4 Cara Merawat Kucing Untuk Pemula, Buat Kamu Yang Pertama Kali Ingin Pelihara Kucing

Kucing121 Views

4 Cara Merawat Kucing Untuk Pemula, Buat Kamu Yang Pertama Kali Ingin Pelihara Kucing

majalahtren.com – 4 Cara Merawat Kucing Untuk Pemula, Buat Kamu Yang Pertama Kali Ingin Pelihara Kucing. Kucing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang paling banyak diminati. Siapa yang tidak gemas saat melihat anak-anak hewan ini yang tingkah lakunya terkadang lucu dan menyebalkan? Apalagi bergaul dengan mereka setelah bekerja atau setelah lelah beraktivitas seharian. Pasti menyenangkan dan tentunya bisa menghilangkan rasa lelah.

4 Cara Merawat Kucing Untuk Pemula

Namun, orang sering bingung ketika ingin memelihara kucing, apalagi bagi mereka yang belum pernah memiliki hewan peliharaan. Itu pasti menjadi masalah tersendiri. Padahal memelihara kucing sebenarnya tidak terlalu sulit, asal tahu tipsnya. Nah kali ini admin akan membagikan tips tentang 4 hal terpenting dalam cara merawat kucing untuk kalian yang baru pertama kali memelihara hewan ini di rumah, yuk disimak!

1. Pastikan untuk menyiapkan peralatan sebelum mengadopsi kucing

Sebelum mengadopsi kucing, hal utama yang harus dipersiapkan adalah perlengkapan untuk kucing tersebut. Misalnya, kandang atau shelter, kotak pasir, tempat makan dan minum, dan kargo hewan peliharaan. Ingat, jangan dibalik supaya kamu punya kucing dulu baru beli perlengkapannya.

Oh ya, pet cargo sebenarnya opsional, biasanya dibutuhkan untuk membawa kucing ke tempat grooming atau mandi. Tapi, kalau bisa mandi sendiri, yang penting punya sampo dan pengering rambut.

2. Jika Anda seorang pemula, pilihlah kucing yang bulunya tidak terlalu panjang, dan tentunya memiliki karakter yang jinak

Sangat penting bagi pemula untuk memilih jenis kucing yang akan dipelihara, karena memelihara kucing bukan hanya soal waktu dan pasti memiliki konsekuensi yang tinggi. Saya menyarankan Anda untuk memilih kucing yang bulunya tidak terlalu panjang karena akan memudahkan Anda dalam merawat diri sendiri.

Selain itu, jangan lupa untuk memilih kucing dengan karakter jinak. Ciri-cirinya seperti tenang saat dipegang, tidak lari kesana kemari ketakutan, dan tidak mengeluarkan suara menggeram saat didekati.

3. Jangan lupa siapkan obat-obatan esensial dan makanan yang sesuai untuk kucing Anda

Meski kucing yang Anda pilih terlihat sehat, jangan lupa untuk tetap memberinya obat secara teratur ya, mencegah lebih baik daripada mengobati. Hal lain yang harus diperhatikan adalah makanan kucing.

Memilih makanan untuk kucing sebenarnya tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu menyesuaikan dengan usia kucing Anda. Biasanya makanan yang dijual di pet shop memiliki deskripsi yang cocok untuk segala usia. Dan yang terpenting, sesuaikan juga dengan keuangan Anda!

4. Jika semuanya sudah dipersiapkan dengan baik, sering-seringlah mengajak kucing Anda bermain agar tidak stres

Mengajak hewan peliharaan untuk berinteraksi merupakan salah satu hal penting agar kucing Anda tetap merasa disayang oleh pemiliknya. Anda bisa memberinya makan langsung dengan tangan sambil memanggil namanya sambil mengelus kepalanya, atau jika memungkinkan Anda juga bisa mengajaknya jalan-jalan atau membiarkannya tidur di samping Anda.

Perlu diperhatikan juga bahwa jika kucing bukan hewan yang nyaman dikurung terus menerus di dalam kandang, Anda perlu mengeluarkannya agar bisa bergerak bebas. Nanti kalau sudah terbiasa, walaupun dilepas di luar kandang juga tidak akan kemana-mana, jadi anda tidak perlu khawatir kucing anda hilang.

Itulah 4 hal terpenting yang perlu Anda ketahui sebelum merawatnya, ternyata tidak sulit kok.