Kelebihan Dan Kekurangan Hardisk SSD Yang Harus Anda Ketahui

Teknologi109 Views

Ingin membeli hardisk SSD ?, sebaiknya ketahui dulu kelebihan dan kekurangan hardisk SSD, apakah cocok untuk kebutuhan anda saat ini atau tidak.

Hardisk merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data-data berkapasitas besar.

Perlu diketahui terdapat dua jenis tipe hardisk yaitu tipe SSD dan HDD. Namun saat ini tipe hardisk telah tergantikan dengan hardisk SSD.

Sebelumnya, hardisk yang memiliki tipe HDD sangat laku di pasaran. Tetapi, semenjak dikembangkannya hardisk terbaru yang disebut SSD atau Solid State Drives membuatnya tersisihkan dan banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan hardisk pengeluaran terbaru ini.

HDD memiliki kerentanan terhadap kerusakan daripada hardisk tipe SSD. Kemudian selain itu, Hard Disk Drive atau HDD memiliki kecepatan yang lebih lama juga. Hal inilah yang membuat banyak orang berpindah dan memakai SSD dibandingkan dengan HDD biasa.

Kelebihan Hardisk SSD

Beberapa kelebihan type hardisk SSD yang masih banyak orang belum mengetahuinya.

1. Lebih Cepat

SSD terbukti lebih cepat dalam hal read (baca) and write (menulis). Selain itu, ssd lebih cepat saat melakukan booting komputer, dalam hitungan beberapa detik saja komputer sudah dapat menyala dengan cepat. Kemudian, pengiriman file juga menjadikan ssd ini memiliki kecepatan yang lebih cepat dari hardisk hdd sebelumnya.

2. Tidak Bersuara

SSD telah mendapatkan kepercayaan dalam hal kecepatan, selain itu pula, Hardisk ssd juga tidak menimbulkan suara yang pastinya banyak orang lebih nyaman saat menggunakannya.

Hal tersebut karena di dalam ssd hanya berisi komponen memori yang membuatnya tidak menimbulkan suara, berbeda dengan hardisk hdd yang masih memakai piringan.

3. Ringan

Hal lain yang menjadi kelebihan dari ssd adalah beratnya yang sangat ringan. Hal ini dikarenakan seperti alasan sebelumnya yang mana SSD berisi sekumpulan memori saja, dengan begitu bobot yang dimilikinya pun sangatlah ringan.

4. Lebih Tahan Goncangan

Diketahui, untuk ssd ini memiliki ketahanan yang lebih terhadap goncangan daripada hardisk hdd. Hal ini dikarenakan ssd tidak memiliki disc seperti pada hdd yang sangat sensitive terhadap goncangan. Dengan begitu ssd memiliki ketahanan yang lebih daripada hdd.

5. Lebih Awet

Jika anda pengguna PC, dan di daerah anda sering mati listrik secara mendadak, maka kami sangat menyarankan untuk menggunakan hardisk SSD saja.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kebanyakan hardisk rusak disebabkan oleh listrik mati mendadak terlalu sering, sehingga dapat menyebabkan hardisk bad sector ataupun delay.

Kekurangan SSD Ketimbang Harddisk

Selain dari kelebihan yang diberikan, hardisk SSD juga terdapat beberapa kekurangan, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Harga Yang Lebih Mahal

Karena kemampuannya yang telah disebutkan pada bagian kelebihan, sudah sangat jelas jika hardisk ssd memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan hdd. Harga ssd pada pasaran diperkirakan 2-3 kali lipat daripada hdd.

2. Umur lebih pendek

Mengenai masa pemakaian, jika semua keadaan normal-normal saja, misalnya PC tidak pernah mati mendadak dikarenakan listrik, maka umur hardisk SSD lebih pendek dibandingkan dengan hardisk biasa.

Umur hadisk ssd lebih pendek karena terdapat read and write yang menjadikannya tidak bisa bertahan lama.

Itulah penjelasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan hardisk ssd yang perlu diketahui sebelum kalian membelinya. Tidak salah jika harga yang dipatoknya pun lebih mahal dariapda hardisk hdd karena didukung dengan kemampuannya yang dibutuhkan pada perkembangan teknologi saat ini.