7 Inspirasi Bisnis Modal Kecil Yang Bisa Kamu Coba Di Rumah

Bisnis84 Views

7 Inspirasi Bisnis Modal Kecil Yang Bisa Kamu Coba Di Rumah

majalahtren.com – 7 Inspirasi Bisnis Modal Kecil Yang Bisa Kamu Coba Di Rumah. Ada berbagai inspirasi modal usaha kecil dari rumah yang bisa kamu coba sendiri. Benar sekali, bisnis saat ini tidak lagi membutuhkan modal yang besar. Hanya dengan modal kecil, kamu bisa membangun bisnis sendiri. Apa saja bisnis yang menarik untuk dicoba di tengah pandemi seperti saat ini? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini khusus untuk kamu.

Apa Inspirasi Bisnis Modal Kecil Yang Menguntungkan?
Cobalah untuk memperhatikan orang-orang di sekitar kamu. Tentunya kamu melihat semakin banyak orang yang membangun bisnisnya sendiri. Mulai dari bisnis pakaian, makanan, hingga jasa. Jika kamu memang ingin mencoba menjalankan bisnis sendiri, ada cukup banyak peluang bisnis rumahan yang bisa kamu coba. Berikut beberapa pilihan bisnis modal kecil.

1. Menjual makanan

kamu harus sadar bahwa bisnis makanan semakin hari semakin banyak. Mulai dari snack, makanan berat, hingga dessert, semuanya ada di sekitar kita. Potensi keuntungan dari berjualan makanan sangat besar. Keuntungan ini diperoleh dari harga yang diberikan sehingga mampu menutupi biaya produksi.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa kamu coba, mulai dari aneka kue (donat, risoles, kue bolu) hingga makanan berat seperti ayam goreng, ikan bakar, dan ayam geprek. kamu juga bisa memilih makanan yang sedang hype atau sedang naik daun akhir-akhir ini. Misalnya ada seblak dan banana nugget.

Jangan lupa maksimalkan peran pemesanan via ojek online agar semakin banyak orang yang membeli produk kamu.

2. Dropshipper

Pernahkah kamu mendengar tentang dropshipper? Bisnis dropshipper hanya perlu memiliki handphone atau komputer dan jaringan internet.

Sistem dropship ini memang cukup unik. kamu bisa membuka toko online di marketplace untuk menjual berbagai jenis produk pilihan. Uniknya, kamu justru tidak memiliki stok barang-barang tersebut di rumah, melainkan menjual produk milik bisnis lain.

Bisa dibilang kamu menjadi perpanjangan tangan dari bisnis yang lain. Jika ada yang memesan salah satu barang dari toko online kamu, maka langkah selanjutnya adalah membeli barang dari usaha lain tersebut lalu mengirimkannya langsung ke pelanggan. Saat ini beberapa marketplace sudah menyediakan sistem pengiriman khusus dropshipper untuk memudahkan bisnis ini dijalankan.

3. Usaha Jasa Titipan

Usaha jasa titipan atau disebut juga dengan jastip bisa menjadi usaha tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar. Saat kamu bepergian, promosikan barang belanjaan kamu di media sosial.

Beberapa barang yang biasanya dijadikan titipan, seperti kosmetik, pakaian, aksesoris, hingga mainan yang tidak dijual di berbagai daerah di Indonesia.

4. Bisnis Pakaian Bekas

Saat ini bisnis pakaian bekas cukup dilirik karena sedang menjadi tren. Banyak anak muda yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk membeli baju bekas karena memiliki keunikan tersendiri.

kamu bisa membeli baju bekas dengan kondisi yang cukup bagus, plus nilai sejarahnya juga. Misalnya clothing band, film, atau brand yang juga terkenal. kamu dapat mempromosikan pakaian tersebut di media sosial dan toko online.

5. Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba atau franchise merupakan salah satu bisnis modal kecil yang digemari oleh banyak orang. Dengan membayar biaya waralaba, kamu bisa mendapatkan produk, materi pemasaran, dan mendapatkan bantuan untuk menemukan lokasi serta promosi di media sosial.

Bisnis franchise juga menawarkan keleluasaan dimana kamu dapat memilih produk atau jenis usaha yang kamu sukai dan kuasai. Dengan begitu, kamu dapat memanfaatkan pengetahuan dan keahlian kamu untuk mengelola produk waralaba dengan lebih baik.

6. Buka Kedai Kopi

kamu sedang mencari bisnis yang bisa kamu jadikan usaha sampingan? Jika iya, maka membuka kedai kopi bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu.

Sebagai usaha sampingan, kamu bisa membuka kedai kopi setelah selesai bekerja, misalnya setelah jam 6 atau 7 malam. Meskipun kamu tidak akan mendapatkan pelanggan sebanyak jika kamu membuka bisnis ini sepanjang hari, kamu tetap akan mendapatkan jumlah pelanggan yang lumayan karena biasanya orang akan mencari kopi pada malam hari.

Lalu berapa modal yang kamu butuhkan untuk membuka kedai kopi? Umumnya modal yang dikeluarkan untuk membuka usaha ini sekitar 5 juta rupiah. Biaya ini sudah termasuk biaya pembelian peralatan dan furniture. Namun, jika kamu harus menyewa tempat karena tidak memiliki kamar kosong di rumah, maka modal yang kamu butuhkan akan semakin besar.

7. Membuka jasa jahit baju

Bagi kamu yang memiliki keterampilan menjahit, kamu bisa memanfaatkan peluang usaha menjahit baju.

Apa yang menarik dari bisnis ini?

Bisnis menjahit mungkin tidak terdengar sangat menguntungkan. Namun, jasa jahit pakaian yang dipadukan dengan konsep menarik bisa membuat bisnis ini menguntungkan.
Misalnya, kamu bisa memberikan jasa pembuatan desain custom dimana pelanggan bisa membuat baju sesuai dengan desain dan bahan yang mereka inginkan. Kemudian, kamu juga bisa menggabungkan bisnis ini dengan bisnis pakaian lainnya, misalnya dengan bisnis pakaian bekas. Dengan begitu, kamu dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik.