5 Jenis Kopi Terbaik Indonesia yang Mendunia, Rasa Internasional

Info81 Views

5 Jenis Kopi Terbaik Indonesia yang Mendunia, Rasa Internasional

majalahtren.com – Jenis Kopi Terbaik Indonesia yang Mendunia, Rasa Internasional. Kopi adalah jenis minuman yang populer di seluruh dunia. Di Indonesia saja, hari para penikmat kopi meningkat.

Ini dapat dilihat dari banyak bisnis kedai kopi yang dibuka di berbagai kota dan daerah. Bahkan, dalam beberapa waktu terakhir ini populer dengan minuman gula aren yang dinikmati oleh banyak anak muda saat ini.

Indonesia sendiri dimasukkan sebagai salah satu negara penghasil biji kopi terbesar di dunia. Bahkan berdasarkan data dari Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO), pada 2017 – 2018 Indonesia dicatat sebagai produsen biji kopi terbesar keempat, setelah Brasil, Vietnam dan Columbia.

Iklim tropis yang dimiliki oleh Negara Bagian Indonesia memberikan manfaatnya sendiri dalam hal produksi kopi. Ini karena tanaman kopi sangat cocok untuk ditanam di iklim tropis, justru di daerah tropis utara dan selatan khatulistiwa (23 derajat utara dan 23 derajat selatan).

Produksi kopi di Indonesia tersebar di berbagai daerah, dari Sabang ke Merauke. Kopi yang diproduksi di daerah ini memiliki rasa khas yang merupakan keuntungan dari masing -masing daerah penghasil. Beberapa jenis kopi dari petani Indonesia sudah dikenal di dunia.

Ringkas dari beberapa sumber, berikut adalah beberapa jenis kopi terbaik dari Indonesia yang memiliki seluruh dunia.

1. Kopi Gayo Aceh Arabika

Aceh adalah salah satu biji kopi terbaik di Indonesia, yaitu Gayo Coffee. Bernama Gayo Coffee, karena kopi ini ditanam di Dataran Tinggi Gayo yang memiliki ketinggian 1.200-1700 meter di atas permukaan laut.

Kopi dari Aceh ini memiliki tekstur berair dan tidak terlalu tebal dengan rasa asam yang tepat. Kopi ini sangat cocok untuk dinikmati untuk penggemar kopi yang tidak terlalu suka kopi dengan rasa asam.

Kopi Gayo disajikan dengan cara tradisional yang menarik. Jika kopi lain dibuat dengan menyeduh, kopi jenis ini sebenarnya direbus dalam wajan sampai mendidih, kemudian disajikan menjadi gelas yang telah diisi dengan gula dan susu.

2. Kopi Arabika Kintamani

Seperti namanya, kopi Arabika Kintamani berasal dari wilayah Bali. Kopi ini memiliki rasa yang unik, yaitu rasa asam dan segar dari buah -buahan adalah merek dagangnya.

Kopi Kintamani Arabika memiliki ketebalan moderat dan rasa ringan dan lembut. Saat ini, negara -negara Jepang, Arab dan Eropa adalah tujuan utama untuk ekspor kopi Bali ini.

3. Kopi Toraja Arabika

Toraja Coffee adalah salah satu kopi yang telah diketahui oleh komunitas dunia. Jepang dan Amerika adalah dua negara yang telah menjadi pelanggan utama ekspor kopi Toraja.

Fitur khas Toraja Coffee adalah bahwa rasa pahit hanya terasa ketika kopi menelan dan akan hilang setelah itu tanpa meninggalkan tanda atau setelah efek rasa. Kopi yang tumbuh di daerah Sulawesi memiliki rasa bumi, yang merupakan sensasi tanah atau rasa hutan dan rasa asam rendah.

4. Arabica coffee java ijen raung

Kopi Arabika Jawa Ijen Raung tidak lain adalah kopi yang diproduksi oleh petani di daerah Jawa Timur. Jenis kopi ini memiliki karakteristik unik bahwa ada rasa yang sedikit pedas dengan aroma bunga hutan.

Awalnya jenis kopi yang khas dari area Bondowoso pertama kali diekspor pada 2011 hanya satu wadah. Tetapi semakin bertahun -tahun, penggemar kopi dengan sedikit rasa pedas meningkat. Bahkan pada tahun 2016, Indonesia telah mengekspor sebanyak 43 wadah yang setara dengan lebih dari 800 ton biji kopi.

5. Liberika Kopi Rangsang Meranti

Liberika Rangsang Meranti Coffee adalah jenis kopi yang berasal dari kota Riau. Kopi ini sangat populer di Malaysia dan Singapura. Bahkan, kedua negara ini adalah pelanggan utama dari jenis ekspor kopi ini.