Menghitung Rumus Excel Gaji Pokok Dan Tunjangan

Hari ini kami akan membuatkan tutorial cara menghitung rumus excel gaji pokok dan tunjangan karyawan di sebuah perusahaan.

Meskipun pada artikel sebelumnya kami sudah pernah membahas cara menghitung persen tunjangan gaji karyawan dasar-dasarnya saja, namun disini akan di ulas lebih lengkap lagi.

Rumus Excel Gaji Pokok Dan Tunjangan

Masing-masing perusahaan pastinya memiliki rumus yang berbeda-beda dalam menentukan gaji karyawan, begitu juga dengan tunjangan karyawan, tapi logika cara memasukkan rumus ke excel akan sama saja.

Perhitungan rumus excel gaji pokok dan tunjangan akan kita gunakan ketentuan sebagai berikut.

Ketentuan Gaji Pokok – Jika jabatan karyawan direktur maka gaji pokok Rp. 8.000.000, jika jabatan manager mendapatkan gaji pokok Rp. 5.000.000, jika jabatan kepala bagian mendapatkan gaji pokok Rp. 4.000.000 sedangkan karyawan biasa mendapatkan gaji pokok Rp. 3.000.000.

Ketentuan Tunjangan Anak – Tunjangan anak akan di dapatkan 0,05 % per anak, anak yang mendapatkan tunjangan maksimal 3 anak.

Ketentuan Tunjangan Istri – Tunjangan istri 0,1 dari gaji pokok.

Kita anggap saja direktur memiliki 1 anak, manager memiliki 3 anak, kepala bagian 2 anak dan karyawan biasa memiliki 3 anak.

Dari ketentuan di atas maka kita buatkan tabel di microsoft excel menjadi seperti ini.

Rumus Menghitung Gaji Di Excel

Pada Cell H5 ketikan rumus berikut : =IF(E5=”Direktur”,8000000,IF(E5=”Manager”,5000000,IF(E5=”Kepala Bagian”,4000000,3000000))).

Tanda ( koma ) harus sesuai dengan format bahasa yang digunakan pada PC, jika penggunaan tanda koma error maka ganti dengan tanda titik koma ( ; ).

Dari rumus di atas kita dapat menentukan gaji pokok karyawan berdasarkan jabatan karyawan.

Menghitung Tunjangan Anak

Pada cell I5 ketikan rumus excel berikut : =H5*0.05*G5

Karywan yang belum memiliki anak maka tidak akan mendapatkan tunjangan.

Menghitung Tunjangan Istri

Pada cell J5 ketikan rumus sebagai berikut : =IF(F5=”menikah”,H5*0.1,0).

Angka 0 setelah H5*0,1 berarti bahwa jika status karyawan selain menikah maka tidak akan mendapatkan tunjangan istri.

Menghitung Gaji Bersih

Gaji bersih di dapat dari gaji pokok + tunjangan anak + tunjangan istri, maka pada cell K5 ketikan rumus berikut : =SUM(H5:J5).

Kami rasa rumus excel gaji pokok dan tunjangan di atas sudah lengkap, tinggal di kembangkan saja sesuai dengan jumlah gaji dan tunjangan pada perusahaan anda.

Apabila di perusahaan anda terdapat tunjangan jabatan, cara menghitung tunjangan jabatan bisa anda contoh rumus tunjangan istri pada rumus di atas.

Video tutorial ada di chanel youtube Supriandi Azpar.