5 Daerah Penghasil Ikan Terbesar di Indonesia

Info, wisata84 Views

5 Daerah Penghasil Ikan Terbesar di Indonesia

majalahtren.com – 5 Daerah Penghasil Ikan Terbesar di Indonesia. Ada 5 daerah penghasil ikan terbesar di Indonesia. Indonesia adalah negara maritim karena sebagian besar wilayahnya terdiri dari laut. Karena laut yang luas di Indonesia, tidak mengherankan bahwa Indonesia dikenal sebagai negara penghasil ikan terbesar kedua di dunia setelah Cina.

Namun perlu diingat, tidak semua wilayah Indonesia adalah dasar dari produksi perikanan nasional. Meski begitu, ada beberapa area yang memiliki pendapatan ikan terbesar.

Jadi, daerah mana di Indonesia dengan pendapatan ikan terbesar? Untuk mengetahui jawabannya, pertimbangkan ulasan berikut.

Kota Tegal

Kota Tegal adalah kota di Jawa Tengah yang mampu menghasilkan banyak ikan. Alasannya, Tegal terletak di dekat Laut Jawa dan sangat wajar bahwa ada banyak produksi ikan.

Setiap tahun, nelayan di kota Tegal dapat menangkap ikan hingga 1.400 ton. Sayangnya, jumlah tangkapan ikan yang tidak sebanding dengan konsumen di wilayah tersebut. Jadi, secara bertahap banyak nelayan di wilayah Tegal memutuskan untuk pensiun karena tangkapan yang kadang – kadang tidak menghasilkan rupiah yang sepadan.

Meski begitu, Tegal tetap menjadi area yang mampu menghasilkan banyak ikan di Indonesia.

Kota Cilacap

Masih di Jawa Tengah, kota Cilacap adalah kota kedua dalam daftar ikan terbesar yang berproduksi di Indonesia. Kota Cilacap adalah kota yang mampu menghasilkan banyak ikan baik dari air laut dan air tawar.

Tangkapan laut terbesar adalah Skipjack and Squid. Setiap bulan, nelayan di Cilacap dapat menangkap ikan dengan 90 ton.

Muncar, Banyuwangi

Salah satu daerah penghasil ikan terbesar di Indonesia adalah di provinsi Jawa Timur, lebih tepatnya di Muncar, Banyuwangi. Muncar dapat menghasilkan ikan dalam jumlah besar, termasuk pertemuan dari Laut India dan Samudra Hindia.

Meskipun selama bulan purnama para nelayan biasanya berhenti pergi ke laut selama 7 hingga 10 hari, tangkapannya cukup fantastis. Nelayan dapat menangkap ikan hingga 20 ribu ton per tahun. Muncar juga memiliki tempat lelang ikan di mana lelang adalah yang terbesar di Indonesia.

Kepulauan Riau

Riau termasuk dalam wilayah Indonesia yang mampu menghasilkan ikan dalam jumlah besar. Mayoritas tangkapan ikan nelayan Riau diekspor ke beberapa negara seperti Malaysia, Taiwan, Cina, Thailand dan Vietnam. Jenis ikan yang diekspor seperti ikan arowana dan ikan yang dikonsumsi setiap hari.

Nusa Tenggara Timur

East Nusa Tenggara (NTT), termasuk Indonesia timur, dapat menghasilkan beberapa jenis ikan segar yang dikonsumsi oleh masyarakat. Mayoritas ikan yang ditangkap diekspor ke berbagai negara tetangga.

Para nelayan NTT umumnya menangkap makanan laut seperti udang, kakap putih, mackerel, dan tiram. Selain ikan, ada juga nelayan NTT yang masih ingin juga mengolah rumput laut.