Cara Mudah Melacak Plat Nomor Kendaraan Secara Online

Info46 Views

Cara Mudah Melacak Plat Nomor Kendaraan Secara Online

majalahtren.com – Cara Mudah Melacak Plat Nomor Kendaraan Secara Online. Cara melacak plat nomor sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Plat nomor kendaraan merupakan identitas setiap kendaraan roda empat, dua, enam hingga delapan. Plat nomor tentunya memiliki sejumlah fungsi penting.

Dengan fungsinya yang penting, banyak orang yang mengecek plat nomor untuk berbagai keperluan. Pengecekan plat nomor kini bisa dilakukan secara online, jadi tidak perlu banyak waktu.

Cara Mudah Melacak Plat Nomor Kendaraan Secara Online

Bagaimana cara mengetahui pemilik mobil dari plat nomor? Ada dua pilihan cara melacak plat nomor kendaraan baik mobil maupun motor secara online yaitu melalui website SAMSAT dan melalui aplikasi. Untuk informasi lebih lanjut, lihat metode di bawah ini:

1. Melalui Situs SAMSAT

Cara cek plat nomor yang namanya bisa melalui website resmi SAMSAT. Sistem Administrasi Terpadu Satu Pintu atau SAMSAT mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Mulai dari mengurus STNK hingga SIM, semuanya membutuhkan dukungan SAMSAT dari masing-masing daerah.

Tidak hanya mengurus SIM dan STNK, SAMSAT juga digunakan untuk membantu melacak plat nomor. Berikut alamat website di masing-masing provinsi, yaitu:

  • Jakarta melalui website https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/
  • Jawa Barat melalui website https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/
  • Jawa Tengah melalui website https://bapenda.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
  • Jawa Timur melalui website https://info.dipendajatim.go.id/esamsat/
  • Sumatera Utara melalui website https://bpprd.sumutprov.go.id/e-samsat/pages/index.php?temp=menu3
    Sumatera Barat melalui website https://dpkd.sumbarprov.go.id/info-pkb.html
  • Sumatera Selatan melalui website http://bapenda.sumselprov.go.id/
  • Lampung melalui website http://pkb.bapenda.lampungprov.go.id/pkb/
  • Aceh melalui website https://esamsat.acehprov.go.id/
  • Riau melalui website https://badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/
  • Kalimantan Timur melalui website http://simpator.kaltimprov.go.id/cari.php
  • Kalimantan Barat melalui website https://bapenda.kalbarprov.go.id/web/berkamu
  • Kalimantan Tengah melalui website https://e-samsat.id/kalimantan-tengah/palangka-raya/
  • Kalimantan Selatan melalui website https://e-samsat.id/kalimantan-selatan/banjarmasin/

2. Melalui Aplikasi SIGNAL

Saat ini sudah ada aplikasi cek plat nomor yaitu SIGNAL atau SAMSAT Digital Nasional. Salah satu fitur yang dimilikinya adalah dapat melacak nomor mobil secara lengkap.

Untuk menggunakannya, kamu hanya diharuskan mendaftar di aplikasi. Setelah proses registrasi selesai, kamu dapat menggunakan fitur tersebut untuk melacak plat nomor mobil. Dengan cara ini, kamu akan lebih efisien dan praktis saat memeriksa plat nomor tanpa nik.

Fungsi Pemeriksaan Plat Nomor

Dari pembahasan di atas, kamu sudah mengetahui cara melacak plat nomor kendaraan, baik itu sepeda motor maupun mobil. Dengan melacak plat nomor kendaraan, kita bisa mengetahui keberadaan mobil yang hilang hingga informasi kepemilikannya. Fungsi pemeriksaan dan pelacakan plat nomor kendaraan lain antara lain:

1. Mengetahui Kepemilikan Saat Sesuatu Tidak Diinginkan

Salah satu fungsi penting dari plat nomor adalah untuk mengetahui kepemilikan ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Misalnya seperti tabrak lari, atau kecelakaan. Dengan plat nomor, kamu bisa mengetahui siapa pemilik kendaraan tersebut.

Jadi, jika terjadi sesuatu yang tidak terduga, kamu bisa segera melaporkannya ke pihak yang berwajib.

2. Mencari Tahu Informasi Terkait Kepemilikan Kendaraan

Ketika kamu membeli kendaraan bekas, salah satu hal pertama yang harus diperiksa adalah informasi kepemilikan kendaraan. Tujuannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, pastikan kendaraan yang akan dibeli bukanlah kendaraan palsu. Dengan mengecek, kamu bisa mengetahui informasi yang berkaitan erat dengan kepemilikan kendaraan secara lengkap.

3. Selidiki Kejahatan

Kita tidak selalu bisa menghindari kejahatan, jadi memeriksa plat kendaraan penting bagi pihak berwenang, seperti polisi.

Jika ada kejahatan di jalan seperti penculikan, pencurian dan lain-lain, pihak berwenang dapat dengan mudah menyelidiki siapa yang berada di balik kejahatan tersebut.

Pelacakan menggunakan plat nomor bisa dikatakan efektif, karena banyak penjahat yang bisa ditangkap menggunakan plat nomor kendaraan.

4. Pemeriksaan Status Pajak

Dengan memeriksa plat nomor secara online, kamu dapat mengetahui seperti apa status pajak kendaraan. kamu dapat membayar pajak kendaraan sebelum waktu yang tertera disana.

Selain mengetahui cara melacak plat nomor, kamu juga harus mengetahui perawatan rutin mobil kesayangan kamu.