Mengenal Ciri Kucing Anggora Dan Cara Merawatnya

Mengenal Ciri Kucing Anggora Dan Cara Merawatnya

Banyak orang yang mengira bahwa kucing anggora itu adalah kucing persia dan kucing persia adalah kucing anggora, namun semua itu tidaklah benar.

Orang-orang yang suka memelihara kucing pastinya tidak asing lagi ketika mendengan jenis kucing anggora, anggora menjadi salah satu jenis kucing primadona di kalangan pecinta kucing di indonesia karena karakternya yang unik.

Kucing anggora adalah salu satu ras kucing tertua di dunia dan dia berasal dari angkara atau anggora negara turki.

Warna dari kucing anggora beragam, namun warna yang paling murni adalah warna putih.

Kucing Anggora

Kucing anggora di ambil dari kota asalnya yaitu anggora, dari dulu negara turki melestarikan kucing ini dan menjadi salah satu harta nasional turki.

Diceritakan bahwa dulu Nabi Muhammad SAW juga pernah memelihara kucing jenis anggora ini.

Pada tahun 1990 an, kucing ini berbentuk sangat mirip dengan kucing persia, sehingga sangat sulit untuk di bedakan.

Kucing angora juga dikenal jenis kucing yang paling cerdik, bahkan ada beberapa orang yang menjadikan kucing ini sebagai ajang sirkus.

Ciri-Ciri Kucing Anggora

  1. Wajah – Kucing anggora memiliki struktur wajah berbentuk segitiga terbalik, jika diperhatikan agak mirip dengan kucing kampung, cuma bedanya kucing anggora memiliki bulu sedikit lebih panjang dan lebat
  2. Tubuh – Bentuk tubuk kucing anggora lebih langsing, tidak bulat dan badannya sedikit lebih tinggi dibandingkan jenis kucing yang lain
  3. Bulu – Memiliki bulu halus dan panjang, tapi tidak sepanjang bulu kucing persia ya
  4. Kepala Berbentuk Segitiga Terbalik
  5. Hidung Mancung Mirip Dengan Kucing Domestik
  6. Memiliki Telinga Berbentuk Segitiga Dan Saling Berdekatan
  7. Memiliki Ekor Yang Panjang Dan Berbulu Tebal
  8. Memiliki Mata Biru Yang Berbentuk Seperti Buah Almond
  9. Memiliki Kaki Yang Panjang
  10. Lebih Aktif Dan Cerdik
  11. Harga Lumayan Mahal

Cara Merawat Kucing Anggora

Jenis kucing yang paling repot di rawat adalah jenis anggora, apalagi yang berhubungan dengan bulunya.

Merawat kucing bukan hanya dalam kategori fisik saja, justru yang paling penting adalah soal mental.

Mengajak Bermain

Kucing anggora memang terkenal dengan kucing yang aktif, namun haus akan kasih sayang, bila dibiarkan atau tidak di ajak bermain dengan waktu yang cukup lama, maka dia akan menunjukkan perubahan sikap yang tidak menyenangkan.

Oleh karena itu, apabila anda adalah orang yang memiliki banyak waktu luang untuk di rumah, maka anda bisa memelihara kucing ini, namun jika sebaliknya, dimana anda hanya memiliki sedikit waktu dirumah, maka sebaiknya memelihara kucing dengan jenis yang lain.

Memberikan Kandang Yang Tepat

Kita tidak perlu menyiapkan kandang yang mewah dan penuh dengan peralatan yang bagus, cukup berikan kandang yang luas karena dia suka bermain, jangan lupa memberikan pasir zeolit untuk kucing membuang kotoran.

Pasir dapat diganti paling lama 3 hari sekali, kecuali anda bisa mendidik kucing ini untuk buang air besar dan air kecil di WC.

Menjaga Jenis Makanan, Pola Makan Dan Bobot Kucing

Masalah yang sering dihadapi oleh kucing yang satu ini adalah obesitas, jadi menjaga pola makan kucing sangatlah penting.

Berilah makanan yang kaya akan protein, dan sangat disarankan untuk memberi makanan tak kurang dari 40% kandungan proteinnya.

Untuk anggora betina, asupan ideal sehari adalah 300 ckal sedangkan untuk jantan sebanyak 400 ckal.

Anda bisa memberikan makan 2 kali sehari yaitu pada pagi hari dan sore hari.

Bobot ideal kucing anggora jantan maksimal 5,5 Kg dan anggora betina maksimal 3 sampai 5 Kg.

Memberikan Alat Untuk Bermain Kucing

Selain kebutuhan fisik, kita juga harus memperhatikan kebutuhan mental kucing, yaitu dengan cara memberikan alat untuk bermainnya.

Alat bermain kucing bisa berupa bola karet, tikus palsu dan yang paling penting adalah tempat untuk memanjat.

Hal ini bertujuan untuk menyalurkan ke aktifannya, selain itu, bermain dengan pemiliknya juga akan berdampak baik pada mental kucing.

Rutin Menyikat Bulunya

Cara merawat kucing anggora berikutnya adalah tentang bagaimana cara merawat bulunya agar tetap menarik dan menjadi kucing lucu.

Sikatlah bulunya minimal 2 hari sekali menggunakan sisir metal bergigi panjang. Hindari menyisir pada bagian dada dan perut terlalu keras, karena bulu kucing pada kedua bagian tersebut sangat lembut dan mudah putus.

Memandikan

Sebenarnya kucing punya cara sendiri untuk membersihkan diri, yaitu dengan menjilati tubuhnya sendiri. Meskipun begitu kita harus memandikannya dalam 2 bulan sekali.

Terkhusus kepada kucing anggora jangan terlalu sering untuk dimandikan, karena kucing ini memiliki bulu yang rapuh.

Pada saat memandikannya gunakanlah shampo khusus memandikan hewan, terkhusus kucing yang berwarna putih gunakan shampo khusus hewan berwarna putih.

Membersihkan Telingan Kucing

Dari banyaknya jenis penyakit kucing, tuli adalah penyakit kucing anggora yang paling sering terjadi, oleh sebab itu anda harus secara rutin untuk membersihkannya, minimal 2 minggu sekali.

Memotong Kuku

Anggora adalah jenis kucing yang paling suka memanjat, jika anda tidak sering memotong kuku kucing ini, maka kukunya akan panjang dan akan merusak perabotan rumah anda seperti sofa ataupun yang lainnya.

Pada saat memotong kuku, usahakan selalu membuat kucing merasa nyaman agar kita mudah untuk memotong kukunya.

Berkunjung Ke Dokter Hewan Secara Rutin

Pemeriksaan secara medis walaupun kucing anggora tidak dalam keadaan sakit sangatlah penting, hal ini bertujuan untuk memperpanjang umurnya.

Anda harus membawa kucing ke dokter hewan secara rutin untuk memberikan vaksin sekaligun memeriksakan kesehatan kucing.

Kucing anggora biasanya bisa hidup 10 hingga 18 tahun jika diberikan perawatan yang baik.

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai mengenal ciri kucing anggora dan cara merawatnya. Jangan lupa untuk membaca majalah yang lain seputar kucing.