Biaya Steril Kucing Jantan dan Betina Terbaru

Kucing41 Views

Biaya Steril Kucing Jantan dan Betina Terbaru

majalahtren.com – Biaya Steril Kucing Jantan dan Betina Terbaru. Sterilisasi kucing adalah tindakan membuang organ reproduksi sehingga kucing tidak dapat menghasilkan keturunan. Tindakan ini biasanya dilakukan pada kucing yang berumur minimal 6 bulan. Biaya sterilisasi kucing bervariasi, mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 1.000.000, tergantung jenis kucingnya.

Selain itu, ada pula steril gratis yang disediakan pemerintah. Namun untuk lebih jelasnya mengenai biaya steril ini, simak uraian lengkapnya di bawah ini! Jadi anda tidak perlu bingung lagi.

Berapa biaya sterilisasi kucing yang terbaru ?

Besaran biaya sterilisasi ini bervariasi, tergantung dari jenis ras kucing dan tempat dilakukannya sterilisasi. Maksimal biaya yang bisa Anda keluarkan adalah Rp 1.000.000. Sebagai gambaran, berikut estimasi biaya kebiri kucing terbaru.

  • Biaya mensterilkan kucing jantan lokal sekitar Rp 215.000.
  • Biaya sterilisasi kucing betina lokal Rp 295.000.
  • Untuk kucing betina lokal yang sedang bunting, biaya sterilisasi Rp 395.000.
  • Biaya sterilisasi kucing jantan ras adalah Rp 315.000.
  • Harga seekor kucing betina ras adalah Rp 395.000.
  • Untuk kucing betina ras yang sedang bunting, biaya sterilisasi yang perlu dikeluarkan adalah Rp 495.000.
  • Biaya tambahan untuk band aid kucing betina adalah Rp 50.000.
  • Biaya tambahan pain killer adalah Rp 50.000.

Mengapa Kamu Harus Mensterilkan Kucing Kesayanganmu ?

Bagi sebagian orang, mensterilkan kucing dianggap perbuatan jahat, karena menghilangkan kemampuan kucing untuk bereproduksi. Padahal, tindakan ini memberikan banyak manfaat, terutama untuk kesehatan kucing. Jadi, apa manfaatnya? Untuk mengetahuinya, mari simak uraian lengkapnya di bawah ini.

1. Kucing Menjadi Lebih Sehat

Kucing betina yang disterilkan akan terhindar dari berbagai penyakit, seperti tumor ganas pada indung telur, rahim, dan kelenjar susu. Demikian juga mensterilkan kucing jantan akan menghilangkan timbulnya kanker testis dan penyakit prostat. Selain itu, hormon reproduksi pada kucing akan berubah menjadi hormon pertumbuhan dan perkembangan. Alhasil, kucing kesayangan Anda akan menjadi kucing yang lebih lincah dan bertambah berat badannya.

2. Hindari Perkelahian

Kucing jantan biasanya akan berebut pasangan. Tindakan sterilisasi ternyata bisa membuat kucing jantan lebih tenang dan memiliki nafsu birahi yang lebih stabil. Tak hanya itu, kebiasaan kucing jantan menandai wilayahnya dengan air seni juga akan berkurang. Jadi, tidak ada lagi perebutan wilayah antar tomcat.

3. Kucing lebih nyaman di rumah

Sterilisasi terbukti mampu meminimalisir tingkat agresi kucing. Biasanya kucing akan lebih jinak dan lebih tenang. Jika kucing Anda jantan, kucing tidak akan lagi keluar rumah untuk mencari pasangan, karena tidak lagi didorong oleh hormon reproduksi. Pada akhirnya, kucing yang dikebiri akan lebih betah. Jadi, kamu bisa menghabiskan lebih banyak waktu dengan kucing kesayanganmu.

4. Meminimalkan Populasi Kucing

Sekali melahirkan, kucing bisa menghasilkan 2 sampai 7 keturunan. Hal ini tentu saja memicu overpopulasi yang menyebabkan tingginya kasus kucing terlantar di jalanan. Tindakan sterilisasi ini dapat membantu meminimalisir populasi kucing dengan cara menekan hormon reproduksinya. Sehingga, jumlah kucing terlantar di jalanan bisa berkurang.

5. Perilaku Kucing Menjadi Lebih Baik

Biaya mensterilkan kucing memang tidak murah, namun jika dilakukan akan membantu mengurangi beberapa kebiasaan kucing yang mengganggu. Misalnya, kucing jantan memiliki kebiasaan menandai wilayahnya dengan air seni dan berkelahi di malam hari. Setelah disterilkan, kebiasaan ini akan berkurang atau bahkan hilang, karena hormon reproduksi lebih stabil.

6. Hindari Stres pada Kucing

Saat musim kawin, kucing akan terus menerus mengeong dan keluar rumah berhari-hari untuk mencari pasangan. Jika tidak, kucing akan mengalami stres dan sakit. Padahal, mengebiri bisa mengurangi stres pada kucing. Anda juga tidak akan terganggu dengan suara kucing yang berisik.

Bagaimana, sudahkah Anda mendapatkan gambaran mengapa Anda perlu mensterilkan kucing kesayangan Anda? Perlu dipahami bahwa mensterilkan kucing bukanlah tindakan kriminal, bahkan memberikan banyak manfaat, baik bagi kucing itu sendiri maupun pemiliknya.