6 Alasan Mengapa Seseorang Lebih Cepat Beruban di Usia Muda

Lifestyle92 Views

6 Alasan Mengapa Seseorang Lebih Cepat Beruban di Usia Muda

majalahtren.com – 6 Alasan Mengapa Seseorang Lebih Cepat Beruban di Usia Muda. Rambut beruban adalah masalah umum bagi orang-orang di semua kelompok umur. Ada suatu masa ketika rambut beruban hanya muncul setelah usia tertentu tetapi di masa lalu tetapi saat ini bahkan remaja pun dapat mengalami masalah ini.

Tapi kenapa rambut bisa beruban sebelum tua? Penasaran? Berikut beberapa alasannya, yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Polusi

Racun lingkungan dapat menyebabkan rambut beruban lebih cepat. Polutan di lingkungan menghasilkan radikal bebas yang merusak melanin dan meningkatkan laju penuaan rambut.

menekankan

Ya, jika Anda sedang mengalami banyak stres, kemungkinan besar rambut Anda akan beruban di usia yang lebih muda. Stres mempercepat kepadatan genetik dan akibatnya mengubah warna rambut. Cobalah untuk mengelola stres jika Anda ingin warna rambut Anda tetap sama.

Merokok

Bahkan perokok pasif pun bisa mengembangkan rambut beruban. Merokok dapat memengaruhi warna rambut Anda. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2013, perokok 2,5 kali lebih mungkin menjadi kurus. Ini adalah alasan lain untuk berhenti merokok.

Perubahan Hormon

Perubahan hormon adalah alasan lain mengapa rambut menjadi abu-abu. Rambut bisa kehilangan tekstur, kerapatan, dan warna seiring waktu karena perubahan hormonal. Prosesnya biasanya dimulai saat Anda berusia 30 tahun dan Anda bisa melihat perbedaan nyata pada warna rambut Anda.

Kurang gizi

Jika Anda tidak memasukkan semua nutrisi penting dalam diet Anda maka rambut Anda mungkin mulai beruban di usia muda. Kadar vitamin B12 yang rendah dapat menyebabkan rambut kering, menipis, dan beruban prematur.

Kondisi medis

Beberapa penyakit autoimun juga bisa membuat rambut beruban. Penyakit autoimun menyerang sel-sel dalam tubuh dan menyebabkan uban prematur.

Orang tuamu menjadi abu-abu lebih awal
Salah satu alasan mengapa rambut Anda beruban adalah karena orang tua Anda beruban lebih awal. Terkadang warna rambut Anda berubah tergantung pada gen Anda.