Perkiraan Biaya Buat Rumah Ukuran 5×7 Lengkap Dari Pondasi Hingga Selesai

Rumah4100 Views

Apakah anda ingin membangun rumah dengan ukuran 5×7, yuk kita hitung dulu biaya buat rumah ukuran 5×7, mulai dari pondasi hingga selesai dan siap huni.

Rumah dengan ukuran 5×7 termasuk kedalam kategori rumah minimalis, rumah dengan ukuran ini bisa membuat dua kamar tidur di dalamnya.

Biaya Buat Rumah Ukuran 5×7

Kami disini tidak akan membahas secara rinci penggunaan material, namun hanya memperkirakan biaya untuk keseluruhan. Setidak nya biaya yang kami hitung ini tidak akan berbeda jauh nantinya.

Seorang tukang yang sudah profesional saja tidak pernah tepat untuk menghitung biaya buat rumah ukuran 5×7, kadang kurang dari biaya yang diperkirakan dan paling sering terjadi adalah melebihi biaya yang diperkirakan.

Pondasi

Untuk pembuatan pondasi akan memakan biaya Rp. 15.000.000 sampai Rp. 25.000.000, hal ini tergantung pada keadaan tanah di area rumah yang anda bangun.

Contoh : Tanah di area rawa akan lebih memakan banyak biaya dibandingkan dengan area tanah yang lebih keras. Hal tersebut dikarenakan ukuran pondasi dan ukuran besi yang digunakan akan berbeda di keadaan kedua tanah tersebut.

Dinding

Membuat dinding akan menghabiskan biaya Rp. 10.000.000 hingga Rp. 15.000.000, belum termasuk biaya pengecatan.

Atap

Karena banyaknya jenis seng dan genteng yang beredar di pasaran dengan harga dan kualitas yang berbeda, tentunya dapat menyesuaikan dengan keadaan keuangan yang anda miliki.

Apabila anda menggunakan kerangka atap baja ringan, persiapkan saja biaya sekitar Rp. 30.0000.000, sedangkan apabila menggunakan bahan kayu, kami rasa Rp. 15.000.000 sudah lebih dari cukup.

Kelebihan menggunakan baja ringan sebagai kerangka atap adalah agar kerangka atap tidak habis di makan rayap.

Pintu Dan Jendela

Meskipun biaya buat rumah ukuran 5×7 yang paling murah adalah pada bagian pintu dan jendela, namun tidak boleh juga di anggap sepele, karena juga membutuhkan biaya jutaan.

Biaya membuat pintu untuk rumah ukuran 5×7 akan menghabiskan sekitar Rp. 7.000.000 hingga Rp. 10.000.000, tergantung jumlah pintu dan jendela pada rumah tersebut.

Biaya Pengecatan

Sebenarnya biaya pengecatan bisa anda tekan agar lebih hemat, dengan cara membeli cat yang murah dan mengecatnya sendiri.

Apabila menggunakan jasa tukang cat, persiapkan saja uang sekitar Rp. 5.000.000, sudah termasuh dengan cat ( cat yang murah ).

Perhitungan biaya di atas belum termasuk biaya jasa tukang, sebagai pedoman untuk upah tukang, silahkan baca upah tukang standar pemerintah.