Contoh Pondasi Rumah 2 Lantai Minimalis

Pertama kali kita membuat rumah tentunya dimulai dari pembuatan pondasi yang kokoh. Disini kami akan memberikan beberapa contoh pondasi rumah 2 lantai yang bisa anda jadikan sebagai acuan ketika ingin membangun rumah 2 lantai.

Pondasi rumah harus menyesuaikan dengan bentuk rumah yang akan di bangun, baik bagian ruangan tamu, kamar tidur maupun pada toilet.

Pondasi Rumah 2 Lantai

Membangun rumah bertingkat memang sedikit lebih sulit dibandingkan membangun rumah satu lantai, terutama pada bagian pondasinya, karena desain pondasi yang baik akan menjadikan rumah yang kokoh dan kuat.

Berikut akan kami berikan beberapa contoh pondasi rumah 2 lantai minimalis, mungkin saja dari contoh pondasi ini anda akan memiliki ide yang lebih baik lagi.

Pondasi Rumah 2 Lantai Mewah

Apabila anda memiliki dana yang cukup untuk membuat rumah 2 lantai yang mewah, anda bisa menyamakan desain pondasinya dengan denah pondasi di atas.

Pada gambar dapat di perhatikan bahwa pondasi memiliki beberapa tapak yang dilambangkan dengan huruf T1, T2 dan T3, ketiga tapak tersebut memiliki ukuran yang berbeda.

Bukan hanya ukuran saja yang berbeda, namun ukuran besi yang digunakan juga berbeda pula.

Tapak T1 berada pada posisi-posisi bagian tengah rumah, dimana pada bagian tengah rumah akan mendapatkan beban paling banyak nantinya, tujuannya adalah agar rumah menjadi lebih kokoh.

Selain menjadikan rumah lebih kokoh, membuat tapak pondasi yang berbeda ukuran juga dapat menghemat biaya dalam membangun rumah.

Bayangkan saja anda akan membuat semua tapak yang sama dengan ukuran 80 x 80 CM, sedangkan pada bagian-bagian rumah tertentu tidak akan mendapatkan beban yang berat.

Menurut kami apabila anda membuat tapak yang besar pada bagian rumah yang tidak menahan beban yang berat hanya sia-sia dan juga memboroskan biaya.

Biaya membuat tapak ukuran 80 x 80 CM tentunya tidak sama dengan biaya membuat tapak ukurann 80 x 60 Cm.

Pondasi Rumah 2 Lantai Minimalis

Jika pondasi rumah 2 lantai yang kita bahas pertama tadi adalah apabila anda memiliki dana yang cukup, sedangkan yang ke dua ini apabila anda memiliki dana yang pas-pasan.

Gambar di atas adalah gambar pondasi rumah pada lantai 2 dengan ukuran yang minimalis.

Memiliki 2 kamar tidur pada lantai 2, ruang berkumpul bersama keluarga, serta terdapat tempat menjemur pakaian.