Apa Itu Pengertian Energi ionisasi

Edukasi42 Views

Apa Itu Pengertian Energi ionisasi

majalahtren.com – Apa Itu Pengertian Energi ionisasi. Energi ionisasi, juga dikenal sebagai potensial ionisasi. Energi ionisasi adalah energi yang diperlukan untuk melepaskan elektron dari atom netral dalam keadaan gas. Besar kecilnya energi ionisasi sangat dipengaruhi oleh jarak dari inti ke elektron pada kulit terluar (jari-jari atom) dan muatan inti.

Semakin jauh elektron terluar dari inti, semakin lemah daya tarik nuklirnya. Karena daya tarik inti semakin lemah, elektron akan semakin mudah dilepas. Jadi energi yang dibutuhkan untuk melepaskan elektron akan lebih kecil juga. Dengan kata lain, energi ionisasi akan berkurang. Hal ini terjadi pada unsur-unsur yang berada dalam kelompok yang sama.

Akan tetapi, untuk unsur-unsur dalam periode berlaku kebalikannya, yaitu semakin ke kanan, semakin besar energi ionisasinya. Hal ini terjadi karena semakin ke kanan, jarak antara inti dengan elektron terluar semakin dekat (jari-jari atom semakin kecil). Akibatnya, daya tarik inti akan semakin kuat, karena elektron akan semakin sulit dilepaskan. Dibutuhkan lebih banyak energi untuk melepaskan elektron ini. Artinya energi ionisasinya semakin besar.

Demikian penjelasan Pengertian Energi Ionisasi semoga bermanfaat untuk anda.