Masa Hidup Umur Kucing Yang Perlu Diketahui

Orang-orang yang hoby memelihara kucing di rumah pastinya bertanya-tanya, berapa sih umur kucing itu paling lama ?.

Anda pastinya menginginkan kucing anda memiliki umur yang panjang. Sama seperti manusia, kucing juga memiliki masa-masanya seperti masa kanak-kanak, masa muda dan masa tua.

Semua makhluk hidup di atas bumi ini umurnya sudah di tentukan oleh Allah, ada makhluk hidup yang memiliki umur yang pendek dan juga ada makhluk hidup yang memiliki umur yang panjang bahkan sampai ribuan tahun, begitu juga dengan kucing.

Umur Kucing

Perlu anda ketahui bahwa masa umur setiap kucing juga berbeda-beda, seperti umur kucing persia dan umur kucing anggora, kedua nya memiliki umur maksimal yang berbeda.

Namun banyak faktor yang memperngaruhi umur si kucing, seperti faktor lingkungan, pola makan dan kesehatannya.

Umur Kucing Persia

Kucing Persia Lama Hidup Hingga Berapa Tahun ?

Pertanyaan seperti ini seringkali muncul ketika kita memelihara atau sedang ingin mengadopsi kucing persia, ya jangan sampai kita mengadopsi kucing persia yang umur kehidupannya tidak lama lagi.

Lama Kucing persia hidup 12 hingga 20 tahun dari semenjak dia lahir, namun semua itu tergantung bagaimana cara anda merawat kucing persia tersebut.

90% kucing persia di dunia sudah ada pemiliknya, hanya sedikit sekali kucing persia yang hidup di alam bebas, meskipun ada, itu hanyalah kucing persia medium.

Rata-rata umur kucing persia bisa hidup hingga 18 tahun, rata-rata ini sudah termasuk umur kucing persia medium yang di rawat dengan baik.

Umur Kucing Anggora

Berapa lama kucing anggora bertahan hidup ?

Sama seperti kucing persia, umur kucing anggora bisa lebih lama dibandingkan dengan kucing domestik atau kucing kampung, yaitu bisa mencapai 20 tahun, asalkan tidak ada sakit yang serius.

Tapi kami tekankan lagi ya, berapa lama umur kucing anggora juga tidak lepas dari cara anda merawatnya.

Umur Kucing Kampung

Rata-rata umur hidup kucing kampung yang jantan sekitar 15 tahun dan kucing betina lebih dari 1 hingga 2 tahun dari masa hidup kucing kampung jantan.

Umur kucing kampung tersebut adalah umur jika kucing dirawat dengan baik dan diberi makan yang cukup, jika kucing kampung liar atau tidak ada pemiliknya mungkin umur kucing kampung tersebut hanya maksimal 4 sampai 6 tahun saja.

Cara Melihat Dan Menghitung Umur Kucing

Saat kita mengadopsi kucing biasanya kita mendapatkan informasi kelahiran kucing dari pemilik kucing yang sebelumnya sehingga kita mengeahui berapa umur kucing tersebut.

Penentuan umur kucing ini sangat penting sekali untuk jenis pakan apa yang cocok untuk di makan oleh kucing tersebut ataupun pemberian perawatan lainnya.

Untuk melihat umur kucing itu ada beberapa cara, yaitu sebagai berikut :

  1. Dilihat Dari Gigi – Gigi Kucing Akan Tumbuh Ketika Ia Berumur Lebih Dari 2 Minggu, gigi yang tumbuh adalah gigi susu, sedangkan pada umur 3 sampai 4 minggu gigi yang tumbuh adalah gigi taring dan pada umur 2 bulan seluruh gigi susu sudah tumbuh semua. Gigi kucing akan tumbuh dengan sempurna pada saat dia berumur 7 bulan
  2. Dilihat Dari Telinga – Ketika kucing masih memiliki telingan yang terkulai, itu menandakan umur kucing tersebut tidak lebih dari 2 minggu
  3. Dari Birahi Kucing – Kucing yang sudah memiliki berahi ketika dia sudah berumur 5 bulan ke atas
  4. Dari Mata – Kucing yang sudah berumur lebih dari 5 tahun maka warna matanya akan berubah menjadi sedikit berwarna abu-abu

Semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat, oh ya, kami juga pernah membahas fakta mengenai kucing oren, mungkin berguna untuk anda yang penasaran mengenai kucing yang berwarna oren tersebut.

FAQ Seputar Umur Kucing

Kucing Paling Lama Hidup Berapa Tahun ?

Kucing mampu bertahan hidup hingga 22 tahun paling lama, tentunya jika dia di rawat dengan baik dan tidak sakit.