Wisata di Tuban untuk Tenangkan Diri, Nikmati Indahnya Alam di Bumi Wali

wisata42 Views

majalahtren.com – Wisata di Tuban untuk Tenangkan Diri, Nikmati Indahnya Alam di Bumi Wali. Wisata di Tuban barangkali bukan lumayan memperoleh perhatian yang lumayan berasal dari para pelancong. Padahal, kabupaten yang tersedia di Jawa timur ini mempunyai daerah wisata yang benar-benar latif dan layak untuk jadi tidak benar satu opsi liburan Kamu.

Tuban juga dikenal sebagai Bumi Wali, dikarenakan berlimpah makam para wali di sini. Bersama kata lain, sebagian area wisata di Tuban akan cocok bagi Kamu yang dambakan gaya wisata religi. Di sini Kamu sanggup mengenal lebih didalam tentang bagaimana peran para wali di dalam menyebarkan agama Islam di Nusantara.

Kalau Kamu berpikir bahwa sekedar tersebut saja yang dimiliki wisata di Tuban, Kamu keliru. Wisata di Tuban juga mempunyai tak terhitung pantai yang tak kalah indahnya. Tidak cuman tersebut, wisata di Tuban juga mempunyai tak terhitung air terjun yang masih amat asri.

Yang mengerti, kalau Kamu ingin ketenangan dan menjauh berasal dari hiruk-pikuk kota untuk pas sementara, wisata di Tuban mampu jadi pilihan menarik.

Wisata Pantai

1. Pantai Remen

Pantai Remen adalah tidak benar satu daerah wisata di Tuban yang terlalu populer. Pantai ini menawarkan pesona pasir putih di jalur pantai utara. Pantai ini berlokasi di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Hamparan pasir putih yang melingkar menjorok ke bahari memberi keunikan tersendiri berasal dari pantai ini. Pantai Remen baru diresmikan terhadap tahunan 2015 lalu. Pantai ini masih masih higienis dan alami dikarenakan dijaga dan dikelola secara berdikari oleh warga setempat.

2. Pantai Sowan

Pantai Sowan adalah tidak benar satu area wisata Tuban yang berlokasi di Bogoran, Bogorejo, Bancar, Tuban. Di tepi Pantai Sowan pun terdapat hutan yang luasnya mencapai 32 Hektar. Di pinggir pantai, pengunjung akan menemukan rimbunan pohon Mahoni, Jati, Akacia, Klampis, dan lainnya. Lokasinya berada di perbatasan antara provinsi Jawa Timur dan Jawa Sedang.
Pantai Sowan dikelola oleh Perhutani membuatnya nampak higienis dan terawat. Tak cuma pepohonan, di sini akan ditemukan fauna layaknya burung perkutut, Burung kutilang, Burung jalak, Burung gereja, Burung puyuh, Burung kakak tua putih, Burung trucukan, Musang, Trenggiling, sampai Biawak.

3. Pantai Kelapa

Disesuaikan namanya, di pantai ini terdapat deretan pohon kelapa yang melambai, seolah mengajak untuk bersantai. Pantai Kelapa terletak di Desa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.
Masih terbilang asri, tak sporadis pengunjung berkemah di tidak benar satu daerah wisata di Tuban ini. Sarana outbound layaknya flying fox juga ada di pantai ini. Area ini jadi andalan untuk rekreasi, berkumpul, atau sekadar bersantai di akhir pekan.
Wisata Pantai

4. Pantai Boom

Pantai Boom adalah keliru satu wisata di Tuban yang tak kalah populer dibandingkan pantai lainnya. Pantai Boom Tuban terletak di Kelurahan Kutorejo, Kabupaten Tuban. Akses ke pantai ini dapat dibilang gampang gara-gara lokasinya yang tak jauh berasal dari pusat kota Tuban yaitu di sebelah utara Alun-Alun Tuban.

Dulunya Pantai Boom adalah suatu pelabuhan antik di era kejayaan Kerajaan Majapahit. Pantai ini miliki jalan yang menjorok panjang ke bahari, menjadikannya daerah bersantai para pengunjung. Tak terhitung hal yang dapat dikerjakan di Pantai Boom ini. Tak hanya nikmati matahari terbit dan tenggelam, pengunjung juga sanggup memancing, dan juga berlayar di pantai mengenakan bahtera nelayan.

5. Pantai Cemara

Pantai Cemara adalah tidak benar satu daerah wisata di Tuban lainnya yang menjadi pilihan wisatawan. Di Pantai Cemara, pengunjung dapat nikmati hamparan pasir pantai bersama dengan hijaunya pohon cemara yang teduh. Tak hanya tersebut, di kawasan Pantai Cemara ini tersedia pusat mangrove yang bisa dikunjungi wisatawan. Menjadi pengunjung miliki berlimpah alternatif kunjungan di keliru satu wisata Tuban ini.

Pantai Cemara punyai struktur dangkal dan ombak yang nisbi tenang. Ini mengakibatkan pantai cemara menjadi pilihan cocok untuk bermain anak dan keluarga. Pantai Cemara berada di Jl. Tuban-Gresik, Sendang Harjo, Sugihwaras, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban.

Air Terjun

Wisata di Tuban untuk Tenangkan Diri, Nikmati Indahnya Alam di Bumi Wali

6. Air Terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip adalah wisata di Tuban yang bukan boleh Kamu lewatkan. Lokasinya berjarak kira-kira 37 km berasal dari Kota Tuban, tepatnya di Desa Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban.
Air terjun Nglirip miliki ketinggian lebih kurang 30 meter bersama dengan air yang terlalu deras. Terhadap musim kemarau airnya berwarna biru tosca yang terlampau latif. Bukan mengherankan bila wisata di Tuban ini begitu terkenal dan populer sebagai kunjungan wisata. Estetika dan kebugaran alamnya akan membuatmu tenang dan nyaman untuk liburan.

7. Air Terjun Gajahan

Air Terjun Gajahan berada di Ngulahan, Tambakboyo, Tuban. Untuk menuju lokasi Air Terjun Gajahan pengunjung harus menempuh perjalanan kurang lebih 37 kilometer atau 1 jam, perjalanan berasal dari pusat kota Tuban.
Air terjun ini miliki panorama bebatuan besar yang eksotis dan masih benar-benar asri. Air Terjun Gajahan dikelilingi hutan yang hijau bersama udara segar dan menenangkan.

8. Air Terjun Sanggrahan

Air Terjun Sanggrahan adalah wisata Tuban yang bagus dan populer. Air terjun ini berlokasi dekat bersama dengan Pemandian Air Hangat Nganget di Desa Kedung Jambe, Kecamatan Singgahan. Untuk mampu ke sini pengunjung kudu treking sebentar menyusuri sawah, semak dan juga pepohonan rindang.

9. Air Terjun Wukirharjo

Air Terjun Wukirharjo adalah wisata di Tuban yang berada di Wukirharjo, Parengan, Tuban. Akses menuju air terjun ini lumayan rumit, tapi akan terbayar kala menonton estetika air terjun bersama hijaunya pepohonan asri.
Air Terjun Wukirharjo dikelilingi tebing berwarna kuning bersama pepohonan hijau yang rimbun. Lokasinya bisa ditempuh tidak cukup lebih 1 jam atau 36 km berasal dari pusat kota Tuban. Meski sulit diakses, air terjun ini konsisten dikunjungi wisatawan yang hendak memirsa eksotisnya air terjun yang asri ini.

Air Terjun

10. Air Terjun Kedung Bonjor

Air Terjun Kedung Bonjor adalah wisata di Tuban yang terletak di Desa Jamprong, Kecamatan Kenduruan, Tuban. Air terjun ini bukan terlampau tinggi bersama dengan ketinggian 5 meter saja.
Air Terjun Kedung Bonjor dikelilingi oleh hutan yang masih terlalu sejuk dan segar. Kolam di air terjun ini amat cocok untuk mandi, berendam atau sekadar bermain air. Air Terjun Kedung Bonjor sering dijadikan daerah berfoto sebab latar belakangnya yang memesona.

11. Air Terjun Bongok

Air Terjun Bongok berada di lokasi terbilang memadai terpencil. Meski demikian, Air Terjun Bongkok punya keadaan yang tenang dan sunyi khas wisata alam. Di sini juga terdapat 2 air terjun. Di sini, pengunjung sanggup bermain air dan lebih-lebih mandi di alirannya. Pemandangan di sekitarnya bisa dinikmati bersama mengambil foto air terjun yang terlalu cantik.
Jalan ke wisata Tuban satu ini belum amat cukup, agar sebabkan pengunjung mesti berusaha sedikit untuk berletih-letih, sebelum mencapai Air terjun Bongok ini. Namun sehabis hingga, letihmu akan terbayarkan bersama panorama alam yang memesona.

12. Air Terjun Banyu Langse

Air Terjun Banyu Langse berada di Desa Boto, Kecamatan Semanding, Tuban. Air terjun ini menawarkan perpaduan panorama hijaunya pepohonan dan putihnya perbukitan kapur.
Air Terjun Banyu Langse berada tak jauh berasal dari pusat kota Tuban dan mempunyai akses yang enteng dijangkau. Di Air Terjun Banyu Langse, pengunjung sanggup nikmati 3 pemandangan air terjun sekaligus yang masih terlampau asri. Tingginya kira-kira 10 meter bersama kedalaman kolam tidak cukup lebih 5 meter.

Wisata Religi

13. Gerbang Kepiting Di Kelenteng Kwan Sing Bio

Kelenteng Kwan Sing Bio adalah wisata Tuban yang bagus dan populer yang memang tampak layaknya bangunan kelenteng terhadap umumnya. Didominasi rona merah, kuning dan hijau yang terang terhadap bangunannya bersama dengan tak terhitung hiasan Naga, lampion, dan lilin beragam ukuran. Pasti saja bau dupa dan hio yang senantiasa menguat berasal dari didalam kelenteng wisata Tuban yang bagus dan populer ini.

Kelenteng Kwan Sing Bio berada di Jalan Raya R.E. Martadinata, Tuban, Jawa Timur. Memadai gampang menuju ke wisata Tuban yang bagus dan populer ini gara-gara lokasinya yang berada di tepi jalan raya primer jalur Pantai Utara Jawa bersama dengan tak terhitung angkutan generik yang melintasinya.

14.  Makam Sunan Bonang

Siapa sih yang bukan kenal bersama dengan wali sanga? Wali songo merupakan sembilan ulama besar yang menyiarkan agama Islam di tanah Jawa. Di antara sembilan wali itu keliru satunya adalah Sunan Bonang yang dimakamkan di Tuban.
Makam Sunan Bonang berlokasi di Jalan KH Mustain, Kutorejo, Kabupaten Tuban. Semasa hidupnya, wali bersama dengan julukan orisinil &Nbsp;Raden Maulana Maqdum Ibrahim ini terkenal bersama metode dakwahnya yang mengenakan kesenian, layaknya pemakaian wayang dan gamelan.

15. Masjid Agung Tuban

Masjid Agung Tuban merupakan masjid kebanggaan penduduk Tuban yang sudah berdiri semenjak era pemerintahan bupati ketujuh Tuban, Adipati Raden Ario Tedjo.  Masjid ini jadi simbol kejayaan Islam di Bumi Wali sekaligus jadi daerah Sunan Bonang menyiarkan Agama Islam.
Masjid Agung Tuban berlokasi di pusat kota Tuban, tepatnya di sebelah barat Alun-Alun Tuban dan berdekatan bersama lokasi wisata religi makam Sunan Bonang.

Wisata religi

16. Kompleks Makam Syekh Maulana Ibrahim Asmoroqondi

Syekh Maulana Ibrahim Asmoroqondi merupakan ayah berasal dari Sunan Ampel sekaligus wali tertua di Pulau Jawa. Beliau berasal berasal dari Samarkand, Timur Sedang.

Nama Samarkand berubah jadi Asmoroqondi sebab orang Jawa sulit melafalkannya. Kurang lebih year 1362 Saka/1440 Masehi Syekh Ibrahim Asmoroqondi diperkirakan mampir ke Jawa untuk menyiarkan Agama Islam.
Kompleks Makam Syekh Maulana Ibrahim Asmoroqondi terletak di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palan, Kabupaten Tuban. Bukti-Bukti peninggalan beliau masih tersimpan rapi di kompleks makam itu.

Bukti-Bukti itu di antaranya tiga gapura paduraksa bersama pintu gapura yang terbuat berasal dari pecahan bahtera milik Syekh Asmoroqondi, mimbar untuk penyiaran agama islam, dan bedug yang terbuat berasal dari kulit lembu.
Tak hanya tersebut, juga terdapat suatu sumur yang diyakini bisa menyembuhkan penyakit dan mihrab lama yang masih terjaga keasliannya.

17. Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi

Berbeda bersama dengan masjid terhadap umumnya yang punya kubah menjulang tinggi, masjid Aschabul Kahfi terletak di bawah tanah atau di di dalam perut bumi. Masjid itu berlokasi di Jalan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.
Berasal dari luar, Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi semata-mata terlihat bagian gerbangnya saja dan semua bangunan berada di bawah tanah. Terhadap mulanya masjid itu memang berupa gua alami yang bukan terawat. Sampai selanjutnya KH Shubhan miliki ide kreatif untuk mengubah gua itu jadi area ibadah.