5 Cara Mengobati Bisul di Kelamin dan Perawatan Rumahan

viral42 Views

5 Cara Mengobati Bisul di Kelamin dan Perawatan Rumahan

majalahtren.com – 5 Cara Mengobati Bisul di Kelamin dan Perawatan Rumahan. Gelembung umumnya muncul di lapisan luar kulit dan folikel rambut. Staphylococcus aureus adalah salah satu penyebab gelembung. Daerah basah dan luka adalah tempat terbaik bagi organisme mikroskopis untuk berkembang biak.

Penyakit ini dijelaskan oleh ketukan merah yang berisi cairan. Biasanya gelembung muncul di wajah, ketiak, bahu, punggung, hidung, telinga, dan bagian belakang. Namun, semburan dengan sensasi canggung juga dapat berkembang di bagian pribadi. Gelembung pada vagina terdapat pada ruang bibir vagina (labia mayora) dan lipatan selangkangan.

Gelembung di area genital memang sangat mengganggu dan Anda harus segera membuangnya. Bagaimana cara mengobati gelembung di kemaluan? Agar Anda tidak melakukan kesalahan, kami harus membaca datanya sejauh mungkin!

1. Menjaga kebersihan area genital

Biasanya, gelembung sembuh sendiri dalam waktu sekitar satu hingga empat belas hari. Gelembung secara bertahap akan menguap dan runtuh. Saat terkena ulkus kelamin, bersihkan dengan air mengalir dan pembersih. Hal ini untuk mencegah penyebaran penyakit.

Jika Anda sedang berolahraga, ganti bantal setidaknya 6 jam per hari. Gerakan tebal membuat tubuh berkeringat lebih cepat, termasuk organ-organ terdekat. Sangat ideal untuk mengganti pakaian Anda sekitar dua kali setiap hari untuk menjaga kebersihan area gelembung.

2. Hindari memecahkan bisul kelamin

Seringkali adanya gelembung yang timbul membuat Anda gelisah untuk meremukkan, melukai, atau menghancurkannya. Pelepasan gelembung terjadi karena sumbatan trombosit putih terhadap penyakit bakteri. Petunjuk langkah demi langkah untuk mengatasi yang tidak steril akan berdampak serius pada ulkus kelamin. Diungkapkan oleh Healthline, gelembung yang pecah secara efektif dapat menyebarkan organisme mikroskopis dan menambah rasa sakit.

Bagaimanapun, bayangkan sebuah skenario di mana gelembung itu pecah dengan sendirinya. Dengan cepat membersihkan area panas yang meluap dengan balutan. Kemudian, jaga agar luka tetap bersih dan kering.

3. Kompres hangat pada bisul

Gelembung tidak dapat dipisahkan dari siksaan, intensitas, dan kegelisahan. Paket hangat dapat mengurangi kelezatan gelembung di kemaluan. Halaman Verywell Wellbeing menjelaskan bahwa paket hangat membantu menyembuhkan gelembung.

Cara membuat kompres hangat sangat mudah dengan menyiapkan air hangat dan waslap. Celupkan waslap ke dalam air hangat, lalu peras dan taruh di atas gelembung selama 10-15 menit. Kegiatan ini dapat diulangi tiga hingga empat kali setiap hari hingga gelembungnya sembuh.

4. Memakai pakaian yang nyaman

Jeans ketat menekan dan bergesekan dengan gelembung genital, menyebabkan siksaan. Susunannya, Anda bisa menggunakan bawahan yang lebih longgar (jeans dan pakaian).

Hindari berbagi handuk, pakaian, atau barang lain yang bersentuhan dengan orang lain. Bisul kelamin dapat menyebar melalui kontak langsung dengan barang-barang individu dari orang yang memiliki gelembung.

5. Aplikasikan antibiotik yang diresepkan

Anti-mikroba tidak dapat dikonsumsi sembarangan. Penggunaan agen anti-infeksi yang keliru dapat memicu resistensi bakteri.

Jika Anda sudah memeriksakan diri ke dokter dan diberi obat anti infeksi (kulit atau obat minum), gunakan obat sesuai anjuran dokter atau dokter spesialis obat alternatif. Oleskan pengobatan anti infeksi secara merata dan lembut pada gelembung kelamin. Minum obat antimikroba sampai habis sesuai jadwal.

Demikian ulasan mengenai cara mengobati bisul pada kemaluan. Jika gelembung tidak sembuh selama sekitar 14 hari, disertai demam, gelembung membesar, menyebar, dan kondisi penyakit memburuk, segera temui dokter untuk mendapatkan perawatan medis.