Macam-Macam Jenis Seng Rumah Modern

Seng merupakan salah satu perlengkapan konstruksi yang banyak digunakan untuk bagian atap rumah. Perkotaan atau pedesaan memakai seng atap rumah dengan didesign sedemikian rupa dan menjadikan rumah mereka tampak lebih indah.

Namun tahukah kalian macam-macam jenis seng rumah yang biasa dipakai pada atap?.

Benar sekali, banyak orang memakai jenis seng terutama untuk konstruksi rumah bagian atap. Hal terbut karena harga nya yang lebih murah dan pas dengan dompet masyarakat. Namun jika kalian hanya menjadikan atap seng sebagai tambahan untuk design rumah, pilihlah seng yang sesuai dengan design rumah kalian.

Macam-macam jenis seng rumah

Agar desain rumah sesuai dengan apa yang kita harapkan, sebaiknya jangan serahkan segala sesuatu kepada tukang bangunan, karena saat ini sudah ada internet untuk mencari dan membandingkan seng yang satu dangan seng yang lainnya.

Sebagai penambah referensi, berikut beberapa seng rumah yang sering digunakan orang saat ini.

Seng Atap Gelombang

Seng jenis gelombang ini memiliki banyak jenis warnanya, seperti warna merah, kuning, putih, ataupun biru.

Seng gelombang banyak digunakan pada bagian atap rumah. Fungsinya adalah sebagai penyejuk dalam ruangan karena diketahui bahwa seng dapat menyerap panas dari 50 persen hingga 70 persen.

Bahkan beberapa seng dapat menyerap hingga mencapai 90 persen, dengan begitu ketika memilih atap seng gelombang maka pengguna akan merasakan nyaman dan terhindar dari panas.

Kemudian atap seng gelombang ini juga menghemat penggunanya karena harga dari seng gelombang yang terbilang cukup murah.

Namun perlu diketahui bahwa jika kita memilih seng gelombang ini pasti memiliki kekurangan, seperti lapisan pada seng yang hanya terdiri dari satu lapis. Dengan begitu, saat terjadi hujan ataupun angin sedikit mudah bocor ataupun retak sehingga perlu dipikirkan berulang kali untuk membelinya.

Seng Atap Datar

Seng atap datar memiliki bentuk dan model mirip dengan atap yang terbuat dari tanah liat. Jenis atap datar ini juga memberikan kesan yang elegan, pantas saja banyak rumah danbagunan bertema modern memakai jenis seng atap datar.

Bentuk dari seng datar ini adalah trapeseium dengan pengunci di bagian atas seng.

Fungsi yang dimiliki oleh seng atap datar tidak jauh berbeda dengan fungsi seng atap gelombang.

Perlu diketahui pada pemasangan seng atap datar ini tidak membutuhkan baut (bothless) dalam merangkainya. Di mana atap ini menggunakan sistem interlock.

Interlock adalah pembangunan rangka yang menyatu dengan atapnya.

Sehingga seng atap datar tersebut tidak gampang lepas apabila terkena hujan, angin, ataupun lainnya. seng atap datar ini memiliki ketahanan yang lebih kuat dibandingkan dengan seng atap gelombang.

Pantas saja harga yang dipatoknya pun lebih mahal dan banyak digunakan untuk bangunan yang mewah.

Itulah macam-macam jenis seng rumah yang biasa digunakan dalam pembangunan rumah.

Ketika kalian akan membangun rumah dan memilih atap seng sebagai komponen untuk menutupi bagian atas rumah kalian, pilihlah atap seng yang sesuai dengan selera dan desain rumah yang telah kalian rencanakan sebelumnya ya!.