Target Market: Pengertian dan Cara Menentukannya untuk Bisnis Anda, Yuk Simak Ada Apa Aja

Bisnis18 Views

Target Market: Pengertian dan Cara Menentukannya untuk Bisnis Anda, Yuk Simak Ada Apa Aja

majalahtren.com – Target Market: Pengertian dan Cara Menentukannya untuk Bisnis Anda, Yuk Simak Ada Apa Aja. Dalam memulai atau menjalankan bisnis, mengetahui target pasar sangatlah penting. Dengan mengetahui target pasar, Anda dapat membuat produk sesuai kebutuhan dan keinginan mereka, membuat konten pemasaran yang sesuai, memasarkan produk pada platform yang sesuai, dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.

Sebenarnya, apa target pasarnya? Target pasar adalah sekelompok orang yang dibidik sebagai konsumen atau pengguna suatu produk atau jasa. Apa manfaat mengetahui target pasar dan cara menentukannya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Apa target pasarnya?

Target pasar adalah sekelompok orang yang telah diidentifikasi sebagai pelanggan potensial dan paling mungkin untuk suatu produk karena kesamaan karakteristik seperti usia, pendapatan, minat, dan gaya hidup.

Sebuah bisnis menentukan target pasar atau target pasar untuk mengetahui siapa mereka menjual produk atau jasa yang ditawarkan dan strategi yang tepat untuk menjangkau mereka. Target pasar yang jelas membantu bisnis mengembangkan kampanye pemasaran yang tepat. Itu saja? Tentu tidak. Manfaat lain dari mengetahui target pasar Anda adalah sebagai berikut:

Tanpa target pasar yang jelas, Anda mungkin menawarkan produk kepada orang yang tidak pantas, membuat strategi pemasaran, pengemasan, dan cara berkomunikasi yang tidak tepat. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui siapa target yang dituju agar proses bisnis berjalan efektif.

Lalu, siapa yang bisa menjadi target pasar bisnis tersebut? Mereka adalah orang-orang yang cocok dengan bisnis yang Anda miliki. Misalnya, Anda memiliki bisnis makanan beku. Kemudian target pasar Anda adalah restoran yang membutuhkan persediaan makanan beku, ibu rumah tangga, atau anak muda yang tinggal jauh dari orang tuanya.

  • Contoh target pasar
  • Produk atau layanan: les online untuk anak sekolah
  • Contoh target pasar:
  • Target demografi: usia SD – SMA (7 – 18 tahun)
    Target lokasi: seluruh Indonesia
  • Ciri-ciri Psikologis : mengenal internet, dapat menggunakan internet, dan membutuhkan tambahan pelajaran di luar sekolah, menyasar PTN atau sekolah kedinasan

Bagaimana menentukan target pasar

Berikut beberapa cara menentukan target pasar yang bisa Anda coba!

1. Lihat data pelanggan saat ini

Jika bisnis Anda sudah berjalan selama beberapa waktu dan memiliki pelanggan, lihat datanya. Siapa pelanggan Anda saat ini dan mengapa mereka membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan? Melalui data ini, Anda dapat mencari kesamaan karakteristik atau minat. Sangat mungkin bahwa orang-orang dengan karakteristik serupa menyukai produk atau layanan yang Anda tawarkan.

2. Pelajari target pasar pesaing

Cara menentukan pasar sasaran selanjutnya adalah dengan melihat pasar sasaran pesaing dalam bidang, produk, atau industri serupa. Tebak siapa target pasar mereka? Anda dapat mengejar target pasar yang sama, tetapi Anda juga dapat memanfaatkan peluang dengan mengejar target pasar potensial yang diabaikan oleh pesaing.

Misalnya, Anda menjual pakaian wanita. Target utama Anda adalah remaja putri hingga ibu-ibu, sama seperti kompetitor. Namun, pesaing tidak menyediakan pakaian ukuran plus. Anda mungkin melihat ini sebagai peluang untuk mengejar target pasar wanita ukuran plus. Tapi, pastikan targetnya memang mendatangkan bisnis. Bisa jadi pesaing mengabaikan target pasar tertentu karena dianggap tidak mendatangkan banyak bisnis atau keuntungan.

3. Analisis produk atau layanan yang Anda tawarkan

Selanjutnya, Anda dapat menganalisis produk atau layanan yang Anda tawarkan. Catat dan buat daftar fitur dan manfaat produk yang Anda miliki. Anda perlu mengetahui apa saja keunggulan produk yang Anda tawarkan dan mengetahui segmen mana yang paling membutuhkannya. Selain itu, dengan memahami fitur, manfaat, dan keunggulan produk, Anda juga dapat menggunakannya untuk pemasaran yang tepat dan efektif.

4. Lakukan segmentasi

Untuk memudahkan dalam menentukan target pasar, Anda dapat melakukan segmentasi atau pengelompokan. Segmentasi tersebut meliputi segmentasi demografis, psikografis, geografis, dan perilaku. Berikut penjelasannya:

Segmentasi demografis: setiap orang diidentifikasi sebagai bagian dari kelompok usia, tingkat pendapatan, jenis kelamin, pekerjaan, status perkawinan, dan tingkat pendidikan.

Segmentasi geografis: segmentasi ini juga perlu diperhitungkan, apakah Anda ingin menjangkau target pasar Anda di perkotaan, pedesaan, atau di antaranya.

Segmentasi psikografis: segmen ini meliputi gaya hidup, keyakinan, sikap, minat, hobi, dan nilai.
Behavioral: adalah segmen berdasarkan perilaku atau tindakan tertentu yang mereka lakukan.

5. Lakukan evaluasi

Setelah berhasil menentukan target pasar, langkah selanjutnya adalah mengevaluasi apa yang sudah dicapai dan apa yang sudah dicapai harus diperbaiki.

Dilansir dari Oberlo, Anda dapat mempertimbangkan pertanyaan berikut untuk melakukan evaluasi:

  • Apakah target pasar cukup untuk menopang bisnis ini?
  • Apakah target pasar yang ditentukan benar-benar mendapat manfaat dari produk atau layanan yang Anda
  • tawarkan?
  • Dapatkah mereka membeli produk atau jasa yang ditawarkan?
  • Akankah pesan saya?
  • buat menjangkau mereka?
  • Apakah target pasar mudah diakses?
  • Apakah Anda memahami apa yang mendorong pasar sasaran untuk membuat keputusan?
  • Apakah mereka akan melakukan pembelian berulang atau mereka harus terus mencari pelanggan baru?
  • Apakah ada banyak persaingan untuk target pasar ini? Jika demikian mengapa?
  • Dan pertanyaan lainnya.

Anda dapat melakukan evaluasi ini dengan seluruh tim untuk mendapatkan banyak perspektif dan pemahaman.

Demikian pembahasan mengenai target market atau pasar sasaran mulai dari pengertian, tujuan, manfaat, hingga tips menentukannya. Menentukan target pasar bukanlah hal yang mudah, karena merupakan bagian penting dari kelangsungan bisnis. Tentukan dengan cermat dan gunakan data yang sesuai.