5 Tips Membuat Konten Video untuk YouTube Menggunakan Smartphone

Info21 Views

5 Tips Membuat Konten Video untuk YouTube Menggunakan Smartphone

majalahtren.com – 5 Tips Membuat Konten Video untuk YouTube Menggunakan Smartphone. Membangun channel YouTube memang tidak mudah, butuh kerja keras dan kesabaran. Namun, setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi seorang YouTuber meski hanya memulai dengan mengandalkan smartphone.

Bagi yang ingin atau baru memulai, tidak masalah jika merekam menggunakan kamera smartphone. Pada dasarnya, kita masih bisa menerapkan beberapa teknik videografi untuk mengoptimalkan hasil.

Tips Membuat Konten Video untuk YouTube Menggunakan Smartphone

Perlengkapan apa saja yang dibutuhkan sebagai youtuber pemula dan bagaimana cara menghasilkan kualitas video yang optimal meski hanya menggunakan kamera smartphone? Simak tips berikut ini.

1. Pencahayaan

Seperti fotografi, pencahayaan juga merupakan elemen penting dalam videografi. Seperti yang Anda ketahui, sensor pada kamera smartphone berukuran kecil dan jika Anda tidak memiliki perlengkapan lighting maka pastikan memotret di tempat yang terang.

Entah itu di luar ruangan atau di dalam ruangan mengandalkan cahaya dari jendela. Jika Anda mengandalkan sinar matahari dari jendela, artinya tergantung pada posisi jendela. Sehingga cahaya bisa masuk ke dalam ruangan, antara dini hari (sekitar jam 7-11) atau tengah hari (sekitar jam 2-5).

Pilih waktu yang tepat saat cahaya masuk ke dalam ruangan, atur posisinya agar wajah kita jelas di depan kamera, jangan membelakangi sumber cahaya (backlight). Tapi, menghadap cahaya atau miring sehingga hanya separuh wajah kita yang terkena cahaya, menimbulkan kesan sinematik.

2. Mikrofon Eksternal

Sebelum mulai membuat konten, mari siapkan perlengkapan dasar yang paling dibutuhkan. Pertama mikrofon eksternal, namun kualitas audio sama pentingnya dengan visual.

Untuk microphone external untuk smartphone bisa menggunakan tipe lavaliere alias lavs (clip-on). Keuntungannya adalah suara akan lebih jelas, karena dekat dengan mulut kita (klip di kerah). Hanya saja, itu akan berurusan dengan kabel.

Harga mikrofon eksternal untuk smartphone ini tergolong murah. Untuk clip-on ada Boya By-M1 Pro, Saramonic LavMicro U3A, Boya My-M3 M3D, dan Rode Smartlav.

Anda juga dapat menggunakan mikrofon mirrorless tipe shotgun, banyak di antaranya berukuran kecil tetapi perlu menggunakan konverter TRRS ke TRS tambahan agar berfungsi. Mikrofon ini menerima sinyal suara hanya dari satu arah, pastikan lurus dan tidak terlalu jauh.

3.Tripod

Bahkan saat merekam video menggunakan smartphone, alat yang satu ini tetap dibutuhkan para pembuat konten pemula. Untuk memudahkan kita merekam video dengan lebih fleksibel dan juga mengambil footage B-roll dengan pergerakan kamera yang stabil.

Selain berbicara langsung di depan kamera (disebut A-roll), rekaman B-roll juga diperlukan untuk menampilkan lebih detail apa yang sedang dijelaskan. Misalnya membuat video review smartphone – artinya kita perlu menunjukkan desain dan fiturnya.

4. Gunakan Frekuensi Gambar Tinggi

Jika smartphone Anda memiliki fitur rekam video 1080p dengan kecepatan 60 fps, maka gunakan sebaik mungkin. Memotret dengan frame rate setinggi ini memungkinkan untuk membuat gerakan lambat hingga 40 persen saat diedit pada 24 fps, sehingga memperhalus gerakan kamera saat memiringkan dan menggeser.

Selain tampil sinematik, juga berkaitan dengan fungsionalitas. Misalnya, jika waktu pengambilan gambar terbatas, kita dapat mengisi timeline yang telah diedit untuk memasukkan lebih banyak cerita karena setiap detik bernilai 2 detik.

5. Video dengan Resolusi 4K

Merekam video dengan resolusi 4K juga memiliki banyak manfaat. Misalnya saat diedit pada 1080p, kita bisa melakukan zoom atau crop video hingga 50 persen tanpa kehilangan kualitas.

Ini membuat proses pengeditan lebih fleksibel. Karena selain cropping, kita juga bisa membuat efek gerakan pada video. Misalnya memiringkan, menggeser, untuk memperbesar dan memperkecil. Namun, laptop atau smartphone untuk mengedit video sudah cukup kuat.