Peralatan Penting Untuk Membuka Usaha Bakery

Bisnis84 Views

Peralatan Penting Untuk Membuka Usaha Bakery

majalahtren.com – Peralatan Penting Untuk Membuka Usaha Bakery. Dapat dikatakan bahwa usaha roti atau bakery merupakan salah satu usaha di bidang kuliner yang dapat memberikan banyak keuntungan dan memiliki potensi yang paling besar.

Hal ini terlihat dari data yang dikutip dari data statistik selama tahun 2014-2018 terjadi peningkatan konsumsi komoditas roti di masyarakat.

Maka tidak heran jika saat ini banyak bermunculan usaha bakery, nah untuk memanfaatkan perubahan pola konsumsi yang sedang terjadi dan mungkin kamu salah satu yang bisa memanfaatkan momen tersebut.

Jika iya, maka keputusan kamu sudah tepat, namun sebelum memulai usaha bakery ini tentunya banyak hal yang perlu kamu persiapkan dan salah satunya adalah peralatan untuk membuat bakery.

Selain mengambil keputusan yang tepat, kamu juga berada di tempat yang tepat karena pada artikel kali ini akan dibahas peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk memulai usaha bakery.

Dalam hal ini peralatan yang akan dibahas adalah peralatan yang paling optimal yang biasanya digunakan pada bisnis skala besar.

Namun bagi kamu yang ingin memulai dengan skala kecil tidak perlu khawatir karena kamu dapat mengurutkannya berdasarkan kebutuhan dan kemampuan modal.

Berikut ini beberapa alat pendukung bisnis bakery yang perlu kamu ketahui.

Berbagai Peralatan Bakery Penting untuk Dimiliki

1. Mixer

Mixer merupakan salah satu peralatan wajib untuk mengolah bahan roti menjadi adonan dan sangat umum ditemui di rumah.

Namun mixer yang umumnya ada di rumah jauh berbeda dengan mixer yang biasanya digunakan dalam skala industri dan perbedaan yang paling mencolok adalah pada kapasitas mixer dalam mengolah adonan.

Selain itu mixer juga terbagi menjadi tiga jenis yaitu planetary mixer, spiral mixer dan horizontal dough mixer yang akan kita bahas satu per satu dari segi pengertian dan penggunaannya.

Mixer

Mixer ini memiliki 3 jenis pengaduk utama yang memiliki kemampuan untuk membuat adonan halus, adonan halus dan adonan encer.

Kemampuan mengolah adonan dari mixer ini cukup besar karena mixer ini dapat membuat berbagai jenis bahan bakery seperti roti, donat, kue kering, cookies hingga jenis kue kering.

Pencampur spiral

Mixer jenis ini hanya memiliki satu jenis pengaduk yang khusus untuk membuat adonan kalis dengan mangkuk pengaduk yang berputar sehingga dapat membuat adonan menjadi rata.

Karena kemampuannya hanya membuat adonan yang halus, maka varian roti atau bakery yang bisa dihasilkan dari mixer jenis ini hanya terbatas pada roti manis, donat hingga bakpao.

Pengaduk adonan horizontal

Mixer jenis ini merupakan mixer yang diciptakan untuk membuat adonan skala industri dengan kemampuan kapasitas yang besar.

Adonan yang dihasilkan dari mixer ini halus dan sangat cocok digunakan pada usaha kue dan bakery.

2. Timbangan

Konsistensi cita rasa penting untuk semua jenis usaha yang berhubungan dengan bidang kuliner, termasuk usaha roti.

Tentunya menjaga konsistensi rasa bukanlah perkara mudah karena banyak faktor yang sangat mudah mengubah rasa dan yang paling krusial adalah mengubah takaran resep.

Tapi kamu bisa meminimalkan ini dengan menggunakan skala yang memberikan ukuran yang tepat dari konsistensi bahan yang kamu hasilkan.

Oleh karena itu penting bagi kamu untuk memiliki timbangan untuk usaha bakery kamu agar dapat menjaga konsistensi dan cita rasa terbaik bagi konsumen kamu.

3. Pemotong adonan

Sesuai dengan namanya, dough cutter memiliki fungsi untuk memotong adonan, selain itu alat ini juga berfungsi untuk mengangkat bagian adonan yang biasanya menempel pada bagian bawah mangkok mixer.

Walaupun memiliki kemampuan yang sederhana, namun alat yang satu ini tidak boleh kamu remehkan karena ketika jumlah adonan kamu bertambah banyak alat yang satu ini akan sangat membantu.

4. Pemipih adonan

Selain konsistensi soal rasa, hal lain dalam produk usaha bakery yang juga perlu konsistensi adalah soal ukuran dan bentuk.

Mengenai menjaga konsistensi rasa, kamu bisa menggunakan timbangan agar rasa produk tidak berubah, namun untuk menjaga konsistensi ukuran dan bentuk, kamu membutuhkan alat yang disebut dough sheeter.

Dough Sheeter adalah sebuah alat yang diciptakan dengan fungsi agar adonan yang kamu buat dapat menghasilkan konsistensi ketebalan yang sama.

5. Peralatan proofer roti

Setiap produk roti pasti mengandung ragi yang berfungsi untuk mengembang roti sehingga menghasilkan bentuk yang menarik dan tekstur yang lembut.

Namun proses pengembangan ini bukanlah proses yang mudah jika dilakukan secara manual, untungnya saat ini sudah ada alat bernama proofer dimana kamu bisa mengembangkan produk bakery kamu secara instan.

6. Lemari es (Kulkas)

Secara fungsi, alat ini tidak jauh berbeda dengan lemari es, namun fungsinya untuk menjaga kualitas bahan makanan yang rawan pembusukan akibat oksidasi.

Kulkas ini adalah alat yang sangat penting kamu miliki dalam usaha bakery kamu karena selain dapat menjaga kualitas bahan juga dapat kamu gunakan untuk menyimpan produk bakery kamu agar selalu fresh.

7. Loyang

Loyang adalah loyang yang berfungsi sebagai tatakan adonan roti yang akan kamu masukkan ke dalam oven.

Selain itu, loyang juga memiliki spesifikasi tertentu dengan berbagai bentuk yang umum dijumpai di pasaran yaitu bentuk loyang setengah lembaran, loyang kue bulat dan loyang muffin stander, loyang pie dan loyang loaf.

8. Oven

Alat yang terakhir merupakan alat yang sangat penting dalam proses pembuatan kue, alat ini memiliki fungsi untuk memanggang adonan.

Saat ini ada 3 jenis oven yang umum digunakan dalam industri bakery yaitu oven combi, oven konveksi dan oven baking yang akan kita bahas satu per satu.

Oven kombinasi

Oven Combi umumnya memiliki kapasitas yang besar dan dilengkapi dengan fitur proofer sehingga bisa dibilang ketika sudah memiliki oven jenis ini tidak perlu lagi memiliki proofer untuk mengembangkan kue.

Memiliki oven jenis ini tentunya akan menghemat pengeluaran modal yang kamu perlukan untuk memulai usaha bakery.

Oven konveksi

Oven konveksi merupakan hasil pengembangan dari oven pemanggang yang memiliki teknologi kipas internal sehingga dapat meratakan panas suhu pemanggangan dan hal ini membuat produk makanan olahan matang secara merata.

Selain memberikan panas yang merata, teknologi pada oven konveksi ini memungkinkan oven ini beroperasi pada suhu rendah sehingga lebih hemat dalam konsumsi daya, teknologi ini juga membuat waktu yang dibutuhkan untuk memasak makanan menjadi lebih cepat.

Oven kue

Oven jenis ini merupakan jenis oven yang paling banyak dijumpai di rumah-rumah dengan dua sekat yang dapat memasak dua jenis makanan sekaligus

Namun, meski memiliki fungsi yang sama dengan oven lainnya, oven jenis ini tidak akan efektif jika kamu peruntukkan untuk skala usaha bakery.