5 Fitur Premium Adobe Photoshop Lightroom Mobile

Teknologi21 Views

5 Fitur Premium Adobe Photoshop Lightroom Mobile

majalahtren.com – 5 Fitur Premium Adobe Photoshop Lightroom Mobile. Bagi pecinta fotografi tentunya menyadari pentingnya memotret dalam format Raw. Karena file Raw tidak mengalami proses kompresi dan menyimpan semua detail informasi yang diperoleh kamera. Ini memberikan lebih banyak keuntungan selama pemrosesan pasca untuk meningkatkan kualitas foto.

Selain ukuran file yang lebih besar dari format jpeg, kelemahan dari Raw adalah perlu diproses lagi. Awalnya saya mengedit di software Adobe Photoshop Lightroom versi desktop, namun waktu yang saya miliki di depan laptop sangat terbatas dan saya kehabisan pekerjaan.

Fitur Premium Adobe Photoshop Lightroom Mobile

Lalu, akhirnya saya mencoba aplikasi Lightroom versi mobile, siapa sangka bisa lebih produktif edit foto lewat smartphone. Dimana saya bisa melakukannya sambil dalam perjalanan ke dan dari tempat kerja menggunakan KRL atau sambil menunggu.

Menurut saya, Adobe berhasil membawa Lightroom desktop ke mobile dengan sangat baik. Namun untuk mengakses semua fitur yang ada di Lightroom Mobile, kita harus berlangganan Rp 67.000 per bulan. Berikut adalah beberapa fitur premium di Lightroom Mobile.

1. Edit Foto raw

Ya, salah satu fitur premium Lightroom Mobile adalah bisa mengedit foto Raw dari berbagai merk kamera yang berbeda. Alat dan fitur yang disediakan terbilang lengkap dan terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu, menurut saya Lightroom Mobile cukup mumpuni dibandingkan versi desktopnya.

Keuntungan mengedit foto Raw antara lain bahwa file ini memiliki kedalaman bit dan kedalaman warna yang lebih banyak, serta mengoptimalkan rentang dinamis sehingga memungkinkan kami memulihkan detail dari bagian paling terang dan paling gelap yang mampu dilakukan oleh sensor. Di sini saya membandingkan perbedaannya, misalnya white balance.

Buka tab Color, Anda dapat melihat bahwa saat mengedit foto Raw, kita dapat memilih kembali pengaturan white balance seperti siang hari, mendung, teduh, tungsten, neon, flash, dan kustom. Juga, ia memiliki rentang suhu dari 2000K hingga 50000K. Sementara itu, file jpeg tidak memungkinkan untuk mengubah white balance dan rentang suhu yang dapat disesuaikan hanya -100 hingga 100.

2. Penyimpanan Clouds 100GB

Salah satu kekurangan mengedit foto di smartphone adalah ukuran layar yang terbatas. Kita perlu sering memperbesar untuk memastikan fokusnya tepat. Hal yang cukup sulit adalah saat mengedit foto low light, dimana terkadang noise yang muncul tidak terlihat di layar smartphone.

Saat mengedit proyek penting, kita masih bisa memulai di smartphone dan menyelesaikannya di tablet atau laptop. Pasalnya, setiap foto yang diimpor bisa otomatis diunggah ke penyimpanan cloud berkapasitas 100GB dan bisa diedit di perangkat lain.

3. Penyesuaian Selektif

Beberapa foto cukup rumit saat diedit sepenuhnya, di Lightroom Mobile kita dapat mengedit beberapa area dan membiarkan sisanya tidak tersentuh. Misalnya, Anda hanya dapat mengedit latar belakang, subjek, atau bagian tertentu.

Ada tiga cara untuk memilih area yang ingin Anda pilih. Kuas hanya perlu mencoret bagian tertentu, gradien radial berbentuk lingkaran, dan gradien linier berupa garis yang misalnya dapat digunakan untuk menyeimbangkan langit yang cerah.

4. Healing Brush

Saat berburu, terkadang kita mendapatkan foto yang bagus namun ada unsur yang mengganggu di dalamnya. Di sinilah peran fitur Healing Brush, yang memungkinkan kita menghilangkan elemen yang tidak perlu, baik itu orang atau benda lain. Namun, diperlukan ketelitian yang tinggi saat melakukan editing untuk mendapatkan hasil yang optimal.

5. Perspektif

Saat memotret foto arsitektural, menggunakan lensa wide angle dapat dengan mudah menampilkan efek distorsi atau pergerakan kamera yang membuat foto sedikit miring. Di Lightroom Mobile kita dapat mengoreksi perspektif, seperti distorsi, meluruskan garis baik secara vertikal maupun horizontal, memutar, dan menskalakannya.

akhir kata

Nah itulah lima fitur premium yang ada di Adobe Photoshop Lightroom Mobile dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya untuk mempercantik hasil foto Anda. Tentunya kita bisa mengakses tutorial, copy paste preset, bahkan membuat preset sendiri. Nah yang paling penting kita bisa import banyak foto sekaligus, pilih banyak foto yang mau kita edit dan bisa paste settingannya, kita bisa edit dengan sangat cepat.