Pengertian Adaptor dan Fungsinya Yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang

Pengertian Adaptor dan Fungsinya Yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang

majalahtren.com –┬áPengertian Adaptor dan Fungsinya Yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang. Adaptor adalah rangkaian yang berguna untuk mengubah tegangan AC yang tinggi menjadi tegangan DC yang rendah. Adaptor merupakan alternatif pengganti tegangan DC (seperti baterai, baterai) karena penggunaan tegangan AC lebih lama dan semua orang dapat menggunakannya selama ada listrik di tempat tersebut.

Pengertian Adaptor dan Fungsinya

Adaptor juga banyak digunakan pada alat-alat sebagai catu daya, seperti amplifier, radio, televisi mini dan perangkat elektronik lainnya.

Perangkat elektronik Adaptor sangat mudah dibuat karena banyak komponennya yang dijual di pasaran.

Memahami Adaptor

Secara umum adaptor adalah rangkaian elektronika yang berfungsi untuk mengubah tegangan AC (alternating current) yang tinggi menjadi tegangan DC (arus searah) yang lebih rendah.

Seperti yang kita ketahui bahwa arus listrik yang kita gunakan di rumah, kantor, dll, adalah arus listrik dari PLN (Perusahaan Listrik Negara) yang disalurkan dalam bentuk arus bolak-balik atau AC.
Namun, sebagian besar peralatan elektronik yang kita gunakan membutuhkan arus DC dengan tegangan yang lebih rendah untuk pengoperasiannya. Oleh karena itu diperlukan suatu alat atau rangkaian elektronika yang dapat mengubah arus dari AC ke DC dan memberikan tegangan dalam jumlah tertentu sesuai kebutuhan. Rangkaian yang berfungsi untuk mengubah arus AC menjadi DC disebut dengan power supply atau adaptor DC.

Rangkaian adaptor ini dipasang atau dirakit langsung pada peralatan elektronik dan ada pula yang dirakit secara terpisah. Untuk adaptor yang dirangkai secara terpisah biasanya merupakan adaptor universal yang memiliki tegangan keluaran yang dapat diatur sesuai kebutuhan, misalnya 3 Volt, 4,5 Volt, 6 Volt, 9 Volt, 12 Volt dan seterusnya. Namun selain itu ada juga adaptor yang hanya memberikan tegangan dalam jumlah tertentu dan diperuntukan untuk rangkaian elektronik tertentu, seperti adaptor laptop dan adaptor monitor.

Fungsi Adaptor

Seperti yang telah dijelaskan pada uraian di atas, adaptor merupakan rangkaian elektronika yang berfungsi untuk mengubah arus AC menjadi arus DC dengan tegangan tertentu sesuai kebutuhan.

Bagian adaptor

Dalam sebuah adaptor terdapat beberapa bagian atau blok yaitu trafo (transformator), rectifier (penyearah) dan filter.

Jenis Adaptor

Secara umum adaptor dibagi menjadi dua jenis yaitu adaptor konvensional dan adaptor yang menggunakan sistem switching atau SMPS

1. Adaptor atau catu daya konvensional

Pada adaptor atau catu daya konvensional, tegangan AC ini terlebih dahulu diturunkan melalui trafo step-down kemudian disearahkan dengan dioda (penyearah) dan diratakan dengan kapasitor elektrolit. Prinsip dari adaptor jenis ini masih menerapkan modus pengubah tegangan ac ke dc dengan menggunakan trafo penurun tegangan sebagai komponen utama penurunan tegangan. Pada adaptor ini besarnya arus yang dihasilkan tergantung pada arus yang dihasilkan oleh trafo penurun tegangan. Jenis adaptor ini adalah jenis adaptor yang dijelaskan pada pembahasan di atas. Peralatan yang masih menggunakan adaptor konvensional antara lain radio tape, amplifier dan lain sebagainya.

2. Pengalihan Adaptor (SPMS)

Adaptor sistem switching merupakan penyempurnaan dari jenis adaptor konvensional yang masih memiliki banyak kelemahan. Adaptor dengan sistem ini tidak lagi menggunakan trafo step down seperti adaptor konvensional. sistem di sirkuit sangat berbeda dari jenis adaptor konvensional.

Tentang pembahasan adaptor jenis ini akan dibahas secara khusus pada artikel selanjutnya.

Adaptor yang menggunakan sistem switching termasuk televisi, catu daya PC, adaptor laptop, dan peralatan canggih lainnya.