Bahaya Formalin, Kenali Ciri Ciri Makanan Berformalin

Mengenal Ciri Ciri Makanan Berformalin

Demi meraih keuntungan besar, banyak pedagang yang mencampur makanan dengan formalin, formalin sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, oleh sebab itu anda harus bisa mengenal ciri-ciri makanan berformalin tersebut agar tidak memakannya.

Formalin adalah zat kimia tidak berwarna dan tidak berbau yang digunakan sebagai anti bakteri dan pembunuh kuman oleh dunia kedokteran.

Namun ada beberapa orang yang salah menggunakan zat formalin ini yaitu, sebagai bahan pengawet makanan.

Agar Anda Dan Keluarga Anda Terhindar Dari Makanan Yang Mengandung Formalin Sebaiknya Kenali Ciri Ciri Makanan berformalin tersebut.

Makanan yang paling banyak diberi formalin adalah makanan separoh jadi atau belum di masak, seperti tahu, tempe, ikan asin dan masih banyak yang lainnya.

Tapi tidak semua makanan yang saya sebutkan di atas mengandung formalin ya, hanya sebagian saja, dan anda harus pintar-pintar untuk membedakannya.

3 Ciri Ciri Makanan Berformalin Yang Mudah Diketahui

Apabila kita teliti, sebenarnya ciri-ciri makanan yang mengandung formalin bisa diketahui dengan mudah.

1. Warna

Makanan yang mengandung formalin akan berwarna lebih pucat, misalnya makanan tahu, tempe dan ikan asin.

Kita semua tau warna dari tahu adalah putih, tahu yang diberi formalin akan berwarna putih pucat, begitu jaga dengan makanan yang lainnya

Sebagian orang menggunakan lampu Ultraviolet untuk menguji apakah makanan tersebut mengandung formalin atau tidak, dengan cara mendekatkan lampu ultraviolet pada makanan tersebut.

Jika memang mengandung formalin, warnanya makanan tersebut akan terlihat lebih menyala.

2. Bau

Meskipun formalin tidak berbau, tapi apabila diberi pada makanan maka makanan tersebut akan berbau sedikit menyengat di hidung.

3. Rasa

Rasa juga berbeda, bagi anda yang memiliki selerah di lidah sensitif akan sangat terasa perbedaannya, namun bagi anda yang tidak memiliki selera sensitif, mungkin tidak akan merasakan perbedaannya.

Formalin tidak seharusnya digunakan sebagai pengawet makanan dengan alasan apapun.

Setelah anda tau ciri-ciri makanan yang berformalin, saya harap kita semua tidak sampai mengkonsumsi makanan yang berformalin tersebut.

Makanan berformalin sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh manusia, yang perlu anda ketahui bahwa formalin bukanlan zat untuk pencampur makanan.

Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.