Belajar Rumus Excel Lengkap Dari Dasar Sampai Mahir

Microsoft Excel merupakan program aplikasi yang dilengkapi dengan rumus-rumus penjumlahan, pengurangan dan logika if, berikut kami akan mengupas tuntas rumus excel lengkap dari dasar hingga tingkat lanjut dan mudah di pahami.

Dibandingkan dengan microsoft word, microsoft excel memang sedikit lebih sulit, tapi mampu mempercepat pekerjan kita, terutama yang berhubungan dengan perhitungan.

Mungkin artikel ini sedikit lebih panjang, karena kami membahas dari tingkat pemula hingga tingkat lanjut, namun anda bisa mengklik daftar isi agar lebih cepat menemukan rumus-rumus yang anda butuhkan.

Rumus Excel

Kami menyadari bahwa rumus excel yang ada di internet masih banyak yang belum lengkap, bahkan ada beberapa blog yang membahas rumus-rumus yang salah.

Rumus Excel Pengurangan

Rumus excel pengurangan adalah salah satu rumus paling sederhana yang ada pada microsoft excel.

Meski sederhana, namun rumus pengurangan paling sering kita gunakan ketika bekerja menggunakan microsoft excel.

Pengurangan Pada Sheet Yang Sama

Perlu diketahui bahwa ketika menggunakan rumus di excel, wajib di awali dengan tanda sama dengan “=”, tanpa tanda kutip.

Pada gambar di atas, tepatnya di baris 4 kolam C dan D, kita akan mengurangkan baris 4 kolam D dengan baris 4 kolam C dan hasilnya di tempatkan di baris 4 kolam E.

Pada baris 4 kolam E Ketik “=” tanpa tanda kutip lalu klik angka 100 kemudian buat tanda kurang lalu klik angka 50, maka tampilannya akan seperti ini, =D4-C4, lalu enter.

Pengurangan Pada Sheet Berbeda

Rumus pengurangan excel di antara sama sheet maupun pada sheet yang berbeda sama saja.

Anda tinggal membuat tanda sama dengan (=) pada cell C4 sheet1 satu lalu klik cell yang ingin di kurangkan di A1 sheet1 dan klik angka di sheet2 maka akan tampil =C4-Sheet2!A1, lalu enter.

Ketika bekerja pada sheet yang berbeda, pastikan yang di tulis di rumus adalah nama sheet, seperti pada contoh di atas saya menggunakanan nama sheet dengan nama sheet1.

Rumus Excel Penjumlahan

Penjumlahan atau yang sering kita sebut dengan penambahan bisa dengan mudah di dapatkan hasilnya dengan microsoft excel, meskipun menjumlahkan banyak angka sekaligus.

Cara menggunakan rumus excel penjumlahan sama dengan menggunakan rumus excel pengurangan, hanya saja berbeda operator saja, operator pengurangan dan operator tambah, baik di sheet yang sama maupun pada sheet yang berbeda.

Rumus Excel Perkalian

Rumus excel perkalian masih sama dengan rumus excel penjumlahan dan pengurangan, hanya beda operator perhitungan saja.

Rumus Excel Persen

Kami beranggapan bahwa anda sudah mengerti persen atau per 100. Rumus excel persen ini ada 2 macam kebutuhan, seperti mencari persen dari suatu angka atau menjadikan angka ke persen.

Mencari Potongan Harga Barang Setalah Diberi Diskon Sekian Persen

Dari tabel di atas kita akan mencari potongan harga dari komputer dan laptop setelah diberi diskon sebesar 20% dan 10%.

Agar bisa mendapatkan jumlah potongan tentunya harga barang di kali dengan diskon, pada kolam G ketik =E7*F7, maka hasilnya akan menjadi 800.000, Jadi harga komputer setelah diberikan diskon sebesar 20% adalah 3.200.000.

Setelah potongan diskon komputer sudah dapat, maka untuk mendapatkan harga potongan laptop tinggal di tarik ke bawah.

Mencari Persen Dari Suatu Bilangan

Berikutnya kita akan mencoba mencari jumlah persen dari suatu bilangan atau angka.

Pada gambar di atas dapat di lihat bahwa jumlah siswa ada 70 orang dan siswa yang hadir hanya 55 orang, disini kita akan mencari berapa persen siswa yang hadir dan berapa persen siswa yang tidak hadir.

Agar bisa mendapatkan persentase kehadiran tentunya siswa hadir di bagi dengan jumlah siswa.

Pada kolam F silahkan di ketik “=E6/D6” tanpa tanda kutip, maka hasilnya akan di dapat 0,785. Agar 0,785 menjadi persen, silahkan ganti format cell dari general menjadi PERCENTAGE.

Pada majalah berikutnya kami akan membahas rumus excel yang lain, seperti rumus if dan rumus vlookup.