8 Cara Mengatasi Bulu Hewan Peliharaan Berhamburan di Sudut Rumah

Info86 Views

8 Cara Mengatasi Bulu Hewan Peliharaan Berhamburan di Sudut Rumah

majalahtren.com – 8 Cara Mengatasi Bulu Hewan Peliharaan Berhamburan di Sudut Rumah. Bulu hewan peliharaan, seperti anjing, kucing, dan kelinci, mudah berserakan di seluruh rumah. Untuk itu, kita membutuhkan tenaga ekstra untuk membersihkan rumah.

Tidak hanya kotor, bulu yang berserakan juga berdampak buruk bagi kesehatan kita, seperti menyebabkan alergi. Soalnya, bulu hewan mengandung bakteri jahat berupa E.coli dan Salmonella yang bisa menyebabkan diare.

Bagaimana Mengatasi Bulu Hewan Peliharaan yang Tersebar?

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan bulu hewan peliharaan yang berserakan.

1. Sisir Rambutnya Secara Teratur

Agar tidak mudah rontok, kita harus rutin menyisirnya. Soalnya, bulu hewan yang disisir rapi bisa menghasilkan minyak alami di kulit, sehingga mengurangi risiko kerontokan rambut. Berikut rekomendasi sisir hewan terbaik yang bisa kamu gunakan.

2. Gunakan Furnitur Keras

Jika kamu seorang penyayang binatang berbulu, maka cobalah untuk menggunakan furnitur keras di dalam rumah. kamu bisa memilih sofa kulit sebagai pengganti beludru, dan hindari menggunakan karpet berbulu halus.

3. Kenakan Bantalan atau Penutup Pelindung

Biasanya, hewan peliharaan kita memiliki area favorit yang mereka habiskan lebih banyak. Oleh karena itu, furnitur sangat rentan dipenuhi bulu.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan alas pelindung atau penutup sofa. Dengan begitu, bulu hewan akan menempel tepat pada alas pelindung. Jadi, kamu bisa langsung membersihkan keset pelindung menggunakan mesin cuci.

4. Aktifkan Pembersih Udara

Memang, fungsi utama alat pembersih udara adalah untuk menjernihkan udara di dalam ruangan. Namun, alat ini juga bisa mengurangi bulu hewan peliharaan yang berserakan di sekitar rumah.

5. Gunakan Penyedot Debu

Jika pembersih udara tidak optimal, kamu dapat membersihkan semua bulu dengan penyedot debu. Gunakan alat ini setiap hari ke berbagai tempat yang dipenuhi bulu hewan, seperti karpet, sofa, lantai, dan tempat tidur.

6. Cuci Kain Yang Terkena Bulu

Pastikan kamu secara teratur mencuci semua kain yang terkena bulu, seperti yang ada di seprai dan selimut. Soalnya, rambut yang menempel pada kain bisa membuat kuman dan bakteri berkembang biak.

Saat mencucinya, kamu bisa menggunakan air hangat, detergen ringan, dan cuka putih agar semua bulu yang menempel bisa dihilangkan seluruhnya.

7. Gunakan Lint Rollers

Selain furnitur, pakaian kita juga sering dipenuhi bulu hewan, apalagi jika kita sering membawanya. Rol serat adalah solusi terbaik untuk menghilangkan berbagai serat pada pakaian, termasuk bulu.

Cara pemakaiannya juga mudah, yaitu cukup dengan menempelkan alat tersebut pada kain atau pakaian yang terkena bulu. Jangan khawatir, alat ini telah didesain khusus agar tidak merusak permukaan pakaian.

8. Semprotkan Deodorizer pada Furnitur

Bulu yang menempel dan mengendap terlalu lama dapat menimbulkan bau tidak sedap pada ruangan. Jika semua cara di atas sudah dilakukan, tentunya area rumah bisa lebih bersih dan bebas dari penumpukan bulu.

Namun, bukan berarti bau tak sedap bisa langsung hilang begitu saja. Untuk mengatasinya, kamu bisa menyemprotkan pelembut kain atau pewangi pakaian ke berbagai furnitur.

Dengan menerapkan delapan cara di atas, kamu bisa mengurangi dan menghilangkan bulu hewan peliharaan yang bertebaran di seluruh sudut rumah.