutaan kegunaan.

Namun, tanpa pemahaman yang baik, seseorang mungkin akan menghadapi kesulitan dalam memecahkan banyak misteri Matematika. Matematika sebenarnya sederhana jika kita mau memahaminya dengan baik.

Walaupun terlihat sederhana, sebenarnya manusia membutuhkan waktu yang lama untuk memahami Matematika, sama seperti manusia purba yang tidak memahami matematika. Semuanya berawal ketika angka dan konsep menghitung tidak ada di kepala manusia.

Misalnya manusia pada zaman batu sekitar 35.000 tahun sebelum masehi, mereka mengamati fenomena alam di sekitarnya, seperti menghitung fase bulan untuk memahami perubahan musim. Kemudian, mencatat baris demi baris sehingga tercipta “aritmatika”.

Hitung

Aritmatika adalah ilmu bilangan atau teori bilangan yang mempelajari bilangan bulat. Seiring waktu, bangsa Sumeria mengganti garis dengan simbol numerik, yang digunakan untuk menghitung waktu.

Pada masa peradaban Mesopotamia, sistem penanggalan diciptakan berkat bangsa Sumeria yang menggunakan siklus 12 bulan dalam setahun. Setelah itu berkembang cabang ilmu Matematika lainnya, seperti “Geometri” yaitu ilmu yang mempelajari bentuk, ukuran, posisi, dan sifat-sifat ruang.

Seiring waktu, para ahli Yunani menciptakan konsep “logika” dalam Matematika yang menerapkan penalaran deduktif pada perhitungan. Salah satu pakar terkenal, Plato mencetuskan konsepnya dalam tiga dimensi.

Hingga akhirnya konsep-konsep berhitung lainnya mulai diciptakan, seperti aljabar, kalkulus, statistika, kombinatorik, probabilitas, dan lain sebagainya. Ini adalah rumus matematika yang telah kita pelajari selama ini.

Berkat Matematika dapat membantu bidang ilmu lain berkembang pesat dan manusia dapat menciptakan industri yang menjadi awal peradaban modern. Matematika memungkinkan manusia untuk mencatat, menghitung, dan mengukur apa saja.