5 Pantangan Tahun Baru Imlek yang Tidak Boleh Kamu Lakukan, Salah Satunya Membersihkan Rumah

Lifestyle18 Views

5 Pantangan Tahun Baru Imlek yang Tidak Boleh Kamu Lakukan, Salah Satunya Membersihkan Rumah

majalahtren.com – 5 Pantangan Tahun Baru Imlek yang Tidak Boleh Kamu Lakukan, Salah Satunya Membersihkan Rumah. Menjelang Imlek atau dikenal dengan Tahun Baru Imlek yang jatuh pada tanggal 22 Januari, warga Tionghoa biasanya melakukan berbagai acara. Dalam kesempatan tersebut, sejumlah agenda menarik dilakukan, mulai dari mendekorasi rumah dengan pernak-pernik Imlek, hingga menyiapkan hidangan spesial. Perayaan ini biasanya juga dilakukan sebagai tempat berkumpulnya keluarga.

Imlek digunakan untuk berkumpul bersama orang-orang tersayang. Selain hingar bingar perayaan, ritual Imlek identik dengan sejumlah tradisi dan pantangan.

1. Membersihkan Rumah

Salah satu pantangan saat Imlek yang harus kamu hindari adalah menyapu atau membersihkan rumah. Pasalnya, membersihkan rumah atau membuang sampah dikaitkan dengan “menyapu kemakmuran dan keberuntungan”.

Hal ini membuat banyak orang Tionghoa yang menyambut tahun baru Imlek membersihkan rumah sebelum merayakan tahun baru. Untuk menghindari kegiatan ini, semua alat kebersihan rumah tangga harus disembunyikan sebelum tahun baru. Pasalnya, keberadaan alat kebersihan rumah tangga bisa menyapu bersih kemakmuran seseorang.

Meski begitu, membersihkan rumah diperbolehkan sehari setelah perayaan Imlek, asalkan sampah yang terkumpul tidak melewati pintu depan rumah. Sebab, jika melanggar pantangan ini diyakini bisa mengakibatkan kematian salah satu anggota keluarga.

2. Dilarang keramas

Mencuci atau mencuci rambut tidak diperbolehkan pada hari pertama Tahun Baru Imlek. Dalam bahasa Tionghoa, rambut memiliki lafal yang mirip dengan kata “Fa” yaitu “menjadi kaya”. Jadi, keramas di tahun baru dikaitkan dengan pembersihan keberuntungan.

Selain itu, mencuci baju juga menjadi salah satu pantangan saat Imlek. Kegiatan ini sebaiknya tidak dilakukan pada hari pertama atau kedua tahun baru. Pasalnya, dua hari tersebut dianggap sebagai hari kelahiran Shishen, Dewa Air.

3. Dilarang Menagih Utang

Perayaan Imlek harus dirayakan dengan suka cita. Oleh karena itu, kebiasaan meminjam dan menagih hutang tidak diperbolehkan. Dengan begitu, memungkinkan semua orang untuk merayakannya tanpa khawatir. Di sisi lain, menuntut pelunasan utang dianggap membawa sial bagi kedua belah pihak. Jadi kegiatan meminjam atau memungut hutan tidak boleh dilakukan pada saat perayaan Imlek.

4. Tidak diperbolehkan memberikan hadiah

Ada beberapa hal yang tabu untuk diberikan saat Imlek, seperti memberikan jam dan payung. Dalam bahasa Mandarin, “memberi jam” mirip pengucapannya dengan “berkabung”. Selain itu, kamu juga tidak diperbolehkan memberikan payung karena dipercaya dapat menarik roh jahat yang dapat mengganggu.

5. Tidak diperbolehkan jual beli buku

Pantangan lainnya, yaitu tidak diperbolehkannya jual beli buku. Konon, book memiliki lafal yang sama dengan kata lose. Oleh karena itu, jual beli buku dikaitkan dengan kehilangan keberuntungan sepanjang tahun.