Sering Ditanyakan : 5 Pertanyaan Interview Dan Jawabannya

Sebelum mengikuti wawancara kerja di sebuah perusahaan, sebaiknya persiapkan diri untuk menjawab pertanyaan dari HRD atau pimpinan, berikut adalah 5 pertanyaan interview dan jawabannya, pertanyaan ini paling sering di tanyakan kepada calon karyawan baru.

Ketika mendapat telepon untuk menghadiri sebuah wawancara atau interview, tentunya membuat hati kita senang dan gerogi.

Gerogi adalah hal yang biasa terjadi kepada manusia, namun kita dapat mengurangi rasa gerogi tersebut dengan cara mempersiapkan diri sebelum menghadiri wawancara.

Bagi anda yang belum di panggil untuk interview, mungkin CV yang anda buat kurang menarik, sehingga di abaikan oleh HRD.

Pertanyaan Interview Dan Jawabannya

Tahap interview adalah tahap dimana HRD menginginkan beberapa informasi dari calon karyawan baru.

Agar mendapatkan calon karywan yang tepat, tentunya tidak bisa dengan cara test saja, perlu memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan dunia kerja dan tentang informasi calon karyawan itu sendiri.

Dari jawaban calon karyawan tersebut, maka HRD akan dapat menentukan mana calon karyawan yang paling tepat untuk di terima bergabung di perusahaan mereka.

Sebenarnya pertanyaan yang di tanyakan oleh HRD adalah settingan saja, mereka sudah tau jawabannya, oleh sebab itu, menjawab pertanyaan tidak cukup dengan kejujuran saja.

Ada teknik khusus untuk menjawab pertanyaan saat interview, agar peluang kita untuk di terima berkerja samakin besar.

Dibawah ini adalah kumpulan 5 pertanyaan interview dan jawabannya yang paling sering di tanyakan oleh HRD.

  1. Jelaskan Tentang Diri Anda ?

    Untuk menjawab seperti ini, ibaratkan anda adalah seorang penjual obat, ceritakan apa kelebihan dari obat tersebut sehingga orang-orang tertarik untuk membelinya. Ceritakan sekilas tentang diri anda lalu sebutkan kelebihan-kelebihan yang anda miliki. Jangan hanya menjawab sekedarnya saja, dan mengatakan apa yang tidak penting, seperti membahas silsila keluarga, karena HRD tidak membutuhkan silsila keluarga anda.
    Sebutkan pengalaman kerja anda sebelum melamar ke perusahaan mereka.

  2. Apa Kegiatan Saat Ini ?

    Jangan pernah menyebutkan kegiatan pengangguran, tidur dan makan. Meskipun anda adalah seorang pengangguran, tapi jawablah kegiatan saat ini membantu orang tua sambil mencari informasi lowongan kerja dengan cara baca di internet dan bertanya langsung ke teman.

  3. Kenapa Anda Tertarik Berkerja Disini ?

    Jangan sesekali menjawab untuk mencari pengalaman kerja dan untuk memenuhi ekonomi, tapi jawablah dengan menyebutkan lowongan kerja yang dibuka oleh perusahaan ini sesuai dengan ke ahlian yang saya miliki.
    Selain itu sebaiknya anda mengetahui tentang perusahaan tersebut sehingga bisa menjadi nilai tambah ketika anda menyebutkan tentang perusahaan tersebut dan itulah yang menjadi alasan anda untuk bekerja disini.

  4. Apa Harapan Anda Jika Diterima Berkerja Disini ?

    Ketika anda mendapat pertanyaan seperti ini, jawab saja ingin berkerja secara maksimal. Jangan Pernah menjawab ingin menjadi manager atau bahkan direktur.
    Ingat, karier akan datang dengan sendirinya sesuai dengan penilaian atasan terhadap performance anda.

  5. Apa Keahlian Yang Anda Miliki ?

    Ketika HRD menanyakan keahlian, anda jangan menjawabnya dengan sifat, seperti jujur, bisa berkerja sama dengan tim dan lain sebagainya.
    Jawab saja keahlian di bidang pekerjaan yang anda lamar, misalnya anda melamar di bagian IT, jawab saja bahwa anda menguasai program komputer dan jaringan komputer.

Apabila anda mampu untuk menjawab 5 pertanyaan interview di atas, kami rasa pertanyaan-pertanyaan berikutnya akan dibawa bercanda sama HRD nya.