Ini Dia 5 Cara Membedakan BPKB Asli dan Palsu

Info89 Views

Ini Dia 5 Cara Membedakan BPKB Asli dan Palsu

majalahtren.com – Ini Dia 5 Cara Membedakan BPKB Asli dan Palsu. Mereka yang memiliki rencana untuk membeli dan menjual kendaraan bekas, harus memiliki lebih banyak pengetahuan tentang dokumen kendaraan seperti STNK (sertifikat pendaftaran kendaraan), BPKB (buku pemilik kendaraan bermotor) dan pembelian faktur.

Banyak kasus yang terjadi adalah BPKB palsu. Karena kecenderungan orang saat membeli mobil atau sepeda motor bekas, hanya melihat pendaftaran kendaraan dan fisik, terlepas dari BPKB.

Bahkan, ada kasus sejumlah madapah yang juga tertipu ratusan juta karena BPKB palsu.

Korlantas Polri memberikan tips untuk deteksi keaslian BPKB. Menurut kepala subdivisi polisi Korlantas Kombes Pol Priyanto, yang dilaporkan oleh ntmcpolri.info, ada lima cara mudah untuk mengetahui BPKB mana yang asli dan palsu.

1. Lihat bahan atau material pada penutup BPKB

BPKB asli memiliki penutup yang lebih mengkilap, sedangkan yang palsu lebih membosankan dan agak buram.

2. Kedua hologram yang tercantum pada halaman awal

Dalam BPKB asli ketika warnanya diimpikan warna tidak akan berubah agar tetap abu -abu, sedangkan yang palsu akan menjadi kuning.

3. Lihat dari nomor seri yang terletak tepat di bawah hologram

Nomor seri ini berfungsi untuk membedakan domisili pemilik kendaraan, tetapi hanya untuk detailnya di Korlantas dan tidak dapat dipublikasikan.

4. Perhatikan identitas pemilik kendaraan

Dalam BPKB palsu yang hanya diubah data kendaraan, sedangkan pemilik kendaraan tidak.

5. ada di halaman-14

Menurut, Priyanto, BPKB asli akan dilihat oleh simbol Korlantas ketika diterangi dengan ultraviolet. Saat disentuh, tekstur kertas akan terasa kasar karena logo Korlantas dicetak.