7 Tips Memilih Kompor Gas yang Tepat Untuk Dapur Kamu, Yang Harus Kalian Ketahui Sebelum Membeli

Rumah86 Views

7 Tips Memilih Kompor Gas yang Tepat Untuk Dapur Kamu, Yang Harus Kalian Ketahui Sebelum Membeli

majalahtren.com – 7 Tips Memilih Kompor Gas yang Tepat Untuk Dapur Kamu, Yang Harus Kalian Ketahui Sebelum Membeli. Kompor gas adalah alat memasak yang mengeluarkan api dari tungku dengan menggunakan bahan bakar gas. Untuk itu, menggunakan kompor gas tidak boleh sembarangan. Nah, kali ini kami punya tips memilih kompor gas yang tepat untuk rumah Anda.

7 Tips Memilih Kompor Gas yang Tepat Untuk Dapur Kamu

Soalnya kalau kita salah pilih, kompor yang kita beli malah bisa cepat rusak dan bisa berbahaya saat digunakan. Tentunya kita ingin menggunakan peralatan masak yang aman dan tahan lama bukan?

Lantas, bagaimana cara memilih kompor gas?

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membeli kompor gas untuk rumah Anda. Apakah mereka?

1. Perhatikan ukuran kompor

Tips pertama pada kompor gas adalah memperhatikan ukurannya. Soalnya, ukuran kompor gas atau tanam yang tepat bisa mempengaruhi kenyamanan saat memasak.

Pastikan ukuran kompor gas sesuai dengan meja dan area dapur. Untuk dapur kecil, Anda bisa menggunakan kompor dengan dimensi 30 cm atau satu kompor.

Sedangkan untuk dapur yang luas, kompor ukuran 70 cm atau dua tungku bisa menjadi pilihan yang tepat. Berikut rekomendasi kompor gas satu tungku dan dua tungku yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan Memasak

Fungsi kompor gas adalah untuk memasak berbagai jenis makanan. Umumnya jenis kompor gas cukup beragam, mulai dari satu tungku, dua tungku, empat tungku, hingga berdiri bebas yang dilengkapi dengan oven.

Jadi pastikan Anda membeli kompor sesuai dengan kebutuhan memasak Anda. Jika Anda jarang memasak, maka pilihlah kompor gas dua tungku. Jika Anda selalu memasak setiap hari, maka Anda bisa menggunakan kompor dengan empat kompor dan dilengkapi dengan oven.

3. Pastikan kompornya berkualitas baik

Pilihlah kompor gas yang berkualitas agar kita bisa menggunakannya dalam waktu yang lama. Anda bisa memilih kompor dengan bahan stainless steel karena lebih kokoh dan memiliki sifat anti karat.

Kemudian, pilihlah kompor yang berbahan kuningan agar bisa menyebarkan panas secara maksimal.

4. Utamakan Faktor Keamanan Kompor

Faktor keamanan juga menjadi hal penting saat membeli kompor gas. Untuk memastikan tingkat keamanan kompor, Anda dapat memilih alat dengan regulator yang memenuhi standar SNI, seperti gambar kompor gas di bawah ini.

5. Pilih Yang Menghemat Gas

Kompor yang boros gas juga bisa menjadi masalah tersendiri karena membuat pengeluaran kita boros. Oleh karena itu, pilihlah kompor yang hemat gas agar bisa lebih hemat. Berikut rekomendasi kompor gas yang bisa Anda gunakan.

6. Perhatikan jarak antara gas dengan kompor

Tips memilih kompor gas yang satu ini seringkali terlupakan, padahal cukup penting karena dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan saat memasak.

Pilihlah kompor dengan jarak kompor yang tidak terlalu dekat agar panci atau wajan tidak saling bersentuhan saat kita menggunakan lebih dari satu kompor.

7. Prioritaskan Garansi

Saat membeli kompor, pastikan ada garansinya. Dengan begitu, kita tidak perlu khawatir jika kompor rusak karena kita bisa melakukan klaim perbaikan selama masa garansi.