7 Ide Bisnis Digital Yang Paling Menjanjikan di Tahun 2022

Majalahtren.com – Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang ide bisnis digital yang menjanjikan ditahun 2022, terlebih lagi saat pandemi seperti sekarang ini yang mana mencari kerja didunia nyata sangatlah sulit. Jadi, kamu harus lebih pintar menghasilkan uang secara online.

Membangun bisnis di era digital memiliki tantangan tersendiri. Namun, jika kamu memulai dengan benar, maka prosesnya akan lebih mudah. Semuanya dimulai dengan sebuah ide. Jika kamu bisa menemukan ide bisnis digital yang tepat dan membangunnya dalam langkah yang tepat, bukan tidak mungkin bagi kamu untuk meraih hasil terbaik.

Lantas, apa saja bisnis yang menjanjikan di era digital pada tahun 2022 ini? Pilihannya memang sangat banyak dan tidak terbatas, tetapi kamu tidak perlu melakukan riset sendiri. Karena disini saya sudah memiliki 7 rekomendasi bisnis digital terbaik.

Ide Bisnis Digital Terbaik dan Menjanjikan

Dari begitu banyak pilihan yang bisa kamu pilih dan lakukan, disini saya menyajikan beberapa rekomendasi yang tepat dan mudah untuk kamu.

Ide bisnis digital ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan dunia online. Bagi yang penasaran, berikut adalah daftarnya.

1. Membangun Toko Online

Mendirikan toko online adalah dengan membuat website atau platform sebagai sarana transaksi pembelian produk secara online. Karena besarnya potensi bisnis e-commerce di Indonesia, penjualan online menjadi salah satu ide bisnis digital terbaik.

Untuk membangun toko online, kamu bisa memilih salah satu platform e-commerce terbaik seperti Tokopedia, Shopee dan lainnya. Namun, ada satu hal yang perlu kamu ingat, bahwa membangun toko online kamu sendiri adalah pilihan yang bijak.

Dengan memiliki toko online sendiri, maka kamu dapat sepenuhnya mengontrol setiap masalah yang mungkin timbul secara tiba-tiba. Selain itu, kamu juga dapat mengembangkan bisnis sesuai dengan yang kamu rencanakan.

2. Bisnis Afiliasi

Bisnis Afiliasi juga sangat cocok untuk kamu lakukan diera digital. Ini adalah jenis kegiatan memasarkan barang orang lain dengan imbalan komisi. Singkatnya, metode kerja afiliasi dibagi menjadi tiga bagian.

  • Pertama, kamu mendaftar untuk program afiliasi dan kemudian kamu mendapatkan kode rujukan atau tautan khusus.
  • Kedua, kamu menggunakan website atau media sosial untuk memasarkan produk.
  • Ketiga, ketika pembeli menggunakan kode yang kamu berikan atau mengklik tautan yang kamu sarankan, maka kamu akan mendapatkan komisi dari bagi hasil.

Jika kamu menjalankan bisnis digital ini dengan baik, kamu bisa sesukses Hadi Hartono dan Pat Flynn. Dalam laman websitenya, Pat Flynn menyebutkan bahwa pendapatan bisnis digitalnya mencapai $2 juta.

Kamu juga dapat bergabung dengan sejumlah besar program afiliasi, seperti afiliasi Amazon yang menjual produk internasional kepada pelanggan di seluruh dunia.

3. Menjadi Seorang Youtuber

Berapa penghasilan yang bisa kamu  peroleh dengan menjadi seorang YouTuber? 43 miliar rupihan dalam waktu setahun! Ya, kamu mendengarnya dengan benar.

Ria Ricis adalah nama YouTuber yang memiliki penghasilan sebesar angka tersebut. Dia bersikeras menampilkan konten menarik di akun YouTube-nya, yang membuatnya mendapatkan sebanyak 20 juta pelanggan lebih.

Mengelola akun YouTube dengan berbagai konten unik terbukti menjadi bisnis digital yang menjanjikan.

Satu hal yang menarik tentang YouTube adalah setiap orang memiliki peluang sukses yang sama. Dimana kamu hanya perlu mempertimbangkan apa keahlian kamu sehingga bisa menuangnya menjadi konten yang menarik.

4. Bisnis Dropship

Bisnis selanjutnya yang bisa kamu kerjakan di era pandemi ini adalah dengan menjadi Dropshipping. Ini adalah model bisnis digital yang mengandalkan kemampuan penjualan kamu sendiri tanpa memikirkan gudang produk dan transportasi pengiriman.

Dropship memiliki perbedaan yang sangat besar antara penjualan langsung dan pengecer. Selain itu, dropship juga berbeda dengan afiliasi. Dalam bisnis afiliasi, tugas kamu adalah menjadi pemasar yang menawarkan produk. Dan di dalam bisnis Dropship, kamu sebenarnya menjual barang dan menerima uang dari si pembeli.

Untuk keuntungan dari bisnis Dropship ada pada selisih antara uang yang kamu terima dari pembeli dan uang yang kamu bayarkan ke produsen produk.

Salah satu aspek paling unik dari Dropship adalah produsen bertanggung jawab untuk mengirimkan barang ke konsumen. Singkatnya, dropshipper bertindak sebagai penghubung antara sipenjual dan sipembeli. Jadi, kamu hanya perlu menentukan produk apa yang bisa kamu jual.

5. Menjadi Blogger Terkenal

Menjadi seorang blogger yang terkenal akan menjadi sebuah bisnis digital yang sangat menguntungkan ditahun 2022 ini. Sebagai contoh yang bisa kamu ikuti jejaknya adalah Raditya Dika.

Dia adalah seorang penulis dan sekaligus aktor film komedi, yang dimana perjalanan suksesnya dimulai dengan menjadi seorang penulis halaman blog pribadinya.

Cara membuat blog ditahun 2022 ini sebenarnya sangatlah mudah, karena sudah banyak penyedia jasa yang siap membantu kamu, jadi kamu tidak membutuhkan skill khusus lagi.

Setelah memiliki blog, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengisi atau menulis artikel yang unik dan menarik peminat pembaca.

Setelah itu kamu bisa menjadikan blog sebagai sumber penghasilan. Metodenya adalah dengan menyewakan ruang di blog yang kamu miliki untuk iklan.

6. Menjadi Instagram Influencer

Jika kamu memiliki banyak follower di akun Instagram, maka menjadi seorang influencer mungkin merupakan peluang yang menjanjikan untuk menghasilkan uang ditahun 2022.

Kita contonkah saja seorang Instagram Influencer yang bernama Magdalena. Sembari mencicipi makanan di restoran, ia bekerja keras membuat konten di Instagram. Cara penyampaiannya sangat menarik dan pilihan makanan super pedasnya yang diminati banyak orang. Alhasil, jumlah pengikutnya mencapai 1,4 juta pengguna.

Pada tahap awal, kamu hanya perlu meningkatkan jumlah follower dengan menaikin kualitas konten yang kamu buat. Jika jumlah follower akun instagram kamu sudah meningkat, maka salah satu pihak dapat memberikan peluang kerja sama melalui iklan produk atau ulasan berbayar.

7. Membuat Aplikasi Mobile

Bisnis digital terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjadi developer aplikasi. Namun sayangnya, untuk memulai bisnis ini kamu membutuhkan skill pemograman yang handal.

Seperti yang diketahui bahwa jumlah pengguna smartphone di Indonesia telah mencapai 350 juta. Dan itu adalah angka yang sanagt besar.

Jika kamu memiliki keahlian membuat aplikasi mobile baik untuk platform Android atau Apple, maka kamu bisa mencoba bisnis digital yang satu ini. Kamu hanya perlu mengasah kemampuan kamu dalam merancang aplikasi yang dibutuhkan oleh banyak orang seperti startup.

Untuk memulainya adalah dengan mempelajari potensi pasar dan mencari celah di pasar tersebut, dengan memastikan bahwa belum ada siapapun yang mencobanya. Jika kamu adalah orang pertama yang memasuki bidang ini, tentu kamu akan memiliki peluang untuk mendapatkan peluang bisnis yang sangat besar.

Setelah kamu berhasi merancang sebuah aplikasi mobile, maka kamu bisa memonetisasi aplikasi tersebut dengan menggunakan platform AdMob dari google yang serupa dengan adsense.

Akhir Kata

Sekian pembahasan kali ini, semoga artikel ini bisa berguna bagi kamu yang sedang mencari ide bisnis digital online terbaik ditahun 2022 dan pastinya menjanjikan dalam hal penghasilan untuk kaum rebahan.

Bagikan:

majalahtren

Penulis artikel tentang teknologi, bisnis, kucing, rumah, microsoft dan trending