Begini Cara Mengatur Keuangan Keluarga Agar Tidak Boros

Cara Mengatur Keuangan Keluarga Agar Tidak Boros

Seringkali kita merasa keuangan dalam keluarga cepat habis padahal tidak membeli apa-apa, jika hal demikian terjadi kepada anda, sebaiknya anda mencoba menerapkan tips atau cara mengatur keuangan keluarga agar tidak boros dan lebih hemat dari pada biasanya.

Dengan gaji yang minim atau pas-pasan untuk mencukupi kebutuhan sehari hari mewajibkan kita untuk berpandai-pandai dalam mengatur keuangan.

Mengatur keuangan pada rumah tangga bukanlah suatu hal yang mudah, terkadang kita merasa seakan-akan uang tersebut hilang begitu saja tanpa ada yang di belanjakan.

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Keluarga Agar Tidak Boros ?

Cara Mengatur Keuangan Keluarga Agar Tidak Boros Dan Lebih Hemat

Tanpa menerapkan cara mengatur keuangan keluarga ini, mungkin biasanya gaji anda yang selama satu bulan akan habis dalam waktu 2 minggu atau bahkan hanya dalam 1 minggu saja.

Itu bukan saja terjadi kepada anda tapi juga pernah saya alami, jauh sebelum saya mencoba menerapkan cara mengatur keuangan keluarga seperti di bawah ini.

1. Rencanakan Anggara Belanja Dalam 1 Bulan

Cara pertama yaitu merencanakan anggaran belanja dalam 1 bulan seperti membeli perlengkapan dapur dan keperluan rumah tangga lainnya.

Hal ini sangat penting sekali, karena pada saat menyusun rencana belanja pastinya anda sudah mengetahui sisa dari gaji anda dan bisa di manfaatkan untuk keperluan lainnya.

2. Jangan Membeli Yang Tidak Begitu Di Butuhkan

Belilah suatu yang benar-benar anda butuhkan dan jangan mengikuti keinginan, karena keinginan anda untuk membeli sesuatu belum tentu menjadikan kebutuhan pada saat ini.

Barang yang tidak begitu dibutuhkan seperti perabotan rumah tangga dan fashion, kebanyakan wanita selalu mengikuti fashion terbaru, dan membeli model-model fashion terbaru padahal itu tidak begitu di perlukan apalagi dengan situasi keuangan pada saat ini sangat tidak memungkinkan.

3. Sisihkan Sedikit Uang Untuk Menabung

Menabung adalah cara terbaik untuk membantu keuangan di masa yang akan mendatang.

Sebaiknya anda menyisihkan sedikit dari gaji anda untuk menabung, siapa tau besok anda akan lebih sulit dari pada saat ini.

Dari pada meminjam uang dan akan menjadi hutang lebih baik mengambil uang tabungan karena membayar hutang itu lebih sulit apalagi sudah menumpuk.

4. Membuat Catatan Perencanaan Keuangan

Buatlah catatan perencanaan keuangan anda pada bulan ini dan jadikan untuk evaluasi di bulan berikutnya.

Periksa kembali catatan tersebut, apakah masih ada pengeluaran dana untuk hal-hal yang belum begitu di butuhkan.

5. Hindari Makan Diluar

Makan diluar akan menyebabkan pemborosan biaya, mintalah kepada istri anda untuk memasak sendiri di rumah dan menyiapkan bekal untuk makan siang di tempat pekerjaan.

Dulu pada saat saya bekerja di kantoran, saya selalu membawa bekal, begitu juga dengan teman-teman satu kantor, alasan kami membawa bekal adalah untuk menghemat pengeluaran agar keuangan rumah tangga kami tidak boros.

6. Belanja Di Toko Yang Mengadakan Diskon

Pandai-pandailah memilih toko sembako yang menyediakan diskon. Biasanya yang paling banyak mengadakan diskon adalah minimarket.

Keuangan anda akan jauh lebih hemat jika belanja di toko yang memberikan diskon.

7. Menghemat Pemakaian Air Dan Listrik

Bijak-bijak lah dalam menggunakan air dan listrik, jangan menyalakan peralatan elektronik jika belum digunakan.

Pilih lah lampu yang memiliki Watt kecil seperti lampu LED karena lampu LED walaupun memiliki Watt yang kecil namun cahayanya sangat terang.

Semoga cara menghemat keuangan keluarga ini bermanfaat.