Panduan Lengkap Cara Menghapus Akun Gmail Yang Tidak Terpakai

Cara Menghapus Akun Gmail Yang Tidak Terpakai Lagi

Kami menyadari bahwa ada sebagian orang yang memiliki lebih dari satu alamat email gmail, dan ingin menghapus salah satunya, oleh sebab itu kami membuatkan panduan lengkap cara menghapus akun gmail yang tidak terpakai lagi.

Mungkin saat ini anda sudah memiliki akun gmail yang baru, sehingga akun yang lama tidak terpakai lagi.

Selain itu, mungkin kamu ingin menghapus akun gmail karena ingin pindah ke email lain seperti yahoo. jika benar, silahkan ikuti panduan cara membuat email yahoo.

Cara Menghapus Akun Gmail Yang Tidak Terpakai Lagi

Gmail adalah salah satu layanan yang terintegrasi kedalam akun google, selain google drive, google docs, google keep dan masih banyak lagi layanan yang diberikan oleh google kepada pengguna secara gratis.

Agar pengirim pesan ke email mengetahui bahwa email tersebut sudah tidak kita gunakan lagi maka akun gmail tersebut perlu di hapus.

Setelah di hapus maka orang yang mengirim pesan ke email tersebut akan mendapat balasan gagal, sehingga mereka mengetahui bahwa kita belum mendapatkan informasi yang mereka kirim.

Bagaimana Cara Menghapus Akun Gmail Yang Tidak Terpakai Lagi ?

Pertanyaan seperti ini pastinya timbul di benak anda ketika memiliki akun gmail yang sudah tidak terpakai lagi atau ingin menggunakan platform email yang lain.

Sebelum menghapus akun gmail, sebaiknya di pikir-pikir lagi, jika dirasa dikemudian hari akan digunakan lagi, sebaiknya jangan di hapus dulu, apalagi email yang digunakan adalah email bekas bisnis.

Jika niat anda sudah mantap untuk menghapus akun gmail, sebaiknya data email tersebut di backup dulu agar bisa di restore ke email yang baru.

Cara Backup Data Gmail

  1. Buka Gmail
  2. Klik Pada Foto Profil
  3. Pilih Kelola Akun Google Anda
  4. Pilih Data & Personalisasi
  5. Pilih Download Data Anda
  6. Ceklist Email
  7. Pilih Langkah Berikutnya
  8. Pilih Buat Ekspor

Data backup email ini bisa anda impor ke akun gmail yang baru, apabila masih ingin melihat pesan masuk dan pesan keluar dari akun gmail yang sudah di hapus nanti.

Langkah-Langkah Cara Menghapus Akun Gmail

1. Buka Akun Gmail Di Browser ( Bisa Menggunakan HP Ataupun PC )

2. Pada Sebelah Kanan Atas Klik Foto Profil

3. Pilih Kelola Akun Google Anda

4. Pilih Data Dan Personalisasi

5. Pada Menu YANG ANDA BUAT DAN LAKUKAN

6. Pilih Gmail

7. Pilih Panah Bawah Di Gmail

8. Klik Ikon Titik Tiga

9. Pilih Hapus Gmail

Pada langkah ke 9 anda sudah berhasil menghapus akun gmail, namun belum benar-benar permanen. Agar akun gmail terhapus secara permanen kita disuruh menunggu beberapa hari.

Dalam masa tunggu tidak perlu melakukan apapun, agar akun gmail di hapus secara permanen.