8 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Hanya Angin Keluar

Info46 Views

8 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Hanya Angin Keluar

majalahtren.com – 8 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Hanya Angin Keluar. Masalah AC mobil tidak dingin dan hanya sering terjadi angin. Kondisi ini tentu mengganggu kamu. Seperti diketahui, AC mobil merupakan komponen untuk meningkatkan mood saat mengendarai mobil di musim kemarau dan kemacetan.

Komponen ini mampu mendinginkan suasana karena membuat kabin mobil tidak panas dan sejuk. Oleh karena itu jika tidak segera diperbaiki dapat mengganggu kenyamanan kamu saat mengendarai mobil.

8 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Hanya Angin Keluar

Lalu kenapa AC mobil tidak dingin? Apa penyebabnya? dan bagaimana mengatasinya? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya
Apa yang harus dilakukan jika AC mobil tidak dingin? Berikut beberapa faktor penyebab dan cara mengatasinya:

1. Freon AC habis

Jika AC tidak terasa dingin kemungkinan besar freon AC sudah habis. Freon AC memiliki fungsi sebagai penyerap udara hangat di sekitar kabin dan sebagai komponen pendingin AC.

Jika freon bocor atau freon habis, AC otomatis akan meniupkan udara namun suhu yang dihasilkan tidak akan dingin.

Oleh karena itu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengganti freon AC mobil dan selalu melakukan perawatan berkala pada freon AC mobil.

2. Ada penyumbatan di kondensor

Penyebab ac mobil tidak dingin dan hanya hembusan angin biasanya karena adanya sumbatan di kondensor. Kondensor yang tersumbat debu atau kotor dapat menghambat suhu dingin yang dihasilkan freon.

Pada dasarnya fungsi dari kondensor ini adalah untuk mengubah kembali gas freon menjadi cair untuk kinerja AC yang maksimal. Untuk itu kamu perlu membersihkan kondensor AC yang terjadi secara rutin.

3. Kerusakan Kompresor

Jika kondensor AC terlihat bersih, namun AC terasa kurang dingin. kamu perlu memeriksa bagian kompresor. Bagian ini mungkin aus atau rusak. Jika kamu melihat tanda bahwa kaca penglihatan telah menghitam. Kemudian tandanya expansion valve atau receiver dryer kotor dan mampet. Bisa dipastikan kompresor AC rusak.

4. Filter AC Kotor

Filter AC mobil yang kotor dan tersumbat menyebabkan AC hanya mengeluarkan udara tanpa membuat suhu menjadi dingin. Karena penyumbatan ini mempengaruhi kinerja penyaringan freon AC menjadi kurang optimal. Untuk itu kita perlu mengganti filter AC mobil dan membersihkannya secara rutin.

5. Kipas Ekstra Tidak Berputar

Kipas ekstra berfungsi sebagai pendingin tambahan berupa kipas di luar AC. Jika Extra fan mati dapat mempengaruhi proses penurunan suhu di kondensor (pengembunan). Penghambatan kondensasi ini menyebabkan suhu di dalam kabin tidak turun sehingga suhu kabin otomatis menjadi panas

6. Pengisian Oli Komposer yang Berlebihan

Pengisian oli kompresor yang berlebihan berdampak pada peningkatan tekanan freon AC. Hal ini menyebabkan kompresor menjadi terlalu panas dan menyebabkan kondensasi menjadi terhambat.

Kondisi ini akan membuat suhu panas di dalam kabin mobil tidak bisa turun sehingga lama kelamaan suhu kabin menjadi panas. Hal ini dapat mengganggu kenyamanan kamu karena panas.

7. Evaporator Kotor

Evaporator yang kotor juga menyebabkan AC tidak dingin. Hal ini terjadi karena debu dan kotoran menumpuk terlalu banyak sehingga menghambat proses sirkulasi udara.

8. Fan Belt AC Rusak

Performa kompresor AC dipengaruhi oleh fan belt yang berfungsi sebagai pemutar mesin. Jika fan belt putus maka kinerja kompresor tidak maksimal dan membuat sirkulasi freon terhenti. Akibatnya, AC hanya akan meniupkan udara tanpa mendinginkan kabin mobil.

Setelah mengetahui 8 penyebab AC mobil tidak dingin dan hanya mengeluarkan udara seperti di atas, sebaiknya rajin membersihkan filter AC, evaporator, kondensor yang kotor atau tersumbat. Rajin mengganti freon AC bila habis atau mengganti komponen AC lain yang rusak.

Jika kamu bukan ahli dalam mengatasi masalah AC mobil yang kurang dingin, kamu bisa mengunjungi dealer mobil terdekat. kamu juga bisa mengunjungi bengkel resmi untuk mendapatkan perawatan yang tepat oleh para ahli dan profesional.