5 Tips Membeli Saham IPO

Bisnis4 Views

5 Tips Membeli Saham IPO

majalahtren.com – 5 Tips Membeli Saham IPO. IPO atau Initial Public Offering merupakan momentum dimana perusahaan swasta menjadi perusahaan publik. IPO adalah istilah yang biasa digunakan ketika sebuah perusahaan atau emiten menawarkan dan menjual efek yang telah dikeluarkannya dalam bentuk saham kepada masyarakat luas. Sebelum loe memilih dan membeli saham IPO, perhatikan tips berikut ini.

1. Cek Prospektus

Sebagai saham baru di bursa, cara pertama untuk mengamati saham adalah dengan melihat prospektus. Prospektus saham harus diterbitkan oleh perusahaan yang ingin tercatat di bursa. Dalam prospektus, loe dapat mengamati apakah saham tersebut berpotensi untuk dikoleksi dalam jangka waktu tertentu atau tidak.

2. Cek Laporan Keuangan

loe juga harus memeriksa laporan keuangan perusahaan, untuk melihat kinerja keuangannya. Perusahaan yang laporan keuangannya sehat atau tidak, tentunya bisa menjadi pertimbangan loe untuk membeli sahamnya.

3. Mengenal Bisnis Emiten IPO

Sebelum memilih dan membeli saham IPO, kenali dulu dan pahami bisnis emiten. Misalnya, jika saham IPO berada di sektor yang berpotensi dan rentan terhadap masalah ekonomi nasional dan dunia, loe bisa memilih saham tersebut.

4. Perhatikan Tren Saham

Menurut catatan di bursa, beberapa saham IPO dengan fundamental bagus bisa turun karena listing saat tren pasar negatif. Oleh karena itu, loe harus hati-hati memantau tren pasar yang akan mempengaruhi penawaran dan pembelian.

5. Periksa Rekam Jejak Penjamin Emisi

loe juga perlu memeriksa track record kinerja underwriter atau penjamin emisi. Penjamin emisi dapat membantu loe menganalisis dan memberikan rekomendasi tentang saham perusahaan dengan menerbitkan laporan yang telah disiapkan oleh tim penjamin emisi. Hal ini diperlukan mengingat underwriter memiliki peran penting dalam proses IPO

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal Rp 100.000 untuk pendaftar baru menggunakan kode CORCOMMBLOG. Pendanaan di Akseleran P2P Lending juga sangat aman karena lebih dari 98% dari nilai portofolio pinjaman memiliki jaminan. Sehingga dapat mengurangi tingkat resiko yang ada. Akselerasi juga telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang loe lakukan lebih aman dan terjamin.