7 Cara Menyimpan Buah Agar Tetap Segar dan Tidak Cepat Busuk

Info130 Views

7 Cara Menyimpan Buah Agar Tetap Segar dan Tidak Cepat Busuk

majalahtren.com – 7 Cara Menyimpan Buah Agar Tetap Segar dan Tidak Cepat Busuk. Sebagai makanan yang tinggi nutrisi, buah-buahan sering dikonsumsi sebagai makanan ringan dan makanan penutup. Tak heran, banyak orang membeli buah dalam jumlah banyak untuk disimpan beberapa waktu ke depan.

Untuk menjaga kesegaran buah, kita harus menyimpan buah di dalam lemari es. Namun, tidak semua jenis buah bisa disimpan di lemari es. Ada beberapa buah yang sebenarnya bisa tetap segar di suhu ruangan, seperti alpukat, pisang, dan lain sebagainya.

7 Cara Menyimpan Buah Agar Tetap Segar dan Tidak Cepat Busuk

Umumnya buah-buahan yang perlu disimpan di lemari es untuk mencegah pembusukan antara lain stroberi, anggur, jeruk, mangga, dan sebagainya.

Sama seperti menyimpan sayuran, meletakkan buah di lemari es dan di atas meja juga tidak boleh sembarangan. Mungkin buah yang kita miliki begitu cepat rusak.

Lantas, apa saja yang harus diperhatikan saat menyimpan buah?
Berikut langkah-langkah menyimpan buah agar tahan lama yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Pastikan buah dalam kondisi baik

Agar buah dapat bertahan lebih lama, tentunya kamu harus memastikan buah dalam kondisi baik terlebih dahulu.

kamu bisa mencuci buahnya terlebih dahulu, lalu dipotong kecil-kecil. Jika ada bagian buah yang sudah busuk, sebaiknya segera dibuang. Jadi, tidak memicu pembusukan pada bagian buah lainnya.

2. Pisahkan Buah Sebelum Disimpan di Kulkas

Tidak semua buah bisa langsung disimpan di lemari es. Soalnya, beberapa jenis buah harus matang terlebih dahulu di suhu ruangan, seperti alpukat, aprikot, jambu biji, melon, pepaya, dan mangga. Setelah matang, kamu bisa menyimpannya di lemari es.

3. Taruh Buah di Wadah Penyimpanan

Beberapa jenis buah, seperti apel dan pir, memiliki gas etilen yang dapat mempercepat proses pematangan. Oleh karena itu, kamu perlu memisahkan buah-buahan ini dari buah-buahan lainnya.

Masukkan buah ke dalam wadah plastik yang telah dialasi tisu sebelum menyimpannya di lemari es. Namun, hindari menaruh banyak buah dalam satu wadah.

Sedangkan untuk stroberi, blueberry, dan anggur, kamu bisa menyimpannya dalam wadah dengan ventilasi kecil agar tidak mudah lembap.

4. Pisahkan Buah dengan Bahan Makanan Lainnya

Pisahkan buah dari daging, unggas, dan bahan makanan lain yang disimpan di lemari es. Hal ini penting untuk mencegah kontaminasi bakteri yang mempercepat pembusukan buah.

5. Atur Suhu Kulkas saat Menyimpan Buah

Suhu lemari es yang ideal untuk menyimpan buah adalah 0-10 °C. Semakin dingin lemari es, semakin sedikit oksigen yang kamu hirup dan semakin sedikit karbon dioksida yang dilepaskan buah kamu, yang memperlambat pembusukannya.

6. Bersihkan Kulkas Secara Rutin

Kebersihan lemari es juga mempengaruhi kesegaran buah. Kulkas yang kotor dan bau tentunya dapat memicu tumbuhnya bakteri yang dapat merusak kualitas buah. Oleh karena itu, bersihkan kulkas secara rutin minimal sebulan sekali.

7. Simpan Buah di Tempat yang Kering dan Sejuk

Jika kamu tidak memiliki lemari es, kamu tetap bisa menyimpan buah di tempat yang kering dan sejuk.

Agar buah tetap lembab, tutupi buah dengan kertas tisu. Selain itu, kamu juga bisa menyimpannya di dalam plastik yang sudah dilubangi.

Nah, begitulah cara menyimpan buah dengan benar. Untuk menjaga kualitas dan kesegaran buah.