6 Cara Memilih Mesin Kopi yang Tepat Untuk Pemula

Teknologi89 Views

6 Cara Memilih Mesin Kopi yang Tepat Untuk Pemula

majalahtren.com – 6 Cara Memilih Mesin Kopi yang Tepat Untuk Pemula. Kopi merupakan minuman favorit banyak orang, terutama para pekerja. Soalnya, secangkir kopi bisa membangkitkan energi dan menahan kantuk saat beraktivitas. Tak heran jika banyak orang ingin memiliki mesin kopi sendiri di rumah.

Jadi, kita bisa membuat kopi favorit sendiri tanpa harus ngemil. Bahkan, kita bisa menyesuaikan rasa kopi dengan berbagai dosis dan cara penyajian sesuai keinginan kita.

6 Cara Memilih Mesin Kopi yang Tepat untuk Pemula

Namun, memilih mesin kopi tidak bisa sembarangan, apalagi jika kita ingin membuat kopi ala coffee shop ternama.

Jadi, Bagaimana Cara Memilih Mesin Kopi?

Nah, agar Anda bisa membuat secangkir kopi yang nikmat, perhatikan hal-hal berikut yang perlu diperhatikan saat membeli mesin kopi.

1. Sesuaikan jenis mesin kopi dengan kebutuhan Anda

Mesin kopi terdiri dari manual dan otomatis. Tentunya mesin kopi jenis ini akan menghasilkan rasa dan penyajian yang berbeda.

Ada beberapa jenis mesin pembuat kopi yang perlu Anda ketahui yaitu vietnam drip, french press, pod, dan masih banyak lagi. Anda dapat mengetahui lebih lanjut dengan mengklik di sini.

Jika Anda suka yang praktis, Anda bisa memilih jenis mesin kopi pod atau mesin pembuat kopi otomatis. Namun, jika ingin menghasilkan kopi yang lebih kental, pilih French press dan V60. Inilah mesin pembuat kopi yang bisa Anda gunakan.

2. Perhatikan ukuran mesin kopi

Saat memilih mesin kopi, pertimbangkan berapa banyak orang yang akan meminumnya di rumah atau berapa banyak yang Anda konsumsi. Jika Anda hanya bisa minum satu cangkir kopi sehari, pilihlah mesin kopi satu porsi.

Namun jika di rumah banyak penggemar kopi, pilihlah mesin kopi dengan kapasitas tangki air yang cukup besar. Jadi, Anda bisa membuat kopi lebih cepat dan praktis.

3. Ketahui tingkat suhu mesin kopi

Menurut National Coffee Association, suhu air terbaik untuk membuat kopi nikmat adalah 196-205°F atau setara dengan 90-96°C. Untuk itu, Anda perlu memilih mesin kopi yang mampu menghasilkan air panas pada suhu tersebut.

Anda dapat melihat deskripsi tingkat suhu pada kotak mesin kopi. Namun, jika Anda menggunakan mesin kopi manual, Anda bisa menggunakan termometer makanan untuk mengukurnya.

4. Perhatikan konsumsi listriknya

Mesin kopi otomatis tentunya akan menggunakan daya listrik yang besar. Jadi, perhatikan konsumsi daya listrik mesin kopi dan sesuaikan dengan daya listrik di rumah Anda.

Hal ini untuk mencegah MCB turun (listrik jatuh) yang dapat menyebabkan peralatan elektronik di rumah mudah rusak.

5. Pilih yang mudah digunakan dan dibersihkan

Pilih mesin kopi yang mudah digunakan, baik manual maupun otomatis. Pastikan Anda bertanya kepada penjual atau membaca petunjuk penggunaan terlebih dahulu. Jika Anda merasa mudah menggunakannya, Anda dapat membelinya.

Agar lebih praktis, Anda bisa memilih mesin kopi otomatis yang sudah memiliki fitur lengkap. Anda hanya perlu menekan beberapa tombol untuk menghasilkan secangkir kopi yang nikmat.

6. Pertimbangkan fitur tambahan

Saat membuat kopi berkualitas, Anda harus melalui beberapa tahapan, mulai dari menggiling biji kopi menjadi bubuk hingga membuat secangkir espresso. Tentu saja, ini bisa sangat merepotkan jika Anda menggunakan banyak alat yang berbeda.

Nah, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih mesin kopi dengan fitur lengkap, seperti grinder, milk frother, dan espresso maker. Bahkan, ada juga mesin yang bisa membuat berbagai jenis kopi nikmat hanya dengan menekan tombol, lho.

Itulah cara mudah memilih mesin kopi yang tepat untuk Anda para pemula.