Cara Memberi Susu pada Anak Kucing, Simak Penjelasannya

Kucing87 Views

Cara Memberi Susu pada Anak Kucing, Simak Penjelasannya

majalahtren.com – Cara Memberi Susu pada Anak Kucing, Simak Penjelasannya. Anak kucing membutuhkan lebih dari sekedar makanan dan tempat tinggal. Jika Anda merawatnya sejak kecil (kitten), kucing juga membutuhkan nutrisi dari susu. Catlovers, yuk simak cara memberi susu pada anak kucing.

Anak kucing yang masih membutuhkan susu tambahan biasanya berusia kurang dari empat hingga enam minggu atau sekitar satu hingga satu setengah bulan. Anak kucing di usia ini sebenarnya bisa diberikan makanan lain.

Namun, karena di alam kucing juga disusui oleh induknya, Anda juga bisa memberikan asupan yang sama.

Cara Memberi Susu pada Anak Kucing

Susu yang diberikan kepada anak kucing merupakan susu formula khusus untuk kucing. Cara pemberiannya bisa dilakukan dengan menggunakan dot. Pemberian susu formula bisa dilakukan sampai usia dua bulan.

Seiring bertambahnya usia kucing, formula yang diberikan dapat ditambahkan dalam bentuk campuran makanan untuk anak kucing.

Penting untuk memilih jenis susu yang diberikan kepada meong. Pilihan susu formula atau susu kambing menjadi alternatif. Kedua jenis susu ini dipilih karena tidak mengandung laktosa. Susu sapi sebaiknya dihindari untuk diberikan kepada kucing karena mengandung laktosa yang tidak dapat dicerna oleh kucing.

Sebelum diberikan dengan dot, susu yang dipilih dilarutkan dalam air. Gunakan air hangat agar kucing lebih nyaman saat mengkonsumsinya. Suhu yang biasa digunakan untuk melarutkan susu berkisar antara 35-38 derajat Celcius.

Sebelum diberikan kepada si Kecil, sebaiknya suhu susu diukur menggunakan telapak tangan. Jatuhkan susu dari dot ke tangan Anda dan rasakan suhunya. Pastikan suhu susu tidak terlalu panas.

Susu yang terlalu panas bisa berbahaya bagi kucing. Apalagi kucing yang mengkonsumsinya masih kecil dan sensitif terhadap panas.

Cara memberikan susu pada kucing adalah dengan mengarahkan dot ke dalam mulut kucing. Kucing juga akan minum susu.

Ternyata tidak sulit bukan untuk memberikan susu pada kucing? Meski sepele, asupan ini sangat penting untuk pertumbuhannya, lho. Jangan lupa disapih sambil latihan makan makanan kucing sesuai umurnya ya.